Minggu, 11 Oktober 2015

Membiasakan Si Kecil Minum Dari Gelas

Membuat anak kecil untuk bisa minum sendiri memang bukan hal yang mudah. Namanya juga anak kecil apa-apa harus diajarkan. Dari kecil Aisyah memang gak suka minum dot. Katanya sih kalau gak suka minum dot akan lebih mudah untuk minum dengan peralatan minum yang lain.

Pertama kali bisa minum Aisyah lebih suka minum dengan sedotan. Meski awalnya tersedak tapi lama kelamaan bisa dengan mudah minum dengan sedotan. Awalnya Aisyah saya belikan MagMag All In One Set Training Cup Pigeon. Saat dicoba menggunakan spout ternyata Aisyah gak bisa. Malahan spoutnya digigitin, bukannya disedot. Akhirnya dicoba pakai sedotan. Awalnya gak bisa nyedot tapi lama-lama disedot juga. Kemudian saya iseng pengen nyobain training cupnya. Pas dicoba ternyata Aisyah gak cukup sabar untuk menunggu airnya mengalir lewat bolongan kecil dipinggir training cupnya. Jadi yang ada malah dilempar botolnya gara-gara gak keluar airnya.

Setelah itu saya gak pernah lagi ngasih training cup untuk Aisyah. Aisyah saya biasakan minum dengan sedotan. Kemana-mana bawa MagMag Pigeon yang model sedotan. Kalau pun gak ada MagMag Pigeon bisanya bawa sedotan sendiri atau minum pakai air mineral yang gelas. Jadi cukup praktis saat jalan-jalan. Kalau MagMagnya kotor bisa pakai apa aja yang penting ada sedotannya.

Trik Membiasakan Si Kecil Minum Dari Gelas

Ternyata untuk membiasakan si kecil minum dari gelas butuh trik juga. Peralatan minum yang menarik juga menjadi salah satu pemicu si kecil ingin minum dari gelas. Aisyah juga ternyata memang butuh dibelikan peralatan minum yang lucu-lucu. Aisyah yang sudah lama pakai MagMag Pigeon seperti nya bosen dengan peralatan minumnya. Beberapa waktu yang lalu saya membelikan gelas plastik BPA free untuk Aisyah. Padahal sih gelasnya biasa banget cuma gak tahu kenapa Aisyah jadi sering minta minum dengan gelas itu.

Botol Minum Hello Kitty
Kemudian saat jalan-jalan ke mall saya juga sengaja membelikan tempat minum Hello Kitty untuk Aisyah. Kali ini bukan gelas tetapi botol minum dengan sedotan. Saya sengaja membelikan yang bentuk Hello Kitty. Soalnya saya juga suka Hello Kitty. Jadi saya menularkan virus Hello Kitty saya ke Aisyah, haha.

Baru saja dibelikan tempat minum Hello Kitty, Aisyah sudah langsung minta minum dengan tempat minum Hello Kittynya. Langsung deh saya bersihkan dan isi dengan air. Ternyata Aisyah jadi sering minta minum dengan tempat minum Hello Kittynya. Minumnya juga banyak gak seperti biasanya cuma minum sedikit-sedikit.

Dari sini saya baru sadar, memang butuh trik khusus untuk membiasakan anak minum dengan gelas atau sedotan. Kita memang harus membuat mereka tertarik dengan peralatan minum yang lucu-lucu.

12 komentar:

  1. Anak saya hampir 2 tahun baru bisa minum pakai sedotan, jadi harus pakai gelas. :)

    Hello kitty nya lucu pantesan aisyah suka ya :)

    BalasHapus
  2. Klo aisyah dari 9 bulan udah bisa minum pake sedotan. Justru minum pakai gelasnya belakangan soalnya jarang aku biasain. Pernah aku kasih gelas yg ada malah airnya diobok2 :D kapok ngasih gelas

    BalasHapus
  3. Iya kalau gelasnya cantik kayak gitu bikin anak jadi suka. Selain minum pakai gelas juga dibiasakan minumnya sambil duduk untuk kesehatan

    BalasHapus
  4. Dulu juga saya sama istri lumayan kerja keras untuk ngajarin anak minum pakai gelas, soalnya dikit-dikit minta mimik susu, hehe.

    Alhamdulillah sekarang kalau haus pengennya minum air putih dan dia pengen pegang gelasnya sendiri.

    BalasHapus
  5. Ponakanku mlh gelas dl. Klo botol imut gitu jd inget jaman TK

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aisyah sebenernya bisa minum pake gelas cuma habis minum diobok2, emaknya jadi stres :D

      Hapus
  6. Wah, terima kasih banget untuk tipsnya.
    Coba tak terapin ke anak ah, soalnya susah banget kalau disuruh minum pake gelas, mau nya pake botol dot

    BalasHapus
  7. Lucu-lucu lucuuu tempat minum nya. AKu punya juga loh, Mak. Persis kayak gitu hanya punyaku lebih tinggi. *gak penting*

    BalasHapus
    Balasan
    1. wekeke, iya waktu beli itu emang ada yg tinggi gitu cuma gak ada pegangannya.

      Hapus
  8. raffi sudah bebas minum gelas lancarrr \m/

    BalasHapus
    Balasan
    1. enak ya mba. Klo Aisyah kadang masih suka diobok2 :D

      Hapus
  9. tergantung kesiapan anak sama emaknya yang ngajarin ya Mba, Faiz dulu setahun dah bebas botol, sekarang Fira aduuuh masih males...padahal emaknya satu..

    BalasHapus

Komentar akan dimoderasi.
Maaf hanya membalas komentar dari author perempuan.

© 2012 JuvMom - Juvenile Mom's Stories | Powered by Blogger | Design by Enny Law