Jumat, 05 Juni 2015

Gatel-Gatel Saat Hamil

Umur kandungan saya sekarang sudah masuk tujuh bulan setengah. Tapi beberapa hari ini badan saya dilanda gatel-gatel. Gak tahu kenapa bisa gatel gini. Awalnya cuma diperut tapi tiba-tiba menjalar ke mana-mana. Hampir semua tubuh saya gatel banget. Sampai-sampai saat tidur gak terasa saya garuk-garuk. Alhasil saya sering gak nyenyak tidur gara-gara gatel. Tiap kali tidur saya harus siap-siap Calandine. Tiap kali gatel saya langsung olesin di bagian yang gatal.

Dan anehnya saya gak bisa pakai baju yang ada potongannya. Di rumah saya sering pakai daster. Itu pun juga milih-milih bahannya. Sempat waktu periksa ke dokter kandungan saya pakai gamis tapi berhubung keluar rumah saya pakai celana panjang berbahan katun jadi perut saya ketutup gak langsung kena gamisnya. Setelah pulang dari dokter kandungan saya lepas celananya dan langsung perutnya gatel semua gara-gara pertu saya bergesekan dengan gamis yang bahannya bukan katun. Buru-buru lepas gamis dan ganti daster yang bahannya katun, rasanya adem banget.

Heran juga, kulit saya jadi sensitif gini. Padahal awal-awal kehamilan saya biasa aja gak ada keluhan. Tapi saat mulai hamil tua malah kayak gini. Kalau diinget-inget kayaknya saya gak makan sesuatu yang bikin saya jadi gatel gini. Biasanya saya juga gak alergi dengan bahan kain apa pun. Meski beberapa hari ini udah mulai mereda gatelnya. Tapi saya merasa kalau udara panas mulai gatel lagi.

Saya juga sempat menemukan trik supaya gak gatel. Tiap kali gatel saya guyur badan saya dengan air dingin. Cukup efektif, gatelnya hilang. Tapi kalau malam-malam guyur badan ya menggigil juga. Makannya saya siapin Caladine, karena memberikan efek dingin di kulit. Lumayanlah buat ngilangin gatel biar gak garuk-garuk terus.

Saya jadi cemas, kehamilan ini kayaknya bakal menimbulkan banyak strechmarks. Gak seperti kehamilan pertama, strechmark yang muncul dikit banget. Kayaknya perlu siap-siap krim penghilang strechmark nih. Galau juga jadinya mikirin nih gatel-gatel. Apalagi kulit saya jadi banyak noda hitamnya. Ini gara-gara sering digaruk dan jadi luka.

Pengennya sih gak digaruk tapi tetep gak bisa. Gatelnya gak nguatin banget. Sampai saya ganti sabun mandi saya pakai punya Aisyah. Siapa tahu sabunnya bikin kulit saya kering dan efeknya gatel. Pengen ke dokter kulit tapi ke dokter kulit biayanya mahal. Sayang banget, mending dipake buat kontrol kandungan bulan depan. Semoga aja gatel-gatelnya cepet sembuh dan gak bikin bekas yang susah ilang.

4 komentar:

  1. semoga gatelnya cepet hilang ya, keluhan ibu hamil ada aja ya.

    BalasHapus
  2. Wah mbak, aku dulu pas hamil anak pertama malah selain rutin cek kandungan juga rutin ke dokter kulit. Gateeellnya kayak apa ya....pokoknya ga nyaman. Tp setelah selese hamil ya kelaarr gatelnya ilang

    BalasHapus
  3. mungkin itu efek kangen sama iska :P

    BalasHapus
  4. Aku dulu juga, gak tau sebabnya. Akhirnya dikasih bedak sama dokter. Bedakan deh sebadan

    BalasHapus

Komentar akan dimoderasi.
Maaf hanya membalas komentar dari author perempuan.

© 2012 JuvMom - Juvenile Mom's Stories | Powered by Blogger | Design by Enny Law