Senin, 20 April 2015

Kokosan Buah Lokal Mirip Duku

Isi Buah Kokosan
Mungkin nama buah ini kedengaran aneh. Kokosan, buah lokal yang tampilannya mirip banget sama duku. Cuma kalau duku gak bergerombol seperti kokosan. Kokosan ini rasanya juga asam. Kokosan ini memang gak seenak duku. Di pasar pun jarang ada yang jual. Mungkin karena kurang populer dibanding duku. Cara makan kokosan ini agak aneh. Karena kokosan gak bisa dikupas seperti duku. Jadi makannya digigit sama kulitnya. Nanti akan keluar biji plus airnya.

Makan kokosan ini harus dicuci bersih karena saya sendiri geli kalau harus makan langsung tanpa dicuci. Meski ibu saya bilang orang desa biasa makan langsung di kebon tanpa dicuci dan gak mati. Tapi ya gak gitu juga kali yah, haha. Berhubung kokosan ini buahnya gak seberapa enak kalau dimakan, akhirnya saya bikin jadi minuman.

Buah Kokosan yang Mirip Duku
Iseng-iseng saya campur gula dan kokosan yang sudah dikeluarkan dari kulitnya dengan cara dipencet. Lalu diaduk-aduk hingga gulanya larut dan tambahkan air. Ternyata rasa asam kokosan ini sangat cocok dijadikan minuman. Untuk mempermudah meminumnya setelah benar-benar meresap kokosannya saya saring. Jadi hanya sari kokosannya saja.

Dulu saya memang penasaran banget dengan buah ini. Karena ibu saya sering cerita. Akhirnya saat ipar saya pulang ke Punggelan dibawain lumayan banyak. Hilang juga deh rasa penasaran saya akan buah lokal yang satu ini.

10 komentar:

  1. kokosan lebh asam dari duku ya mbak. Waktu aku SD sering makan nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, aku juga baru tahu :D

      Hapus
  2. Boleh dicoba nih mbak. Aku penggemar asam, jd kalo makan langsung ya enak2 aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, suka asem yah. Aku juga tapi kalau makan kyk gini gak gitu seneng

      Hapus
  3. Ngilerrr, mbayangin kecutnyya :)), kos kosan saya bacanya haha

    BalasHapus
  4. wah aku baruu tau buah ini, iya yah mirip banget sama dukuh, mungkin adik atau kakanya hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, memang mirip tapi bukan duku. Kyknya masih sodaraan :D

      Hapus
  5. Mungkin emang duku, gan. Cuman namanya aja yang beda. Di tempat ane itu namanya langsat, gan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kokosan, langsat, dan duku itu 3 buah yang beda :)

      Hapus

Komentar akan dimoderasi.
Maaf hanya membalas komentar dari author perempuan.

© 2012 JuvMom - Juvenile Mom's Stories | Powered by Blogger | Design by Enny Law