Minggu, 07 Juni 2015

4 Variasi Makan Untuk Finger Food

Finger food adalah makanan yang bisa dimakan sendiri oleh bayi. Jadi semacam camilan gitu. Finger food bisa diberikan saat bayi sudah mulai makan. Tapi perlu pengawasan yah untuk bayi dibawah satu tahun. Karena takutnya tersedak, jadi harus siap-siap ari minum. Dengan pemberian finger food ini kita sekaligus melatih motorik kasar bayi. Bayi yang diberi finger food akan mudah untuk makan sendiri saat sudah besar nanti. Meski belum punya gigi bayi juga bisa diberi finger food. Tapi perlu diperhatikan finger foodnya jangan yang keras-keras. Cukup sesuatu yang bisa lumer di mulut. Jadi gak sampai melukai gusi bayi.

5 Variasi Makan Untuk Finger Food

Anak kecil memang lebih mudah bosan. Kita gak bisa tiap hari ngasih makan yang sama. Jangankan anak kecil orang tua aja juga bosen kan makan makanan yang sama terus. Jadi pemberian finger food ini juga perlu divariasikan. Bukan hanya membuat anak jadi ingin makan saja tapi juga sekaligus melengkapi gizi.

1. Buah-Buahan

Pemberian finger food dalam bentuk buah-buahan sebaikan dilakukan saat bayi sudah punya gigi minimal empat. Kalau masih dua kadang gigitnya kurang lembut jadi pupnya masih bentuk makanannya gitu, haha. Pengalaman Aisyah dulu, saya kasih makan jambu biji yang udah dibuang bijinya. Eh pas pup masih kelihatan tekstur jambu bijinya. Jadi mending nunggu anaknya giginya agak banyak biar disa dicerna sempurna. Buah-buahan yang bisa diberikan sebagai finger food kalau bisa yang teksturnya gak benyek saat digenggam. Seperti melon, pir, apel dan buah lainnya.

2. Sayuran

Selain buah sayur juga bisa diberikan sebagai finger food. Yang paling lumrah itu pakai wortel. Wortel dipotong panjang-panjang dan dikukus. Kalau bisa jangan beri yang mentah karena tekstur wortel masih terlalu keras kalau dimakan mentah. Selain itu labu siam juga bisa atau mungkin brokoli. Pokokonya pilih sayuran yang rasanya gak pahit.

3. Biskuit Bayi

Kalau gak pengen ribet bisa kasih biskuit bayi untuk variasi finger food. Pilih biskuit bayi yang bentuknya memanjang jadi lebih mudah untuk dipegang. Dulu Aisyah saya beri biskuit bayi Baby Choice. Tapi ternyata setelah beberapa bulan udah bosen. Terakhir beli malah gak kemakan akhrinya saya yang makan.

4. Nugget Rumahan

Selain untuk lauk, nugget juga bisa dijadikan variasi finger food. Tapi kalau bisa jangan nugget yang beli. Bikin sendiri aja, gampang kok bikinnya. Bisa dari daging ayam, sapi atau ikan. Dan kalau anaknya susah makan sayur bisa dibikinin nugget sayur jadi anak tetap makan sayur. Saat membuat nugget ini kalau bisa garamnya dikurangi karena ini kan untuk camilan, gak bagus juga kalau terlalu asin.

12 komentar:

  1. kebetulan lagi punya bayi, disimpen dulu nih buat persiapan MPASI nanti :)

    BalasHapus
  2. Hihihii dulu anakku susah banget. Maunya cuma biskuit n nugget.

    BalasHapus
  3. nugget bikin ,mudah, praktis dan sehat ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba dari pada beli udah mahal gak sehat :D

      Hapus
  4. anak kecil tuh kalau makan susah banget ya mba, suka gampang bosen sama menu makanan

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba, orang tua juga gitu sih :D

      Hapus
  5. saya jg seringnya biskuit, nugger, n buah. kalo sayur justru jarang :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku juga jarangn ngasih sayur ribet sih mending buah :D

      Hapus
  6. keknya finger food yang di foto sama kek punya Fira deeech...hihiii enak siiih, emaknya juga suka, kalau buah sudah pernah nyoba, sayuran yang belum niich

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau sayur agak ribet sih, harus dikukus dulu

      Hapus

Komentar akan dimoderasi.
Maaf hanya membalas komentar dari author perempuan.

© 2012 JuvMom - Juvenile Mom's Stories | Powered by Blogger | Design by Enny Law