Sabtu, 04 Oktober 2014

Daun Salam Aceh

Indonesia memang kaya dengan rempah rempah. Banyak banget rempah-rempah yang unik. Bahkan negara kita dijajah gara-gara rempah-rempah #halah. Malam Idul Adha gini biasanya orang gak pada masak-masak. Soalnya besok kan dapet kurban dan pada nyate.

Tapi berhubung saya ibu menyusui yang doyan makan, jadi ibu saya bikin persiapan makanan sebelum daging kurban bisa disantap. Akhirnya bikin gulai ayam dulu. Siapa tahu pulang sholat saya kelaparan, ahaha. Kali ini ada yang gak biasa dari gulainya. Ada dedaunan yang gak biasa. Belum pernah saya lihat sebelumnya. Wanginya juga aneh. Bentuknya kayak daun biasa tapi wanginya beda.

Kata ibu saya itu daun salam Aceh. Tapi kalau lihat di Google itu daun salam koja. Memang sih banyak dipakai pada makanan Aceh makannya ibu saya bilangnya daun salam aceh. Wanginya khas bikin gulai lebih greget dari biasanya. Daun ini juga biasanya dipakai untuk bikin kari. Jadi ada orang yang menyebut daun kari juga.

Saya gak menyangka daun ini bisa dipakai buat masak. Kirain itu cuma daun yang dipake main anak buat jadi uang boongan, hehehe. Maklum saya gak berpengalaman banyak dalam masak memasak gak seperti ibu. Paling saya cuma bisa masak apa yang ibu saya pernah masak di rumah. Itu pun dengan rasa yang jauh beda.

2 komentar:

  1. coba neneknya Iska masih idup, pasti enny banyak belajar resep baru
    banyak masakan yang belum ibu kuasai dari nenek :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sih
      sayangnya gak sempat :)

      Hapus

Komentar akan dimoderasi.
Maaf hanya membalas komentar dari author perempuan.

© 2012 JuvMom - Juvenile Mom's Stories | Powered by Blogger | Design by Enny Law