Minggu, 21 Juni 2015

4 Cara Mengatasi Gatal-Gatal Saat Hamil

Body Lotion
Kehamilan kali ini memang saya mulai gatal-gatal saat kandungan berusia tujuh bulan. Gatal-gatal yang saya rasakan ini gak cuma di perut. Kalau dulu saat hamil pertama gatalnya di perut doang. Kalau sekarang gatal di lengan dan paha. Gatal-gatal ini memang gak enak banget. Bahkan saya sempat gak bisa tidur gara-gara gatal. Pernah malah saya semalaman gak tidur gara-gara gatal. Akhirnya saya harus tidur dengan kipas angin supaya badan saya tetap dingin. Kalau badan saya kepanasan pasti langsung gatal semua.

Selain gatal-gatal badan saya juga mengalami kekeringan. Kayak lagi kemarau aja yah, haha. Saya juga gak tahu kenapa hamil kali ini bisa kayak gini. Tapi yang pasti gak enak banget gatal-gatal gini. Jadi pengennya cepet lahiran aja biar gak gatel lagi.

4 Cara Mengatasi Gatal-Gatal Saat Hamil

Dari pengalaman saya ini ada beberapa cara untuk mengurangi gatal-gatal saat hamil. Tapi ya gitu cuma mengurangi, gatal-gatalnya gak bisa hilang sepenuhnya. Seenggaknya gak sampai bikin kita sibuk garuk-garuk mulu. Berikut adalah cara mengatasi gatal-gatal saat hamil. Semoga berguna yah.

1. Mandi Dengan Air Dingin

Kebetulan di Purwokerto memang airnya dingin terus jadi tiap hari memang mandi air dingin. Dengan mandi air dingin ini badan yang terasa gatal bisa berkurang bahkan hilang. Jadi memang kalau bisa menggunakan air dingin saat mandi. Selama ini saya sih belum pernah nyoba mandi pakai air panas. Soalnya baca-baca air panas malah bisa bikin gatal-gatal tambah parah jadi gak berani.

2. Mandi Dengan Sabun Bayi

Kebanyakan sabun membuat kulit menjadi kering. Saat kulit kering maka ini bisa memperparah rasa gatal. Untuk menghindari kulit kering bisa menggunakan sabun bayi atau sabun yang ber-ph rendah. Dengan begitu kulit gak kering lagi. Tapi kalau bisa hindari menggunakan puff saat mandi terlalu sering. Karena menggunakan puff ini bisa bikin kulit kering. Malah kadang kulit yang gatal jadi kambuh dan tambah parah.

3. Jaga Kelembapan Kulit

Meski sudah memakai sabun bayi kadang kulit saya masih saja kering. Biasanya sehabis mandi saya langsung menggunakan body lotion untuk menjaga kelembapan kulit. Karena tiap kali kulit saya kering biasanya gatal-gatak mulai terasa. Jadi memang sesering mungkin mengoleskan body lotion. Tapi untuk alternatif lainya bisa menggunakan baby oil, minyak zaitun atau mungkin virgin coconut oil.

4. Gunakan Baju Yang Mudah Menyerap Keringat

Semenjak saya merasa gatal-gatal saya memang menghindari menggunakan baju yang bahannya panas dan sulit menyerap keringat. Saya lebih suka menggunakan daster berbahan katun atau santung. Karena bahan ini lebih terasa dingin di kulit. Bahan ini juga mudah menyerap keringat. Dengan menggunakan baju berbahan ini gatal-gatal lumayan berkurang. Karena kulit jadi gak panas dan keringat yang mengucur pun langsung terserap kain.

8 komentar:

  1. pake daster longgar emang jagonya ya, enak nyaman dipakai

    BalasHapus
  2. Huhuhuuuu aku dulu males mandi

    BalasHapus
  3. saya juga waktu hamil suka gatal2 kan keringetan terus ya..tapi saya lupa pake apa ya...waktu itu

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba tiap kali kepanasan kambuh deh gatelnya

      Hapus
  4. Sabun bayi cocok buat ibu hamil juga ya. Aku baru tahu.

    BalasHapus

Komentar akan dimoderasi.
Maaf hanya membalas komentar dari author perempuan.

© 2012 JuvMom - Juvenile Mom's Stories | Powered by Blogger | Design by Enny Law