Sabtu, 21 November 2015

#MenuHariIni: Tumis Kentang Campur

Bagi ibu-ibu masalah masak memasak memang gak ada habisnya. Bayangin aja hampir tiap hari harus masak. Dan kalau makanannya sama terus kan gak enak. Jadi harus ada variasi tiap harinya. Kadang saya sampai pusing pengen masak apa. Sepertinya semua masakan udah pernah dan lumayan bosen. Apa deh padahal saya sih jarang masak. Lebih sering mertua yang masak, haha. Tapi kalau ditanya mau masak apa hari ini saya juga pusing.

Kalau ibu saya masaknya gak ada aturannya. Apa pun yang ada di lemar es bisa jadi makanan. Jadi kadang masakan ibu saya memang anti mainstream tapi enak. Ibu saya memang suka masak seadaanya. Gak perlu terlalu baku harus begini begitu. Pokoknya kita ngerti kalau bahan ini dicampur dengan ini kira-kira enak apa gak. Buat ibu saya yang biasa masak mungkin gampang. Tapi saya yang jarang masak kadang salah masak kalau sembarangan gitu.

Memasak Untuk Si Kecil

Permasalahan memasak nambah lagi ketika Aisyah sudah pinter makan apa saja. Saya harus masak sesuatu yang bisa dimakan oleh semua orang termasuk Aisyah.Soalnya saya memang males kalau harus masak banyak macam. Belum lagi Aisyah makannya sedikit. Kalau masaknya dibedain malah kadang Aisyah gak mau.

Memang sih Aisyah bisa makan makanan yang pedas. Tapi kasian juga kalau terlalu pedas. Sedangkan saya dan suami suka yang agak pedas. Jadilah orang tuanya harus ngalah. Kalau pengen makan pedes bikin sambel aja. Pokoknya lauknya gak pedes.

Resep Tumis Kentang Campur


Bahan:
Kentang 1/2 kg potong kecil
Pentol 10 buah potong jadi dua
Daun bawang iris serong
Telur puyuh rebus 10 butir

Bumbu halus:
Bawang merah 3 siung
Bawang putih 2 siung
Merica secukupnya
Garam secukupnya

Pelengkap:
Bawang goreng
Kecap satu sendok makan

Cara Membuat:

1. Goreng kentang, tiriskan. Haluskan semua bahan bumbu halus. Tumis hingga harum, masukan daun bawang dan pentol, tumis hingga agak kecoklatan.
2. Masukan kentang yang sudah digoreng, aduk rata, tambahkan air hingga kentang tergenang. Tambahkan kecap, aduk rata. Diamkan hingga air menyusut.
3. Masukan telur puyuh, aduk rata. Tambahkan garam bila perlu, diamkan hingga bumbu meresap.
4. Setelah meresap angkat taburi bawang goreng.

Makanan ini juga cocok buat MPASI bayi di atas setahun. Tapi dengan catatan giginya udah lumayan banyak yah. Kayak Aisyah ini udah hampir penuh giginya. Bisa makan apa aja. Tapi Aisyah gak suka makan daging soalnya suka nyangkut di gigi.

7 komentar:

  1. Judulnya nanggung banget mbak, tumis kentang campur hihihi.. tambahain puyuh kek, ato apa :)) #protes. Punya batita memang harus lebih rajin dalam segala hal :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha, iya juga sih. Aku nulis sambil ngantuk sih :D

      Hapus
  2. masaknya dibagi dua yang satu pakai sambel enak nih mbak

    BalasHapus
  3. Nyummy deh. Bisa dicoba resepnya. Makasih :)

    BalasHapus
  4. wah Ibu suka begitu, suka bingung katanya mau masak apa, dilema ibuk ibuk banget yaah..
    aku kalo udah jadi ibu2 juga begitu kali yak haha

    BalasHapus
  5. Kalau sembarang sayuran di cemplungin tempatku namanya jangan podo moro. Kalau bisa ngolahnya tetep enak rasanya

    BalasHapus
  6. Enak kayaknya buat si dedek, kecil. Makasih ya mbak, atas resepnya. :)

    BalasHapus

Komentar akan dimoderasi.
Maaf hanya membalas komentar dari author perempuan.

© 2012 JuvMom - Juvenile Mom's Stories | Powered by Blogger | Design by Enny Law