Selasa, 16 Juni 2015

4 Tips Tepat Membuat Surat Lamaran Pekerjaan

Usai lulus dari sekolah jenjang pendidikan tertentu atau perguruan tinggi, pastinya ingin segera menapaki jenjang dunia kerja. Dewasa ini memang perlu diakui bahwa ada banyak sekali lulusan pendidikan jenjang apapun merasa kesulitan mendapatkan pekerjaan. Hal ini bisa disebabkan oleh banyak hal, salah satu penyebaran penduduk yang tidak merata. Sehingga di daerah yang padat penduduknya, terutama daerah perkotaan.

Membuat jumlah lulusan lebih banyak dibandingkan dengan jumlah lowongan pekerjaan yang ditawarkan. Alhasil persaingan menjadi sebuah hal yang lumrah, dan banyak pencari kerja yang perlu mengetahui resep ampuh untuk bisa lolos seleksi dan mendapatkan pekerjaan. Salah satu resep yang tidak boleh terlewatkan ialah membuat surat lamaran pekerjaan. Meskipun terdengar sederhana dan dipandang sebelah mata, ternyata dokumen penunjang masa depan kerja Anda ini sangat berpengaruh besar. Banyaknya dokumen lamaran yang masuk ke sebuah perusahaan akan membuat pihak HRD melakukan berbagai seleksi.

4 Tips Tepat Membuat Surat Lamaran Pekerjaan

Ada baiknya ketika mencari informasi pos kerja baik di media cetak maupun elektronik memberikan perhatian dalam pembuatan surat lamaran pekerjaan. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika akan menyusun kalimat per kalimat dalam sebuah surat resmi ini. Adapun perhatian tersebut antara lain:

1. Menggunakan aplikasi yang sesuai

Beberapa orang lebih memilih menggunakan aplikasi komputer seperti office word untuk membuat surat lamaran kerja. Selain lebih praktis, tentu saja mampu menyusun sebuah paragraf yang lebih rapi dan enak dibaca. Namun apabila sebuah perusahaan mewajibkan menggunakan tulisan tangan, maka sebaiknya mengikuti ketentuan tersebut.

2. Memperhatikan isi surat lamaran kerja

Karena sehelai surat lamaran pekerjaan merupakan surat resmi dan berisi permohonan, maka sebaiknya menggunakan kata-kata sesuai EYD. Usahakan untuk membuat isi surat yang menarik, namun tidak bertele-tele. Sehingga siapa saja yang membacanya mendapatkan informasi yang jelas, lugas, dan juga meyakinkan. Gunakan tulisan yang biasa, apabila menggunakan aplikasi komputer bisa menggunakan huruf Times New Roman bisa dengan ukuran 11 atau 12 sesuai ketentuan. Sampaikan secara jelas mengenai pengharapan Anda untuk bisa bergabung di perusahaan mereka.

3. Menyampaikan kemampuan yang dimiliki

Kebanyakan perusahaan akan memilih calon karyawan yang sudah kompeten di bagian yang akan dicari pengisinya. Tidak mengherankan apabila banyak perusahaan mencantumkan kata-kata “berpengalaman” di persyaratannya. Namun, meski demikian lulusan baru atau fresh graduated tetap bisa melamar pekerjaan tersebut. Orang yang sudah memiliki pengalaman tidak memberikan jaminan bisa diterima, sehingga kesempatan tetap ada. Usahakan mencantumkan prestasi yang dimiliki, kemudian akan lebih baik apabila lowongan yang dilamar sesuai dengan latar belakang pendidikan Anda.

4. Bungkus dengan rapi

Mengirimkan surat lamaran pekerjaan bisa melalui jasa ekspedisi, atau dengan datang langsung dan ini sesuai dengan kebutuhan. Apapun cara yang dipakai untuk mengantarkan surat permohonan kerja di meja HRD, sebaiknya dibungkus dengan rapi. Secara umum menggunakan amplop coklat yang berukuran kertas folio. Apabila dikirimkan melalui jasa ekspedisi maka jangan lupa untuk memberikan perekat agar isi tidak hilang.

Ketika hendak mengirimkan surat lamaran pekerjaan maka ada baiknya memperhatikan batas waktu maksimal aplikasi diterima perusahaan. Maka, sangat dianjurkan untuk mencari informasi lowongan kerja terbaru sehingga bisa mengirimkan aplikasi permohonan pekerjaan tepat waktu. Anda pun akan memiliki kesempatan untuk mendapatkan panggilan wawancara dan bisa melalui tahapan seleksi selanjutnya. Selalu yakin bisa mendapatkan pekerjaan impian dan mengusahakannya dengan baik, selamat mencoba!

5 komentar:

  1. Terima kasih atas sharingnya:)

    BalasHapus
  2. Udah lama nggak bikin lamaran kerja :D

    BalasHapus
  3. udah lupa nih cara bikinnya, udah lama gak ngelamar kerja hehehe

    BalasHapus
  4. sama kay ambak Lusy udah lama gak bikin surat lamaran kerja :)

    BalasHapus
  5. saya udah bertahun-tahun gak bikin lamaran kerja :D

    BalasHapus

Komentar akan dimoderasi.
Maaf hanya membalas komentar dari author perempuan.

© 2012 JuvMom - Juvenile Mom's Stories | Powered by Blogger | Design by Enny Law