Sabtu, 06 Juni 2015

4 Makanan Untuk Mempelancar ASI

Hamil yang ketiga ini saya sedikit khawatir dengan ASI saya yang kayaknya bakal gak keluar lancar. Soalnya kandungan udah hampir masuk delapan bulan ukuran bra saya masih aja 34. Takutnya ASI saya gak keluar dan gak lancar IMD, hiks. Salah satu solusinya bisa dengan memompa ASI untuk merangsang agar ASI bisa keluar lancar. Cuma ya gitu deh, beberapa kali nyoba mompa gak mau keluar juga. Agak putus asa dikit, haha.

Akhirnya saya memang harus mulai banyak makan makanan yang bisa melancarkan ASI. Sayangnya saya ini agak males makan. Hamil ketiga ini memang saya gak terlalu suka makan. Gak heran badan saya gak terlalu gemuk, masih normal aja. Gak seperti hamil pertama saya bisa gemuk banget. Gemana gak gemuk, wong saya gak bisa berhenti makan. Sampai suami saya cape denger saya bilang laper terus.

4 Makanan Untuk Mempelancar ASI

Kalau mau praktis sih di luar sana memang banyak banget suplemen untuk mempelancar ASI. Tapi kadang ya gitu deh, suplemen kan harganya gak murah juga. Lagi pula ada beberapa makanan yang memang kalau dimakan bisa memberikan efek mempelancar ASI. Dan saya ini memang orangnya sering lupa kalau disuruh makan suplemen atau obat. Jadi saya memang lebih memilih yang alami aja.

1. Daun Katuk

Daun yang satu ini memang akrab banget bagi ibu menyusui. Bahkan sampai ada suplemen ekstrak daun katuk. Dari pada makan suplemennya saya mending makan daun katuk aja deh, sekalian ngenyangin perut, haha. Daun katuk ini biasanya dibikin sayur bening. Tapi saya gak suka sayur bening. Jadi lebih sering bikin pecel daun katuk, ternyata enak juga loh.

2. Pare

Kalau ini saya belum pernah nyobain. Tapi dari pengalaman ibu saya pare memang bisa ngelancarin ASI. Malah ada yang bikin jus pare. Tapi kalau ibu saya parenya ditumis aja tapi jangan terlalu matang. Saya sih berharap jangan sampai makan pare ini. Cukup daun katuk aja kayaknya, haha.

3. Habbatusauda

Habbatusauda atau yang lebih dikenal dengan jinten hitam ternyata bisa mempelancar ASI. Kalau ini saya memang rutin minum untuk suplemen badan. Meski kalau lagi hamil gini dokter kandungan saya menyarankan cuma minum satu kapsul aja sehari. Habbatusauda ini memang biasanya dikemas dalam bentuk kapsul. Kalau habis makan ini terus sendawa wanginya kayak rempah-rempah yang ada di dapur, haha.

4. Kacang Kedelai

Saya masih inget waktu baru melahirkan Aisyah ibu saya bawain kacang kedelai yang udah disangrai banyak banget. Kata ibu saya bisa mempelancar ASI. Dan memang banyak susu kedelai yang dikemas memang khusus untuk ibu menyusui.

Mungkin ada yang tahu lagi makanan apa yang bisa mempelancar ASI. Soalnya pasti berguna banget buat para ibu yang lagi menyusui.

11 komentar:

  1. Yang paling tokcer itu emang daun katuk yo, Mbak.
    Taunya itu tok malah. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba, daun katuk itu paling familiar, aku aja baru tahu pare bisa ngelancarin ASI

      Hapus
  2. cuma pare yang gak aku suka :)

    BalasHapus
  3. Kau sempet minum habbatussauda di awal2 nyusuin habis itu tanpa makanan khusus bisa lancar jaya hehehe

    BalasHapus
  4. Aku dulu susah banget, sampai minum pil daun katuk selain maem sayurannya. Jaman dulu semacam habatuss itu blm ada.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyah dulu memang blm ngtrend

      Hapus
  5. Aku tahunya daun katuk. Ada temen yang cerita sampe ASI nya rembes saking banyaknya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, kebanyakan orang taunya daun katuk doang. Aku juga dlu gitu :D

      Hapus
  6. Aku makan apa aja mbak..yang penting aku suka...tapi kalau berdasar penelitian 4 makanan itu bagus untuk asi lancar

    BalasHapus

Komentar akan dimoderasi.
Maaf hanya membalas komentar dari author perempuan.

© 2012 JuvMom - Juvenile Mom's Stories | Powered by Blogger | Design by Enny Law