Selasa, 06 Mei 2014

Bahaya Memberikan Makanan Pendamping ASI Dini

Mungkin ibu-ibu pernah memberikan makanan pendamping ASI (MPASI) pada bayinya sebelum enam bulan? Tau gak sih sebenernya MPASI dini itu gak bagus untuk pencernaan bayi yang belum sempurna. Tapi terkadang orang tua jaman dulu selalu beralasan bahwa anak-anaknya juga gak kenapa-kenapa. Bingung ya siapa yang bener sih?

Saya sendiri sih ambil amannya aja. Karena jaman sekarang banyak penelitian yang membuktikan kalau MPASI dini itu gak baik ya saya ikutin. Toh orang jaman dulu kan gak ngerti apa-apa, minim pengetahuan jadi mereka kebanyakan bertindak mengikuti prasangka. Dan prasangka itu bisa saja benar atau salah, tapi kebanyakan salah deh, hehehe. Sepertinya orang jaman dulu kurang bersabar. Mereka pengen anaknya anteng karena kenyang tapi gak mikirin efek jangka panjangnya.

Bahaya Memberikan Makanan Pendamping ASI (MPASI) Dini

Menurut anjuran dokter, pencernaan bayi baru siap menerima makanan setelah enam bulan. Jika terlalu cepat maka akan membahayakan pencernaan bayi. Bayi yang diberi MPASI dini cenderung rentan terhadap penyakit. Karena jika bayi diberi MPASI dini tentu saja asupan ASI akan berkurang. Padahal dalam ASI terdapat imunitas yang sangat dibutuhkan oleh bayi. Tak hanya itu bayi akan mengalami pengurangan nutrisi dari ASI.

Umumnya pada usia 0-6 bulan aktifitas mulut bayi adalah menghisap bukan mengunyah. Jika dipaksakan makan bayi akan mengurangi frekuensi menghisapnya sehingga akan lebih cepat disapih.

Dengan memberikan MPASI dini akan mengurangi frekuensi bayi menyusu sehingga sang ibu memiliki resiko untuk hamil. Padahal menyusui adalah KB alami.

Dampak jangka pangjang dari MPASI dini adalah bayi bisa terkena obesitas karena kelebihan kalori yang dibutuhkan.

Jadi sebenarnya anak-anak yang dulunya di MPASI dini oleh orang tuanya bukan gak terjadi apa-apa. Hanya saja orang tuanya yang gak ngerti bahwa anaknya sakit itu efek dari MPASI dini. Sepertinya orang jaman dulu mengira kalau dikasih makan gak diare itu artinya gak apa-apa. Padahal efek MPASI dini gak cuma itu.

sumber : http://theurbanmama.com/articles/bahaya-pemberian-mpasi-dini-menundanya.html
sumber : http://www.ayahbunda.co.id/Artikel/Gizi+dan+Kesehatan/efek.terlalu.cepat.mpasi/001/001/1918/1/4

12 komentar:

  1. Berikan bayi anda asi eksklusif selama 6 bulan, itu amanah... hehe

    BalasHapus
  2. Jaman nenek memang dikasih nasi yg dialusin pake sendok, tp jaman anakku gak nggak buru2 ngasih makanan lain spy lambungnya tidak sakit maag. Tapi aku dulu cuma bbrp bulan aja pake ASI karena sakit :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup, jaman nenek moyang emank gitu buru2 dikasih makanan. Padahal pencernaan belum siap, efeknya gak cuma diare atau maag.

      Hapus
  3. makasih Enny, infonya..lagi dong kasih info seputar mengurus bayi..buat bekal aku n yg lain juga kan yg belum menikah. oh iya, kotak komennya masih ngisi angka nih..dimudahin dong..diilangin aja..biar enak yg komen

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama Jeng.
      Eh iya aku lupa belum disetting, soalnya ini ngeblog aja curi2 waktu, hahaha.

      Hapus
  4. Kalau anaknya gak kenyang gmn?
    Ada kejadian si anak ndak kuat kalau cuma dikasih ASI.

    BalasHapus
    Balasan
    1. anaknya umur berapa dulu. Kalau umur 0-6 bulan insyaAlloh cukup dengan ASI.
      Tapi kalau masih gak kenyang berarti ibunya yang harus ningkatin produksi ASI-nya.

      Hapus
  5. betul banget MPasi harus sesuai dengan kesiapan pencernaan ya minum 6 bulan

    BalasHapus
  6. tp aga susah jg ya mba klo yg ngasuhnya orang tua...selalu becermin berdasarkan pengalaman...jd bingung gmn lg hrs ngejelasinnya ke ortu klo anak dbwh 6 bulan blm boleh dksh mp asi :(

    BalasHapus
  7. Ga bisa di pukul rata semua juga anak harus mpasi di 6 bln, di liat kasus perkasus, walaupun anak full asi tetapi kurus BB jauh dr rata2, diperbolehkan mpasi di usia 4 bln.. Dilihat jg dr grafik BB nya..

    BalasHapus
  8. Ga bisa di pukul rata juga anak harus mpasi di usia 6 bln... Dilihat kasus perkasus. Walaupun anak full asi, tetapi BB nya kurus kurang dari rata2 diperbolehkan mpasi di usia 4 bln.. Dilihat jg grafik tumbuh kembangnya.. Jadi jgn karena kita idealis utk full asi, BB anak jadi di nomor duakan..

    BalasHapus

Komentar akan dimoderasi.
Maaf hanya membalas komentar dari author perempuan.

© 2012 JuvMom - Juvenile Mom's Stories | Powered by Blogger | Design by Enny Law