Rabu, 18 Juni 2014

Menjaga Kebersihan Bak Mandi Bayi

Memiliki bayi memang hal yang menyenangkan. Tapi merawatnya butuh perhatian ekstra. Bayi gak seperti orang yang sudah dewasa. Mereka rentan terhadap penyakit. Sehingga kebersihan lingkungannya perlu dijaga agar bayi terhindar dari hal-hal yang gak diinginkan.

Salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah kebersihan perlatan mandinya. Terutama bak mandi bayi yang sering digunakan. Dalam sehari kita mungkin menggunakannya dua kali. Dengan rutinitas yang seperti itu memungkinkan bak mandi bayi cepat kotor.

Apalagi penggunaan sabun dan sampo bayi yang mungkin saja tertempel pada dinding bak mandi. Tentu aja kotoran ini gak bisa bersih sendiri tanpa kita bersihin. Kadang meski udah diobok-obok tetep aja kalau kelamaan gak dibersihin jadi berkerak. Kalau udah jadi kerak repot deh tuh mau bersihinnya.

Maka dari itu para emak-emak harus rajin-rajin bersihin bak mandi bayi. Kalau terlalu lama gak dibersihin bisa muncul jamur. Bisa jadi air mandi si bayi terkontaminasi sama jamur. Kasian kan si kecil. Berikut adalah cara menjaga kebersihan bak mandi bayi

Cara Menjaga Kebersihan Bak Mandi Bayi

Membersihkan bak mandi bayi gak perlu menggunakan bahan-bahan yang keras. Cukup pergunakan bahan yang ada di dapur aja. Emak-emak punya sabun cuci piring, baking soda, cuka atau pun jeruk nipis? Yuk simak cara membersihkannya dengan bahan-bahan tersebut.

Bak Mandi Aisyah

1. Membersihkan Bak Mandi Bayi Dengan Sabun Cuci Piring

Hal yang paling sering saya lakukan untuk membersihkan bak mandi Aisyah adalah menggunakan sabun cuci piring. Tapi untuk hal ini kita perlu spons yang khusus untuk membersihkan bak mandi. Jangan dicampur dengan spons yang biasa digunakan untuk mencuci piring. Bisa-bisa anak kita bau cucian piring #lebay.

Cara membersihkan bak bayi dengan sabun cuci sangat mudah. Sama saja dengan mencuci piring. Tuangkan sabun cuci piring secukupnya pada spons. Usapkan pada seluruh bagian bak mandi. Bilang hingga bersih.

2. Membersihkan Bak Mandi Bayi Dengan Baking Soda

Ternyata baking soda gak cuma untuk pengembang kue loh. Bisa juga dipakai untuk membersihkan bak mandi bayi. Caranya campurkan dua sendok teh baking soda dengan air. Jangan terlalu encer, sebisa mungkin kental saja. Tuang baking soda tadi ke spons khusus. Usapkan pada seluruh permukaan. Bilas hingga bersih.

3. Membersihkan Bak Mandi Bayi Dengan Cuka atau Jeruk Nipis

Biasanya yang kecut-kecut itu bisa membersihkan kotoran. Berarti bau ketek bisa bersihin bak mandi juga #bercanda. Cuka atau jeruk nipis bisa digunakan untuk membersihkan bak mandi bayi. Tapi jika tidak suka dengan bau cukap yang kurang sedap bisa diganti jeruk nipis aja.

Masukan dua sendok teh cuka atau air perasan jeruk nipis. Campur dengan air empat sendor makan. Masukan dalam botol semprot dan semprotkan pada bagian yang kotor. Gosok bagian yang telah disemprot tadi dengan spons. Bilas sampai bersih.

Setelah membersihkan bak mandi bayi keringkan atau gantung pada tempat yang kering. Jangan biarkan bak mandi dalam keadaan lembab karena bisa memunculkan jamur. Percuma dong udah dibersihin tapi jamuran lagi, hehehe.

Agar bak mandi bayi tidak sulit dibersihkan sebisa mungkin setiap hari dibersihkan. Kalau gak sempat bisa tiga hari sekali. Separah-parahnya seminggu sekali deh. Kalau gak gitu bisa-bisa bak mandi bayi berkerak.

13 komentar:

  1. Bersih pangkal sehat, betuuuulll....

    BalasHapus
  2. paling sering pakai cuka kalau aku

    BalasHapus
  3. Wooooow, informasi yang sangat bagus, sebentar lagi aku punya dede bayi lagi, dulu iyaaa...sering siiich aku bersihkan manual, maksudnya setelah bayi mandi aku bersihkan menggunakan tangan sajaaa..hihiii TFS yaak

    BalasHapus
  4. Untuk bak mandi aku pakai citrunzuur. Sewadah 2rb saja. TInggal didiamkan, gak perlu ngosek. Tapi untuk bak mandi bayi, dicuci pakai sabun cuci piring lebih aman kali ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. citrun biasanya aku pakai untuk bersihin steril botol.
      mungkin lebih aman kali yah.

      Hapus
  5. Aku dulu bersihin bak mandi pake sabun juga.. hehehe... biasanya kugosok sama puff mandi punyaku.. :-D

    BalasHapus
    Balasan
    1. wekeke, iya juga bisa. tapi aku lebih suka pake spons :D

      Hapus
  6. paling saya pakai sabun, Mbak :)

    BalasHapus
  7. Bak mandi bagusnya dibersihin seminggu sekali. sekalian ngosek biar bibit nyamuk gak berkembang biak. Salam

    BalasHapus
  8. Pakainya spon khusus untuk mencuci bak. Biar bak tambah kesyeet dan enggak bau cucian iring. :D

    BalasHapus

Komentar akan dimoderasi.
Maaf hanya membalas komentar dari author perempuan.

© 2012 JuvMom - Juvenile Mom's Stories | Powered by Blogger | Design by Enny Law