Jumat, 10 Juli 2015

4 Alasan Kenapa Clodi Jadi Pilihan Para Ibu

Semakin berkembangnya jaman orang-orang memang lebih memilih sesuatu yang praktis. Begitu juga dengan penggunaan popok sekali pakai. Saat jaman saya bayi popok sekali pakai memang belum seperti sekarang. Sekarang udah banyak banget merek popok sekali pakai dengan harga terjangkau. Orang-orang lebih memilih popok sekali pakai karena memang gak perlu ribet nyuci. Dulu waktu Aisyah bayi saya memng gak kuat kalau harus nyuci popok sehari sampai empat kali. Maklum bayi baru lahir sering pup dan pipis. Ujung-ujugnya saya pakai popok sekali pakai. Tapi lama-kelamaan saya merasa pakai popok ini boros dan Aisyah sering gak cocok pakai popok sekali pakai.

Akhirnya saya cari-cari alternatif popok sekali pakai. Dapatlah clodi, atau cloth diaper. Secara arti bahasa cloth diaper artinya popok kain. Tapi lazimnya popok kain gak bisa menyerap pipis berkali-kali. Kencing sekali aja udah basah ke mana-mana. Berbeda dengan clodi yang bisa menyerap pipis beberapa kali. Seenggaknya dua sampai lima kali pipis tergantung volume pipisnya.

4 Alasan Kenapa Clodi Jadi Pilihan Para Ibu

Aisyah baru pakai clodi saat umur empat bulan. Itu karena ibu saya selalu ribut dengan baunya popok sekali pakai tiap pagi. Namanya juga semalaman pipis jadi popoknya memang penuh dan baunya gak enak. Ibu saya bilang lebih baik bau pesing pipis dari pada bau popok sekali pakai yang baunya gak pesing. Saya juga galau karena Aisyah kadang kena ruam popok kalau gak pakai popok sekali pakai dengan merek terntentu. Mana Aisyah ini cocoknya pakai popok sekali pakai yang harganya mahal, jadi boros deh. Setelah setahun lebih merasakan enaknya pakai clodi, saya dapat menyimpulkan beberapa alasan kenapa clodi jadi pilihan beberapa ibu.

1. Mengurangi Limbah Popok Sekali Pakai

Popok sekali pakai memang lebih praktis dari clodi tapi limbah dari popok sekali pakai ini cukup mengganggu. Bayangin aja dalam sehari seenggaknya bayi memakai tiga popok sekali pakai. Jadi sebulan bakalan ada 90 sampah popok sekali pakai. Itu hanya untuk satu bayi, coba dikali dengan banyaknya bayi yang ada di Indonesia. Duh kebanyang deh gak ramah lingkungan banget kan. Jadi selama masih bisa meminimalisir kerusakan lingkungan kenapa enggak.

2. Mengurangi Iritasi Pada Kulit Bayi

Kulit bayi memang masih sangat sensitif, itulah sebabnya popok sekali pakai kadang mengiirtas kulit bayi. Aisyah memang gak selalu ruam popok kalau pakai popok sekali pakai. Hanya saja untuk merek tertentu Aisyah gak cocok. Jadi dari pada saya pusing nyari-nyari popok sekali pakai mendingan pakai clodi. Selama pakai clodi Aisyah gak pernah ruam popok. Hal ini karena clodi memang terbuat dari kain dan dilapisan yang bersentuhan dengan kulit (inner) bisa tetap kering meski terkena pipis.

3. Mengurangi Resiko Terpapar Bahan Kimia Popok Sekali Pakai

Popok sekali pakai memang punya kelebihan menyerap lebih banyak dari clodi. Tapi dibalik itu semua bahan dasar pembuatan popok sekali pakai memang terbuat dari bahan kimia. Memang mereka para produsen popok sekali pakai sebelum memasarkan barangnya sudah diuji ini itu. Tapi tetap aja ada efek negatif dari bahan yang mereka pakai. Jadi lebih baik back to nature. Pakai clodi yang bahannya dari kain.

4. Lebih Ekonomis

Kalau secara hitungan sepertinya memang pakai clodi itu mahal. Karena harus investasi banyak clodi dengan harga per clodi paling murah enam puluh ribu. Itu pun dengan kualitas biasa aja. Tapi setelah kita beli clodi gak perlu pusing tiap bulannya beli popok sekali pakai. Anggaplah kita punya enam clodi yang harganya enam puluh ribuan. Kita ngerluarin uang segitu hanya untuk saat itu saja. Setelah itu gak perlu pusing beli popok lagi. Cukup cuci aja tiap hari. Beda dengan beli popok sekali pakai. Pengeluaran tiap bulan dan gak ada berentinya sampai anak bisa pipis sendiri.

11 komentar:

  1. Hm benar, ini 4 alasan yang tepat :)
    Maaf ya Mbak baru main ke mari lagi saya.
    Met puasa ya.. eh lebaran malah tinggal dikit lagi yaa ...

    Maaf lahir batin :)

    BalasHapus
  2. Berarti sama kayak pemakaian menspad ya, En. Lebih ramah lingkungan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba, kurang lebih memang sama cuma ini versi untuk bayi aja, hehe

      Hapus
  3. lebih ekonomis buat aku

    BalasHapus
  4. Cocok aku... Ntar klo punya anak praktek deh

    BalasHapus
  5. Eh ada ya sekarang popok yang bisa di cuci?
    Kudetnya akuu, maklum belum punya anak jadi gak gitu memperhatikan begini-beginian hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. wekeke, itu biasa mba. Dulu waktu belum punya anak juga gak ngerti gini2

      Hapus
  6. itu semua bener mbak, sayangnya dulu aku dudul, clodinya aku cuci pake detergen jadi deh gak bisa dipake lagi

    BalasHapus

Komentar akan dimoderasi.
Maaf hanya membalas komentar dari author perempuan.

© 2012 JuvMom - Juvenile Mom's Stories | Powered by Blogger | Design by Enny Law