Sabtu, 04 Juli 2015

Resep Siomay Ala Tukang Siomay

Siomay Bandung Rumahan
Makanan berbahan dasar aci memang gak bikin bosen. Kebanyakan makanan berbahan dasar aci ini memang berasal dari Bandung. Gak tahu kenapa yah, Bandung seneng banget bikin makanan berbahan dasar aci. Salah satu makanan yang saya suka ada siomay. Meski siomay sebenernya ada dua jenis. Siomay yang biasa ada di dimsum dan siomay bandung. Dua jenis siomay ini beda bentuk dan rasa.

Siomay yang ada di dimsum bentuknya memang lebih keren. Dan isinya juga lebih banyak dicampur udang, daging ikan, dan segala daging-dagingan dicampurin. Pokoknya siomay yang ada di dimsum ini elit banget lah. Sedangkan siomay bandung tampilannya biasa aja cenderung acak-acakan malah. Dimakan dengan bumbu kacang yang khas. Dan gak cuma ada siomay aja, ada tahu, kol, kentang dan lain-lain.

Beberapa waktu lalu sebelum puasa ibu saya memang iseng masak siomay bandung. Biasanya saya dan kakak saya sering beli siomay yang biasa lewat di depan rumah. Tapi ya gitu ibu saya gak gitu suka kalau kami jajan. Jadi dibikinin siomay sendiri. Meski memang gak bisa persis rasanya dengan kalau beli. Mungkin karena buatan ibu saya pakai ikan tengiri, malah makin enak. Kalau bumbu kacangnya ibu saya udah mulai mirip. Ternyata triknya jangan kebanyakan kacang. Justru kalau terlalu banyak kacang malah gak terlalu enak.

Resep Siomay Bandung

Siomay Bandung memang jajan yang gak ada matinya. Jajanan ini memang populer. Mulai dari siomay bandung yang di kaki lima sampai siomay bandung yang masuk ke cafe-cafe. Kita juga bisa kok membuat siomay bandung ini sendiri di rumah. Meski agak ribet sih, tapi bisa lebih puas makannya dari pada beli.

Siomay Bandung
Siomay Bandung

Bahan Adonan Siomay Bandung

500 gram ikan tengiri giling
500 gram tepung tapioka
2 buah wortel, parut
2 sihung bawang putih parut
1 sendok teh merica bubuk
1 bungkus kaldu ayam instan
garam secukupnya

Bahan Pelengkap Siomay Bandung

10 buah tahu kuning/putih
10 helai kubis
1 kg kentang

Bahan Bumbu Kacang Siomay Bandung

200 gram kacang tanah, sangrai
200 gram kentang kukus, haluskan
2 sihung bawang putih
3 sihung bawang merah
3 buah cabe merah
2 helai daun jeruk
200 ml air

Cara Membuat Siomay Bandung

1. Masukan semua bahan adonan siomay bandung ke dalam wadah, uleni hingga tercampur rata. Ambil satu sendok adonan, bentuk bulat. Sisakan adonan untuk mengisi tahu.

2. Ambil satu buah tahu, masukan satu sendok adonan siomay bandung ke dalam tahu, ulangi hingga tahu habis.

3. Panaskan air, kemudian masukan kubis ke dalam air yang mendidih sebentar lalu tiriskan. Gulung kubis sesuai selera. Bisa juga diisi dengan adonan siomay bandung.

4. Masukan adonanan yang sudah dibentuk, tahu yang sudah diisi, kubis, kentang ke dalam kukusan. Kukus hingga matang.

5. Untuk membuat bumbu siomay, haluskan kacang tanah, bawang putih, bawang merah dan cabe merah. Masukan ke dalam panci dan tambahkan air dan daun jeruk.

6. Campur kentang yang sudah dihaluskan dengan air hingga tidak menggumpal tambahkan ke dalam panci yang berisi kacang tanah dan bumbu-bumbu. Masak hingga mendidih.

7. Siomay siap disajikan.

18 komentar:

  1. AKu tu yg sering nggak pas saus kacang itu, nggak mirip sama yg dijual. Nyoba ah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga suka gitu,kebeteluan waktu itu bikin bisa mirip :D

      Hapus
  2. Jadi laper *lho*
    Fungsi wortelnya buat apa, Enny? Kapan2 coba bikin ah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kyknya sih wortelnya itu biar ada wangi2nya gitu. Kalau beli juga suka ada wortelnya gitu

      Hapus
  3. Gile aja jam segini baca resep, laparrrr

    aku jg pernah buat sendiri, aneh tp ya tetep dimakan haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. wekeke, sabar yah :D
      iya klo buatan sendiri emang sayang klo gk dimakan :D

      Hapus
  4. Nah kebetulan, pas banget pengen nyoba bikin siomay sendiri... makasih ya

    BalasHapus
  5. deuh jadi pengen bikin gampang kayaknya ..makasih ya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba gampang, cuma bnyk variasi aja

      Hapus
  6. Kmrn dpt resep siomay tnpa ikan tenggiri murmer pas cb bikin kelembekan :-D ggal kebuang.

    Aq pake tepung terigu sesuai resep. Jare ibu q salah. Ntr kpn2 insya Allah cobain resep ini. Lumayan kangen sm siomay.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wekeke, kata ibuku tapiokanya diseduh air panas biar gak alot

      Hapus
  7. hihihi keliatannya emang ribet ya bikinnya :D, tapi kalau udah jadi pasti nagih :)

    BalasHapus
  8. Saya baru tau mbak ternyata pakai parutan wortel ya, jadi ada nilai gizi dari sayuran juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, selain itu juga nambah rasa

      Hapus

Komentar akan dimoderasi.
Maaf hanya membalas komentar dari author perempuan.

© 2012 JuvMom - Juvenile Mom's Stories | Powered by Blogger | Design by Enny Law