Selasa, 21 Oktober 2014

Cara Membuat Sawi Asin

Acar Sawi Asin
Acar Sawi Asin
Sejak adanya Korean wave, kimchi jadi populer banget di Indonesia. Sampai temen bloggerku ada yang ikutan bikin kimchi tapi ternyata dia gak doyan, hehe. Menurutku rasa kimchi memang aneh, pedas tapi ada rasa yang aneh. Mungkin karena orang Indonesia beda cita rasa jadi rasanya aneh.

Tapi gak cuma orang Korea aja yang punya awetan sayur. Orang Tionghoa juga punya awetan segala macam sayur. Salah satunya adalah sawi asin atau bai cai. Maklumlah saat musim dingin gak ada sayur bisa tumbuh. Satu-satunya cara supaya tetap ada makanan ya dengan mengawetkan sayur.

Ayah saya yang orang Tionghoa senang sekali makan sawi yang sudah diawetkan. Kalau beli lumayan mahal, enam ribu cuma sedikit. Alhasil ibu saya sering bikin sendiri. Beli sawi enam ribu sih bisa jadi banyak banget. Rasa sawi asin dan kimchi beda jauh. Sawi asin gak pedas, agak asam dan asin. Sedangkan kimchi pedas dan agak getir ada rasa asinnya juga sedikit.

Resep Sawi Asin

Sawi Asin
Sawi Asin
Cara membuatnya sangat mudah. Sawi yang digunakan di sini adalah sawi pahit. Bukan sawi putih seperti yang dipakai pada kimchi. Sawi pahit berwarna hijau dengan batang yang cukup besar.

Bahan:
Sawi Pahit 1/2 kg
Air Kelapa 1 butir
Garam secukupnya

Cara Membuat Sawi Asin:
  1. Cuci sawi pahit hingga bersih. Kemudian jemur hingga layu.
  2. Tuang air kelapa dalam wadah, lumuri sawi pahit dengan garam. Masukan sawi pahit ke dalam wadah berisi air kelapa. Lalu tutup rapat wadah tersebut.
  3. Biarkan selama 2-3 hari.
Jika sawi asinnya berhasil maka warnanya akan kecoklatan dan menengeluarkan bau yang agak pedas. Saranku kalau mau buka wadah sawinya hati-hati. Kalau sampai terhirup hidung lumayan sakit. Soalnya ibuku pernah kayak gitu, hehe.

***

Download juga game Android Tebak Gambar Terbaru. Seru, cocok buat kamu yang jago bernalar dan bermain tebak-tebakan.

Download Game The New Tebak Gambar

Dengan bermain game The New Tebak Gambar ini, tunjukkan pada teman-temanmu bahwa kamu lebih cerdas dari mereka dalam hal tebakan. Penasaran? Download game The New Tebak Gambar di sini.

***

14 komentar:

  1. Ini Sawi dicocol pake sambel terasi enak juga, Mba. :D
    Belum pernah njajal Kimchi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku malah belum pernah coba pake sambel terasi :D

      Hapus
  2. tenyata pakai air kelapa, ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba, kalau gak pake juga gak papa sih

      Hapus
  3. aku suka banget kalau beli asinan pakai sawi asin ini

    BalasHapus
  4. pengen coba ah.. tengkyu resepnya ^^

    BalasHapus
  5. Kayaknya belum pernah makan sawi pahit nih mbak aku

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba aja mba bikin, gampang kug

      Hapus
  6. saya suka asinan sawi seperti asinan buah, bagaimana cara membuatnya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau itu aku juga gak tahu :D

      Hapus
  7. sawi nya beda sama sawi biasa yg hijau mba

    BalasHapus
  8. kimchinya asem dan pedes banget, kata temen. tapi aku belum nyobain hehe

    BalasHapus

Komentar akan dimoderasi.
Maaf hanya membalas komentar dari author perempuan.

© 2012 JuvMom - Juvenile Mom's Stories | Powered by Blogger | Design by Enny Law