Jumat, 11 Desember 2015

5 Cara Mengelola Gaji Bulanan yang Mudah

Sering kali kita merasa bahwa gaji yang diterima tiap bulannya, sudah sangat cukup bahkan berlebih, namun di tengah-tengah bulan selalu mengalami kesulitan finansial, bahkan sampai harus melakukan hutang. Hal-hal semacam ini memang umum terjadi olah mereka yang tak mengatur keuangan, jika dibiarkan secara terus menerus tentunya bisa menjadi masalah besar, uang selalu keluar namun tak memberikan hasil nyata, sudah saatnya bagi Anda mengetahui cara mengelola keuangan gaji yang tepat.

Setiap orang memang memiliki tingkat penghasilan yang berbeda-beda, begitu juga dengan kebutuhannya, namun juga tak bisa dipungkiri bahwa hal-hal semacam nafsu pasti ada, tak bisa menahan diri pada shopping atau dalam hal konsumsi makanan yang mahal. Berikut ini tips mengelola gaji dengan tepat:

1. Selalu membuat anggaran, susun semua tingkat kebutuhan Anda, mulai dari yang paling mendesak hingga yang tak penting sekalipun, cara ini sangat bermanfaat untuk mengetahui berapa besarnya pengeluaran dai total gaji yang dibutuhkan tiap bulannya, anggaran harus disusun secara rinci dan tepat.

2. Segera belanjakan untuk kepentingan yang penting, misalkan saja biaya untuk makan sehari-hari, kepentingan mendesak semacam itu harus diutamakan agar bagaimanapun keadaan finansial Anda tak akan mengganggu kebutuhan pokok.

3. Bayar tagihan sekarang juga, agar tak terlalu menumpuk dan terkena denda ada baiknya untuk memikirkan tagihan terlebih dahulu, baik itu listrik, air , kartu kredit dan semacamnya.

4. Tetap sisihkan beberapa untuk menabung, khususnya bagi yang masih lajang dan sudah memiliki anak sangat wajib memikirkan biaya untuk kepentingan masa depan, tak perlu berpikir sedikit atau banyaknya yang ditabung, karena lama kelamaan juga akan senantiasa bertambah.

5. Bandingkan, lakukan perbandingan antara uang yang masuk atau income dengan jumlah yang telah dianggarkan, apakah sesuai atau justru lebih besar, hal ini berguna untuk mengetahui efisiensi Anda dalam berbelanja kebutuhan.

5 kiat mudah yang bisa siapa saja gunakan untuk mengatur keuangan, cara mengelola gaji tersebut harus didasari dengan niat yang kuat agar hasilnya bisa optimal.

3 komentar:

  1. nice post :)
    berguna sekali untuk saya yang baru menikah

    BalasHapus
  2. Aku malah bingung gimana ngaturnya karena banyak banget pengeluaran mendadak. -,-

    BalasHapus

Komentar akan dimoderasi.
Maaf hanya membalas komentar dari author perempuan.

© 2012 JuvMom - Juvenile Mom's Stories | Powered by Blogger | Design by Enny Law