Rabu, 04 Juni 2014

10 Mitos Tentang Menyusui

Menyusui merupakan hal yang sangat penting setelah buah hati kita lahir. Dan masa-masa menyusui memang terkadang sulit bagi ibu yang baru pertama kali menyusui seperti saya. Ditambah lagi terkadang banyak mitos-mitos yang mengganggu. Kebanyakan mitos tidak logis bahkan menyesatkan. Menyebalkannya orang-orang yang hidup di jaman dulu itu sukses membuat orang tua kita percaya pada mitos mereka.

Saya sendiri kadang bete kalau mertua saya ngomongin mitos-mitos yang gak logis. Tapi apa mau dikata saya cuma bisa manggut-manggut. Entah kenapa orang tua kadang gak mau dengerin kata anaknya. Lebih dengerin kata nenek moyang. Padahal dulu nenek moyang gak tahu internet, hehe. Emang apa hubungannya, wekeke. Orang jaman dulu tuh kebanyakan mengikuti prasangka. Dan udah pasti prasangka itu lebih banyak salahnya dari pada bener. Ini beberapa mitos yang saya dengar entah itu dari mertua, mama, tetangga atau pun orang lewat.

1. Makan Pedes Bikin Anak Diare

Pasti sering deh denger mitos ini. Padahal sebenarnya makan pedas gak akan bikin bayi diare. Saya sendiri sudah mencobanya. Aisya baik-baik aja. Katanya juga kalau makan pedas ASI bisa jadi pedas. Bohong banget.

2. Minum Degan Bikin Anak Kembung

Dulu saya hampir percaya dengan mitos ini. Sampai akhirnya saya kepengen banget degan dan minum. Hasilnya, anak saya baik-baik aja. Gak kembung, biasa aja tuh.

3. ASI Dalam Payudara Bisa Basi

Saya emang gak bisa percaya dengan mitos-mitos ginian. Kalau dipikir pake logika. ASI itu ada di dalam payudara dan tersimpan dengan baik. Berbeda dengan susu yang ditaroh di botol dot. Payudara lebih canggih menyimpan susu ketimbang dot jadi gak mungkinlah basi. Saya juga sempat konsultasi dengan dokter tentang ini. Ternyata memang hanya mitos belaka. Jadi jangan percaya.

4. Kalau Anak Sakit Ibunya Minum Obat

Ini mitos yang paling saya benci. Soalnya saya gak suka minum obat. Kalau disuruh minum obat biasanya saya aksi pura-pura nelen obat, padahal masih di tangan, hehehe. Saya belum sempat tanya ke dokter anak tentang ini. Tapi kalau saya pikir, kenapa kalau imunisasi dikasih obat penurun panas. Dan yang disuruh minum itu bukan ibunya tapi anaknya. Katanya kalau sakit ibunya yang disuruh minum obat. Ini kenapa anaknya yang disuruh? Jadi kesimpulan saya adalah ini mitos yang tidak boleh dipercaya.

5. Minum Jamu Bikin ASI Seger

Saya heran kenapa semua mitos menyebalkan! Dulu waktu saya awal-awal menyusui memang disuruh minum jamu. Tapi setahu saya justru dokter gak ngijinin minum jamu soalnya bisa bikin kembung bayi. Jadi yang bisa bikin kembung tuh bukan degan tapi jamu, hihi.

6. Ibu Hamil Dilarang Menyusui

Mitos yang santer beredar katanya kalau lagi hamil dan punya anak yang masih nyusu gak boleh disusuin. Katanya anaknya bisa penyakitan. Ini mitos! Di Islam sendiri mengijinkan ibu hamil sambil menyusui karena ternyata tidak membahayakan ibu atau pun janinnya. Untuk tahu lebih lanjut bisa buka link, Menyusui Saat Hamil.

7. ASI Gak Boleh Diperas

Kenapa ASI gak boleh diperas? Mitosnya karena ASI itu darah? Lagi-lagi mitos itu memang menyesatkan. ASI yang susu bukan darah. Toh susu sapi juga susu gak jadi darah. Emang sih manusia beda sama sapi tapi menurut saya konsepnya hampir sama. Saya sempat masuk ke forum yang isinya ibu-ibu pemerah ASI, hehe. Maksudnya ibu-ibu yang ASInya sering diperah karena mereka kerja, gak mungkin 'kan nyusui langsung. Dan saya lihat mereka anaknya sehat-sehat, gak seperti mitos tuh.

8. Ibu Makan Sayur Anak Pup Sayur

Ini mitos yang paling absurd. Gemana bisa anak kita pup sayur gara-gara kita makan sayur. Emangnya ASInya berupa lalapan? Saya gak percaya karena anak saya gak gitu. Saya gak ngerti ini mitos kok bisa-bisanya dipercaya sama orang.

9. Anak Gumoh, Susu Gak Enak

Paling nyebelin kalau susu saya dicacat gak enak. Gak tahu kenapa para orang tua itu suka banget bilang kalau susu saya gak enak. Tahu dari mana sih? Emang nyicipin yah? Apalagi kalau anak saya gumoh, pasti langsung bilang susu saya gak enak. Rasanya sebel. Padahal gumoh itu gara-gara overdosis minum ASI. Giliran kalau minum sufor (susu formula) terus gumoh gak dibilang susunya gak enak. Gak adil banget sih!

10. ASI Kena Mata Bisa Buta

Ini mitos yang cukup menyeramkan. Saya sih belum pernah sampai ASI kena mata. Tapi kalau dipikir emangnya ASI itu air keras bisa sampe bikin buta? Kalau ASI bisa bikin buta gemana bayi yang minum ASI tiap hari?

Aneh tapi banyak orang yang percaya dengan mitos-mitos di atas. Saya juga gak ngerti kenapa bisa lebih percaya mitos. Padahal kebanyakan mitos itu salah dan sesat. Mungkin ada yang mau nambahin tetang mitos menyusui ini?

17 komentar:

  1. Lah kok bisa ya kalo anak sakit ibu nya yang minum obat ..

    BalasHapus
  2. Lucu mbak cara nyeritainnya hihihi.... *ngakak-ngakak sendiri sambil nyusuin*

    BalasHapus
    Balasan
    1. luc ya mbak?
      padahal saya serius, wekeke :D

      Hapus
  3. yang saya agak kaget malah mitos "ASI Dalam Payudara Bisa Basi" ini beneran bikin ketawa ya kalau dipikir2 :)

    BalasHapus
  4. jamu itu bisa bikin bayi jadi kuning. Makanya gak disarankan

    Saya pas hamil juga menyusui anak. Alhamdulillah gak kenapa2

    BalasHapus
  5. ada lagi mitos, jangan kasih emaknya makanan yang enak-enak, entar kebiasaan, hehe #iniMahBukanMitos

    BalasHapus
    Balasan
    1. wekeke, nakal :P
      ada juga mitos kalau bapaknya gak boleh makan yang enak, cukup emaknya aja biar anaknya cepet besar :D

      Hapus
  6. Jangankan saat menyusui, saya sekarang hamil 3 bulan, banyaknya mitos A, B dan C membuat saya jadi malas bergaul sama ibu-ibu ini dan apapun itu saya lbh saya konsultasikan pada dokter dan Bunda saya yang terbukti memiliki 3 anak dan gak pernah mantangin apa-apa.

    Karena saya cernah secara logika kadang gak masuk saja dokter saja blg silahkan makan apa saja meski ada beberapa yg gak boleh kebanyakan.

    Mitos itu kadang malah bikin stress

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya begitulah, orang-orang memang aneh, lebih percaya mitos meski gak masuk akal

      Hapus
  7. hehehe kadang aku juga suka dengar mitos2 itu, tapi kemarin ini waktu menyusui aku iasanya cuma dengerin aja gak mau komen apa2

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, sebenernya aku pengen komen ke orang yang ngomong, tapi takut orangnya sakit hati :D

      Hapus
  8. menarik mak...kalau di post juga di web aku boleh tak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh, tapi masukin link hidup artikel blog ini loh :)
      kalo ga masukin link, ga boleh #galak :P

      Hapus
  9. Mitos-mitosnya lucuuu, namun kadang memang itulah yang bertebaran di masyarakat

    BalasHapus
  10. Eih, Om sumbernya dari mana ini? Biar bisa lebih kredibel *halah*

    BalasHapus
  11. pernah denger mitos nomer satu. Pengin ketawa, eh aku malah dimarahi waktu ngetawain mitos, katanya pamali. Jadi, masih saja dengerin mitos :D

    BalasHapus

Komentar akan dimoderasi.
Maaf hanya membalas komentar dari author perempuan.

© 2012 JuvMom - Juvenile Mom's Stories | Powered by Blogger | Design by Enny Law