Rabu, 05 November 2014

Resep Mie Ayam Pangsit

Mie memang makanan favorit kalau di rumah. Bahkan adek saya yang paling kecil lebih suka mie dari pada nasi. Kayaknya sih semua anak kecil hampir kayak gitu, hehe. Kebetulan kakak ipar saya pulang bawa pangsit goreng. Alhasil saya ngomporin orang serumah buat bikin mie ayam pangsit. Ternyata bujuk rayu saya berhasil #halah.

Ibu saya pun akhirnya luluh dan ngebeliin bahan-bahannya. Saya tinggal masak aja dan ibu saya yang ngemong Aisyah. Maklum sejak punya anak saya jarang banget masak. Biasanya mertua atau ibu saya yang masakin. Soalnya Aisyah gak bisa diem jadi harus ada yang jaga. Kalau enggak bisa basah semua rumah dijilat Aisyah.

Buat mie ayam pangsit ini gampang kok. Cuma rasanya bakal berbeda-beda kalau beda yang ngeracik. Soalnya kalau mau makan mie ayam pangsit ini masih harus meramu sendiri. Kadang racikan saya lebih enak dari pada punya yang lain. Mungkin karena udah biasa bikin mie ayam pangsit jadi jago #preet.

Cara Membuat Mie Ayam Pangsit

Resep kali ini memang untuk porsi banyak. Mungkin bisa dimakan seharian. Bahkan bisa buat jualan, hehe. Mie ayam pangsit ini juga enak dimakan dengan acar timun. Tapi di resep ini gak pake acar soalnya ibu lupa beli timun.

Bahan:
Mie Basah 1kg



Topping Ayam:
Caisim/Sawi 1kg
Dada ayam 1/2kg
Daun bawang 1/4kg

Bumbu halus:
Bawang merah 5 siung
Bawang putih 3 siung
Jahe 1ruas jari

Pelengkap:
Kulit pangsit goreng
Kecap manis
Kecap asin
Saos cabe
Minyak Wijen

Cara membuat:
1. Rebus dada ayam dengan air satu liter masukan satu siung bawang putih dikeprek. Setelah mendidih dan daging sudah setengah matang tiriskan. Suwir dada ayam sesuai selera.

2. Pisahkan antara batang dan daun caisim. Letakan pada wadah berbeda. potong sepanjang 1 cm untuk batangnya. Sedangkan 5 cm untuk daunnya.

3. Panaskan minyak. Masukan bumbu halus, tumis hingga harum. Masukan suwiran ayam, caisim dan juga daun bawang. Tambahkan garam dan kecap secukupnya. Masak hingga matang.

4. Didihkan air untuk merebus mie. Rebus mie beserta daun caisim hingga matang, tiriskan.

5. Siapkan mangkok, tambahkan satu sendok makan kecap asin dan minyak wijen. Ambil sejumput merica atau sesuai selera, aduk rata. Masukan rebusan mie dan caisim. Aduk rata. Tambahkan dua sendok topping ayam di atasnya. Sajikan bersama pangsit goreng.

11 komentar:

  1. xixixi, emang sih racikan punya enny emang oke banget

    BalasHapus
  2. Mbaaaa kirim sini dong. Tp kayany ga ribet ya bikinnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Keburu busuk mba :D
      emank ga ribet kok mba

      Hapus
  3. Pantesan aja bisa buat makan seharian, lha wong mienya aja sekilo :p
    Wah, Aisyah suka jilat2 emangnya ya..berarti mamanya harus makin rajin bersih2 supaya steril perabotan rumahnya, bisi kena jilat Aisyah, hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wekeke, kalau gak sekilo nanti masih harus masak nasi lagi, hehe.
      Gak harus prabotnya sih, yang penting lantainya, soalnya kalau perabot rumah bs disingkirin kalau lantai gak bisa, xixixi

      Hapus
  4. makanan fav saya juga mak...hampri semua olahan mie saya suka :)

    BalasHapus
  5. saya suka mie ayam. Patut dicoba :D

    BalasHapus
  6. wah mie ayam, saya juga sukaaa
    resepnya juga kelihatannya mudah hehe
    salam kenal mba Enny

    BalasHapus
  7. salah satu makanan kesukaan saye nih..hehe
    jdi pngn nyoba pangsit buatan mbak enny.. :9
    kalau buat gk bisa soalnya..haha

    BalasHapus

Komentar akan dimoderasi.
Maaf hanya membalas komentar dari author perempuan.

© 2012 JuvMom - Juvenile Mom's Stories | Powered by Blogger | Design by Enny Law