Sabtu, 05 Desember 2015

5 gejala penyakit diare karena bakteri

Diare atau dalam bahasa Inggris disebut dengan diarrhea merupakan sebuah penyakit yang menyerang pencernaan yang dapat ditandai dengan feses atau tinja yang berubah menjadi cair atau lembek yang biasanya terjadi antara 2-3 kali dalam waktu 24 jam tidak hanya itu banyak sekali gejala penyakit diare ini. Penyakit ini merupakan salah satu penyakit pembunuh nomor satu di Negara berkembang, dan tentunya Negara kita juga termasuk di dalamnya. Penyakit ini kebanyak menyerang balita dan telah membunuh lebih dari 2,6 juta orang per tahunnya.

Untuk mengenali gejala penyakit diare ini dapat ditandai dengan beragam gejala yang dapat mudah dideteksi. Berikut adalah gejala-gejala yang dapat dirasakan:

1. Sering memiliki rasa mulas

Rasa ini akan muncul ketika rasa sakit dan perih yang telah muncul sebelumnya. Bukan rasa mulas yang biasa tetapi sangat berlebihan dan sering terjadi.

2. Rasa sakit dan perih pada bagian perut

Penyakit ini merupakan salah satu jenis penyakit yang memiliki hubungan langsung dengan sistem pencernaan. Oleh karena itu dapat dipastikan salah satu gejala yang ditimbulkan oleh penyakit ini adalah rasa sakit dan perih pada sekitaran daerah perut atau lambung. Gejala ini sangat mirip dengan penyakit maag atau asam lambung. Karena hal tersebut, jangan mendiagnosa secara langsung bahwa anda terserang diare, tetapi anda juga perlu memperhatikan gejal-gejala yang lainnya.

3. Sering buang air besar

Perubahan pada frekuensi Buang Air Besar atau BAB adalah hal yang paling mudah untuk mengetahui anda terserang diare atau tidaknya. Normalnya seseorang melakukan BAB sebanyak 1-3 kali dalam sehari tergantung pola makannya, tetapi bagi penderita diare frekuensi akan meningkat yaitu lebih dari 3 kali dalam 24 jam.

4. Terasa kembung pada perut

Kondisi ini juga sering dikaitkan dengan penyakit pencernaan tersebut. Umumnya kondisi lambung yang mengalami kembung merupakan salah satu ciri dari munculnya penyakit yang menyerang pencernaan, yang dapat menimbulkan nyeri, mual dan bunyi secara terus-menerus pada perut.

5. Feses atau tinja yang encer atau lembek

Kondisi feses para penderita diare adalah hal yang sangat mudah untuk dibedakan karena bentuk fesesnya yang cenderung lebih lembek dan terkadang bisa sangat encer seperti air.

Kebanyakan penyakit diare ini disebabkan oleh bakteri. Oleh karena itu pastikan jaga kebersihan anda dan selalu gunakan sabun cuci tangan dan mandi dari Lifebuoy agar keluarga anda terlindung dari bakteri tersebut.

4 komentar:

  1. Sering nih saya kalo diare. :D Kebanyakan habis makan yang pedas

    BalasHapus
  2. kalau lagi diare rasanya gak enak banget. Tapi herannya saya jarang kurus karena diare :D

    BalasHapus
  3. Penting sekali membiasakan mencuci tangan setiap waktu..
    Semoga kita semua diberi kesehatan selalu ya En...

    Thanks for sharing, Enny... ^_^

    BalasHapus
  4. Salah satu penyakit yang paling ga enak selain flu ni, bikin kita ga bisa kemana2 :)

    BalasHapus

Komentar akan dimoderasi.
Maaf hanya membalas komentar dari author perempuan.

© 2012 JuvMom - Juvenile Mom's Stories | Powered by Blogger | Design by Enny Law