Kamis, 29 Oktober 2015

Pentingnya Label SNI Pada Mainan Anak

Mainan Troly Isi Buah
Semenjak Aisyah semakin besar kami memang jadi sering beli mainan. Aisyah ini mudah sekali bosan dengan mainannya. Jadi kami beli mainan biasanya gak langsung banyak. Kalau lihat ada yang bagus beli satu. Aisyah lebih suka mainan yang bervariasi. Biasanya Aisyah ini bosan dengan mainannya jika sudah satu minggu. Setelah itu barulah kami beli mainan lagi.

Salah satu mainan yang sedang jadi favoritnya adalah masak-masakan. Aisyah suka banget motongin buah dengan pisau mainan. Pernah saya buatkan mainan dari beras yang saya beri warna supaya bisa dipakai sebagai bahan yang bisa dimasak dengan mainannya. Tapi ternyata setelah bosan, berasnya dibuang di mana-mana. Akhirnya emaknya capek dan buang semuanya, haha.

Label SNI Pada Mainan Anak

SNI atau Standar Nasional Indonesia adalah label yang menandakan barang tersebut sesuai dengan standar produk yang ada di Indonesia. Dengan adanya label SNI ini kita bisa mengetahui barang mana yang layak dipakai dan gak layak. Label SNI ini bisa kita temukan pada macam-macam barang yang biasa kita temui. Salah satunya adalah pada mainan anak.


Sudah hal yang lumrah yah, kalau kebanyakan mainan anak ini impor dari negeri Tiongkok. Biasanya saya sudah blacklist duluan barang-barang dari sana karena kualitas barang biasanya mengecewakan. Tapi untuk masalah mainan anak-anak jarang sekali gak menemukan label "Made in China" pada kemasan mainan. Kebanyakan semuanya dari sana. Jadi saya memang harus berhati-hati dalam memilih mainan anak.  Pasalnya anak kecil memang rentan terkena penyakit. Apalagi jika mainan  dibuat dengan bahan yang sembarangan bisa menimbulkan penyakit.

Untuk mengantisipasi dampak buruk dari mainan tersebut biasanya saya mencari mainan yang ada label SNI. Dengan label ini berarti mainan tersebut telah diuji dan memenuhi standar yang ada. Mainan yang gak berlabel SNI biasanya memang masih diragukan keamanannya. Maka dari itu pemerintah juga menghimbau agar kita para orang tua gak sembarangan memilih mainan tanpa label SNI.

Terkadang memang mainan yang gak berlabel SNI harganya lebih murah ketimbang yang memiliki label SNI. Tapi sebaiknya para orang tua gak tergiur harga murah. Berhati-hatilah karena jika bahan mainan tersebut menggunakan bahan berbahaya akan merugikan anak.

1 komentar:

  1. aku juga nyari yang ada tulisan SNI nya mak, sampe bantal juga yang ada SNI nya.. tapi belinya setahun sekali haha

    BalasHapus

Komentar akan dimoderasi.
Maaf hanya membalas komentar dari author perempuan.

© 2012 JuvMom - Juvenile Mom's Stories | Powered by Blogger | Design by Enny Law