Jumat, 16 Januari 2015

Revolusi Popok Bayi dengan Clodi

Bagi yang punya bayi —termasuk saya— popok merupakan salah satu hal yang meresahkan. Kug bisa meresahkan? Coba bayangin aja, berapa banyak bekas popok yang dibuang dalam jangka waktu 1 bulan saja. Jika sehari anak saya butuh 4 kali ganti popok, maka dalam sebulan 4x30 = 120 popok yang harus terbuang dan menjadi limbah. Kalo setahun? Dan itu masih terjadi hanya pada saya. Coba hitung berapa jumlah bayi di Indonesia saat ini. Ngeri ‘kan?

Itu sih masih dari segi lingkungan, dari segi harga juga ga kalah ngerinya loh. Dulu saat saya masih awal-awal pake popok bayi instan, saya harus mengeluarkan setidaknya uang 125 ribu sebulan. Alhamdulillah, biaya popok instan sudah bisa tereduksi dengan membeli clodi (Cloth Diapers) yang bisa dicuci dan dipake lagi.

Memang awal membeli clodi rasanya berat sekali. Bayangkan saja harga clodi satu bijinya paling murah 85 ribu. Kalo yang mahal satu biji bisa 400 ribu. Belum lagi harus dikalikan seenggaknya punya enam clodi. Tapi itu cuma di awal doang. Sekarang saya udah merasakan hematnya.

Banyak sekali merk clodi yang dijual di pasaran. Saya pernah dapet hadiah dari mertua clodi harganya 35 ribu. Tapi ya gitu, harga sesuai dengan kualitas. Kualitasnya parah, pake bentar langsung merembes.

Cara milih clodi yang bagus itu sebenarnya gampang. Jika harganya murah, saya bisa pastikan jelek. Saya pernah beli clodi harga 75 ribu, kain isi ulangnya tipis. Ya kalo tipis, pasti cepet bocor. Clodi yang bagus biasanya berkisar 95 ribu ke atas.

Saya akui di Surabaya, cari clodi itu agak susah. Berbeda dengan di Purwokerto, ada tetangga mertua saya yang jualan dan bagus kualitasnya. Jadi, kalo lagi di Surabaya gini, saya biasanya beli clodi online. Kemarin saya lihat-lihat di blanja.com ada clodi yang bagus, merk-nya MikiWili.

Clodi MikiWili

Berdasarkan cerita teman saya, MikiWili ini emang kualitasnya bagus. Tentu saja kalo bagus, harganya mahal, hehe. Daripada murah, bocor terus kan nyebelin.

Kalo saya sih pake banyak merk yang lumayan bagus. Merk Sobi dan ClueBebe. Harganya agak miring, dulu seingat saya harganya 95 ribu. Sampai saat ini menurut saya, dua merk ini lumayan lah menanggulangi pipis anak saya yang banyak. Biasanya dalam sehari ganti 4 kali. Setelah mandi pagi ganti, setelah itu jam 12 siang ganti lagi. Sore jam 4 mandi juga ganti. Lalu biasanya kalo mau tidur juga ganti. Belum lagi kalo pup, harus ekstra clodi yang disiapkan.

Kalo kamu mau cari yang lebih mahal (tentunya lebih bagus) ada, merk-nya Kanga Care. Harganya? 310 ribu. Cukup bisa bikin dompet kempes, hehe. Apalagi kalo dikalikan dengan enam buah.

Tapi sekali lagi saya tekankan, itu hanya kerasa di awalnya saja. Bulan-bulan berikutnya kamu akan merasakan hematnya dengan tidak membeli popok instan. Saya sih tetap membeli popok instan jika dalam perjalanan. Karena ga mungkin clodinya —yang semahal itu— saya buang kalo kena pipis.

1 komentar:

  1. aku pakai juga waktu Alvin bayi. Belinya juga yang gakterlalu mahal tapi cukup membantu banget

    BalasHapus

Komentar akan dimoderasi.
Maaf hanya membalas komentar dari author perempuan.

© 2012 JuvMom - Juvenile Mom's Stories | Powered by Blogger | Design by Enny Law