Kamis, 30 April 2015

Inovasi Terkini Cloth Diaper : Insert Long Bamboo 3 Folded

Cloth Diaper atau clodi memang sekarang jadi alternatif pengganti untuk popok sekali pakai. Clodi memang lebih ramah lingkungan karena tidak membuat banyak limbah seperti popok sekali pakai. Tidak hanya ramah lingkungan clodi juga relatif lebih aman untuk bayi. Ketimbang popok sekali pakai clodi lebih jarang menyebabkan ruam popok pada bayi.

Dari waktu itu saya cerita tentang clodi terus yah. Tapi Saya belum menjelaskan secara detail clodi itu seperti apa. Dulu saya juga penasaran dengan clodi. Awalnya juga gak percaya kalau clodi bisa nyerap pipis.

Seperti Apa Bentuk Cloth Diaper?

Sebelumnya, mungkin ada yang bingung yah bentuk clodi itu seperti apa sih. Clodi terdiri dari dua bagian. Cover adalah sebutan untuk bagian luar clodi. Biasanya cover atau outter ini bermotif ataupun polos. Sedangkan bagian dalamnnya cover biasa disebut inner. Oiya, saya koreksi yah, di entri sebelumnya saya menyebut insert dengan inner. Ternyata inner itu masih bagian dari cover, bukan bagian terpisah seperti insert. Insert adalah bagian terpisah dari cover yang berfusngsi untuk menyerap pipis. Sedangkan bagian cover berfungsi untuk menahan agar insertnya yang sudah basah tidak bocor keluar.

Sebelah Kanan, Cover. Sebelah Kiri, Insert.

Inovasi Terkini Cloth Diaper

Banyaknya orang yang mulai sadar bahwa clodi lebih baik dibanding popok sekali pakai, tentu membuat para produsen clodi berinovasi mengembangkan clodi buatannya. Dibanding beberapa tahun lalu, clodi sekarang memang lebih bagus. Saya sempat beli clodi keluaran lama, karena harganya murah. Tapi ya gitu, memang tidak sebagus clodi sekarang ini.

Dulu saya pikir semua clodi sama saja, ternyata tidak. Clodi yang sekarang lebih nyaman digunakan. Karena pada covernya terdapat karet penahan ganda layaknya pada popok sekali pakai. Tentu inovasi ini sangat berguna. Jadi ketika anak pup, saya gak perlu takut pupnya bocor ke samping.

Seiring berjalannya waktu, ternyata kebutuhan saya akan clodi pun jadi bertambah. Saya memang sedang galau dengan Aisyah yang pipisnya mulai banyak. Insertnya sudah gak bisa cuma pakai satu. Tapi saya harus pakai dua insert tiap harinya. Tentu aja ini lumayan bikin saya harus nyuci lebih sering. Meski punya lima clodi, saya merasa seperti hanya punya empat saja. Clodi yang satunya gak pernah saya pakai insertnya karena terlalu tipis. Malah kadang saya pakai untuk lap mulut Aisyah. Karena benar-benar tipis, sekali pipis udah basah kuyup.

Insert Ecobum Long Bamboo 3 Folded
Bagian insert memang lebih lama kering ketimbang covernya. Punya lima cover saja sebenarnya sudah cukup. Yang jadi masalah adalah insertnya keringnya lama. Apalagi di Purwokerto panasnya baru sekitar jam sepuluhan. Jadi memang harus punya lebih banyak insert. Salah satu inovasi yang saya butuhkan adalah insert yang bisa menyerap banyak pipis untuk dipakai malam hari. Sampai saya mensiasati memakai dua insert untuk pemakaian malam. Karena sering sekali saat bangun sudah bocor. Tapi berhubung Aisyah sudah mulai besar, kadang sekali pipis memang jadi lebih banyak. Jadi meski gak dipakai malam hari saya tetap memasang dua insert. Tapi ya gitu, kalau sekali pakai dua insert jadinya insert lebih cepat habis.

Di sinilah dilemanya. Saya belum menemukan clodi yang punya insert combo. Sampai akhirnya saya tidak sengaja browsing dan ketemu Ecobum. Saya baca-baca di situs Ecobum, dan menemukan insert yang saya inginkan. Yaitu insert Long Bamboo 3 Folded. Insert seperti inilah yang sudah lama saya cari. Bentuk dari insert Bamboo 3 Folded ini memanjang dengan ukuran 14x110 cm. Ukuran yang cukup panjang untuk sebuah insert yang biasa. Dengan insert yang panjang ini saya hanya butuh satu insert. Karena bentuknya panjang jadi saat digunakan tinggal dilipat sesuai kebutuhan. Bentuknya yang memanjang pun lebih mudah untuk dijemur. Berhubung saya sering jemur clodi di depan kipas angin, jadi memang pas banget deh insert ini.

Dan yang saya suka, selain ecobum ini produk lokal. Ecobum adalah clodi murah berkualitas buatan Indonesia yang harganya terjangkau banget. Tidak hanya itu Ecobum juga melakukan banyak inovasi pada clodinya. Dan hal inilah yang membuat saya tertarik untuk membeli produk Ecobum. Apalagi inovasinya memang sesuai dengan kebutuhan saya.

12 komentar:

  1. waktu aku beli dulu pilihannya belum sebanyak sekarang clodinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, sekarang tambah banyak

      Hapus
  2. Anak saya kulitnya Alhamdulillah gak pernah kena ruam popok, jadi belum pake clodi :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aisyah juga termasuk jarang kena ruam popok, tapi alasan aku pake clodi bukan hanya karena itu aja. Salah satunya supaya gak banyak limbah popok bayi. Biar lingkungan jadi lebih bersih

      Hapus
  3. Recomended ya clodinya? adikku masih pake diapers biasa buat anaknya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, coba ajakain pake clodi :D

      Hapus
  4. Salut dengan ortu yang pilih clodi. meskipun investasi agak besar di depan, tapi sebenarnya hemat dan paling penting ramah lingkungan. Anak saya dulu ga sempat pakai ini. Padahal bagus. Terima kasih infonya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, aku juga beruntung tahu ini jadi gak nyumbang kerusakan lingkukan lebih parah

      Hapus
  5. Saya cuma sekali beli clodi, harganya satu 80ribu. Tapi anakku nggak mau pake karena gak nyaman. Untungnya segera berhenti ngompol. Kalau clodi sekarang mungkin makin nyaman ya dipake bayi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang sih pake clodi jd lebih tebal. Klo gak biasa dari kecil mungkin gak suka.

      Hapus
  6. Beli clodi ecobum di purwokerto dimana mba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku beli di toko online. Di pwt blm ada ecobum kyknya

      Hapus

Komentar akan dimoderasi.
Maaf hanya membalas komentar dari author perempuan.

© 2012 JuvMom - Juvenile Mom's Stories | Powered by Blogger | Design by Enny Law