Kamis, 05 Maret 2015

Mengatasi Anak Susah Makan Sayur

Punya anak yang susah makan sayur memang menyebalkan. Apalagi kalau udah susah makan maunya makan mie instan. Untungnya anak saya gak susah makan. Dia mau makan apa saja asal rasanya enak. Beda dengan adik saya yang masih kelas tiga sekolah dasar. Dia maunya makan daging terus. Padahal daging aja gak cukup. Orang di rumah lebih suka makan sayur. Jadi kalau lagi masak sayur bisa seharian adik saya gak makan. Kadang ibu saya beli daging sedikit cuma buat dia. Cuma ya gitu jadi ribet.

Kadang ibu saya khawatir karena adik saya ini kulitnya lebih kusam dari anak biasanya. Menurut saya sih ini karena dia gak makan sayur dan jarang makan buah. Jadi sepertinya dia kekurangan banyak vitamin. Pernah dibelikan suplemen makanan untuk memenuhi vitaminya tapi gak dimakan juga. Kalau udah begini emang nyebelin banget.

Akhirnya ibu saya iseng-iseng bikin tumisan sayur yang gak pahit. Ibu saya mengkombinasikan beberapa sayuran seperti jagung manis dan sawi putih di tumis dengan bawang putih lalu dicampur dengan telur. Lauknya sederhana cukup dengan tempe yang iris tipis kemudian digoreng krispi. Ternyata adik saya suka sekali. Makannya juga lahap. Akhirnya ibu saya bisa lumayan lega.

Anak-anak yang gak suka sayur memang harus dimasakin sayur dengan campuran bahan lain. Kita gak bisa maksain mereka untuk makan sayur seperti orang dewasa. Sesekali kombinasikan sayur dengan bahan lain. Seperti contoh di atas. Padahal masakannya sederhana banget hanya karena dicampur telur, adik saya mau makan. Selain itu pilih sayur yang rasanya gak pahit. Karena sayur yang punya rasa pahit biasanya bikin anak kapok makan sayur. Contohnya caisim atau sawi hijau. Tiap kali bikin mie pangsit pasti adik saya gak mau dikasih caisim.

Mengkombinasikan bahan makanan yang tepat juga bisa membuat rasa jadi lebih enak. Gak cuma itu mengkombinasikan bahan makanan juga membantu untuk memenuhi nilai gizi karena satu jenis makanan gak bisa melengkapi kebutuhan gizi kita.

10 komentar:

  1. kalo anak susah makan emang pusing ya mom..makan susah apalagi mam sayur

    BalasHapus
  2. malah enakan yang agak pahit, biar ga cepet eneg

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu kalau buat Iska, klo AIsyah ya gak doyan :D

      Hapus
  3. Iya betul mak, sayurnya harus diolah sedemikian rupa biar menarik hati si bocah, anakku doyan sayur tapi tertentu aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, kadang anak2 milih2 juga makan sayurnya

      Hapus
  4. orang tua kadang harus punya banyak cara supaya anak mau makan, khususnya sayur :)

    BalasHapus
  5. Repot emang, kalau anak pilih2 makanan. Alhamdulillaah anakku doyan makan tanpa pilih2, tapi diusahain makanan yang gak sehat kaya mie instant, gak aku kasih ke anak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga kdg takut anakku suka makan mie kyk aku :D
      makannya klo pengen mie aku bikin sendiri mie pakai bumbu tradisional

      Hapus

Komentar akan dimoderasi.
Maaf hanya membalas komentar dari author perempuan.

© 2012 JuvMom - Juvenile Mom's Stories | Powered by Blogger | Design by Enny Law