Sabtu, 01 November 2014

Tahu Formalin

Beberapa tahun lalu tahu formalin memang jadi topik pembicaraan yang hot dikalangan emak-emak. Tapi tahu gak sih, sekarang pun tahu formalin masih aja berkeliaran di sekeliling kita #halah. Meski udah gak jadi perbincangan lagi bukan berarti tahu formalin ini gak ada di pasaran. Justru mereka tetap eksis. Nyebelin yah? Padahal tahu itu enak tapi kenapa dikasih formalin segala kan kasian.

Saya juga gak ngerti kenapa pedagang bisa pake formalin buat ngawetin tahu. Emank gak ada pengawet lain yah? Menurut saya sih yang tahunya diformalinin pasti pedagang tahu yang kurang laku. Kalau laku ngapain juga dikasih kayak gitu.

Tadi pagi ibu saya goreng tahu. Tapi anehnya ada bau yang mengganggu di hidung. Baunya agak pedas dan ada bau lainnya yang saya bingung jelasinnya. Langsung deh ibu saya nyeletuk, "Ini tahu pake formalin. Baunya kayak gini." Bukan karena penggorengannya bekas goreng cabe. Beda deh bau pedesnya cabe sama tahu formalin ini.

Langsung deh dibuang semua sama ibu. Memang sih dari kemarin-kemarin ibu saya ragu-ragu mau makan tahu itu. Soalnya pas dicuci ternyata keset banget. Padahal udah dua hari ditaroh di kulkas. Mulai deh curiga. Salah satu ciri-ciri tahu berformalin adalah permukaan tahunya itu keset. Gak berlendir blas. Padahal kalau tahu asli seenggaknya ada lendirnya sedikit. Bukan karena basi loh tapi kayak licin-licin gemana gitu, hehe.

Yang aneh dari tahu itu juga teksturnya agak padat dibanting gak ancur #hebatbanget. Beda dengan tahu langganan ibu saya di pasar. Teksturnya lembek dan gampang ancur. Boro-boro dibanting, kadang kalau lagi dicuci gak pakai kasih sayang aja bisa ancur.

Mungkin ibu saya saat itu memang sedang gak fokus. Jadi salah beli tahu. Maklum tahu berformalin dari luar kelihatan sama saja dengan tahu non formalin. Cuma ya itu kalau udah dimasak ketahuan. Memang kalau udah ketemu langganan tahu yang bagus mending gak nyoba-nyoba yang lain. Tapi masalahnya kalau yang jualan gak ada mau gak mau beli ke yang lain.

Beginilah jadinya kalau para pedagang gak punya etika berdagang. Jadilah segala macam cara dihalalkan. Jadi pembeli memang harus jeli. Kalau enggak kita bisa rugi sendiri. Waspadalah karena tahu formalin mungkin ada di sekitar pasar kalian.

18 komentar:

  1. wajah iska keset tidak berlendir, jangan2 iska diformalin #bercanda :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. wekeke,
      bisa jadi disuntik formalin :P

      Hapus
  2. :D, tahu yang kecil tpi mhl, dan mudah hancur insyaallah bebas formalin :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. d sini harga tahu sama semua ukurannya jg segitu2 aja

      Hapus
  3. Kalau formalinnya dalam jumlah yang sedikit banget kadang suka gak kentara mbak.. Soalnya tahu terkenal di Bandung juga ada yang mencurigakan, tapi samar2 gitu.. Kalau disimpan di kulkas sampai berhari2 kok awet banget, gak rusak..padahal harusnya rusak ya :p Tapi gak tercium bau aneh. Jadi suka bingung ini sehat gak ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. tetep aja kalau digoreng pasti keluar bau yang aneh
      tp bisa aja dy pake pengawet makanan gak tahu sih bingung :D

      Hapus
  4. pedagang yang mau untuk sendiri ya tidak mau memikirkan kesehatan prang lain

    BalasHapus
    Balasan
    1. begitulah kalau pedagangnya tamak

      Hapus
  5. Waaaah jaman dulu pernah dapat tahu sakti yang dibanting juga masih gagah ... tapi waktu itu dimakan .. hiks .... waktu itu belum ngeh sama formalin ini ....

    BalasHapus
  6. Syukurlah tahu-tahu yang dijual di pasar tradisional di daerahku kayaknya nggak ada yang pake formalin

    Soalnya di setiap tumpukan tahu nya pasti ada aja yang hancur karena kelewat lunak. terus yang udah di rumah emang sering sih ada lendirnya kalau udah lewat sehari

    Awesome tips
    Bisa nih dikasih tau sama ibuku biar tetap jeli pas beli tahu ^^

    BalasHapus
  7. Semua Serba formalin...harus hati2 milih makanan sekarang

    BalasHapus
  8. kalau dibanting gak hancue berarti kemungkinan besra memang pakai formalin, tuh.

    BalasHapus
  9. cari yang lembek n mudah hancur ya,,,,, n yang laris... :)

    BalasHapus
  10. Tahu formalin bahaya banget nih. :)
    Masih aja ya? :p

    BalasHapus

Komentar akan dimoderasi.
Maaf hanya membalas komentar dari author perempuan.

© 2012 JuvMom - Juvenile Mom's Stories | Powered by Blogger | Design by Enny Law