Jumat, 10 Juli 2015

Agar Aplikasi Visa Pelajar Ke Inggris Lancar

Sebagai negara dengan banyak universitas bermutu, melanjutkan studi ke Inggris adalah pilihan tepat. Selain banyak pilihan, Anda juga tidak perlu memikirkan persoalan bahasa, sebab di Indonesia sendiri Bahasa Inggris sudah banyak dipakai. Tetapi Anda juga harus memikirkan tentang urusan teknis seperti izin dan surat-surat tinggal yang lain. Anda tidak mau dideportasi lantaran ada masalah dengan visa Inggris, bukan?


Untuk bisa belajar di Inggris, Anda perlu visa pelajar. Pembuatan visa sebaiknya dilakukan sebelum studi dimulai, sehingga Anda tidak dikejar waktu. Cara melakukannya sendiri bermacam-macam, bisa melalui pos, datang langsung ke kedutaan, atau secara online. Mendaftar visa online merupakan alternatif bagus jika Anda tidak tinggal di Jakarta. Anda bisa mengunjungi website Visa4UK untuk mengisi formulirnya.

Syarat mendapat visa

Bila Anda hendak mendapatkan visa studi, maka yang Anda perlukan adalah visa pelajar Tier 4 (General). Visa ini untuk Anda yang melanjutkan sekolah, dan berusia di atas 16 tahun. Adapun syarat untuk mendapatkan visa ini adalah:
  • Anda sudah mendapatkan tempat tinggal di universitas yang Anda inginkan.
  • Anda mengerti Bahasa Inggris, baik lisan maupun tulisan.
  • Anda punya cukup dana untuk biaya hidup yang selama belajar di sana.
  • Anda berada di luar Eropa atau Swiss.

Cara mendaftar

Inilah yang perlu Anda lakukan jika Anda hendak mengajukan permohonan visa pelajar secara online:
  1. Masuklah ke website Visa4UK, dan register sehingga Anda mempunyai akun
  2. Lengkapi formulir aplikasinya, cetak dan tandatangani.
  3. Anda akan menerima email yang isinya nomor aplikasi. Catat, dan buatlah janji untuk menghadiri tempat permohonan visa. Tanggalnya maksimal 90 hari setelah pengumpulan formulir.
  4. Sertakan juga dokumen asli yang mendukung informasi yang telah Anda isi dengan lengkap.
  5. Bayar biaya permohonan visa tersebut dengan kartu kredit atau debit.
  6. Serahkan bukti pembayaran ke pusat permohonan visa.
  7. Hadiri janji pertemuan tersebut, dan Anda harus melakukan foto wajah, diambil sidik jarinya, dan menjalani tes kesehatan.
  8. Tunggu mulai 3 minggu sampai dengan 12 minggu sampai proses visa Anda selesai, jika disetujui, Anda akan diberi tahu untuk mengambil dokumen.

Faktor penentu visa ditolak atau tidak

Kadang kala, visa Anda belum tentu langsung disetujui oleh kedutaan. Ada banyak alasan kenapa hal ini bisa terjadi. Berikut adalah beberapa alasannya:
  • Biaya
    Seperti yang telah disebutkan di atas, mempunyai biaya yang cukup untuk tinggal di Inggris adalah salah satu syarat agar visa disetujui. Jika uang yang ada di rekening Anda kurang atau berubah-ubah secara signifikan, tentu visa akan ditolak. Anda perlu setidaknya Rp350 juta.
  • Umur
    Meski untuk visa pelajar sendiri tidak begitu bermasalah, namun jika jarak antara kelulusan SMA dengan pendaftaran visa terlalu jauh misalnya, maka akan jadi pertanyaan.
  • Wawancara
    Saat proses mengajukan visa, Anda harus melalui proses wawancara. Inilah faktor yang menentukan apakah Anda dianggap layak dapat visa atau tidak.
  • Riwayat visa sebelumnya
    Jika Anda punya sejarah imigrasi yang buruk sebelumnya, maka tentu saja tidak mudah bagi visa untuk disetujui.
Universitas di Inggris yang berkualitas tersebut memang menjadi kesempatan emas bagi Anda yang ingin melanjutkan belajar. Namun Anda harus melewati syarat visa Inggris dulu sebelumnya, yaitu mendapatkan visa. Berhubung waktu untuk proses visa ini bisa sangat lama, maka segeralah membuatnya jika Anda sudah mendapatkan sekolah yang diinginkan, sehingga tidak ada masalah dengan imigrasi begitu Anda di sana.

4 komentar:

  1. wah aku belum pernah bikin VISA semoga suatu saat bisa juga

    BalasHapus
  2. Belum pernah bikin visa manapun. Anak2 baru pergi seputar ASEAN aja. Makasih sudah berbagi pengalaman, moga2 bisa ke Inggris juga seperti dirimu. Pengin ketemuan sama princess Kate heheee :))

    BalasHapus
  3. Wow. 350 juta. :D negara yang lumayan mahal ya. Ngalahin Jepang. Hehe

    BalasHapus
  4. *angguk2 semoga ada kesempatan nanti buat anak2ku

    BalasHapus

Komentar akan dimoderasi.
Maaf hanya membalas komentar dari author perempuan.

© 2012 JuvMom - Juvenile Mom's Stories | Powered by Blogger | Design by Enny Law