Selasa, 08 Desember 2015

Tip Meringankan Pekerjaan Menyetrika Baju

Strika Uap Philips


Bagi ibu rumah tangga seperti saya yang males, nyetrika memang bukan hal menyenangkan. Apalgi kegiatan ini gak bisa disambi dengan kegiatan lain. Dan yang paling parah, baju kotor itu ada tiap hari, kalau disetrika semua gempor dong. Maka dari itu setelah menikah saya hanya nyetrika baju keluar saja. Baju rumah saya setrika setelah dilipat supaya gak terlalu gembung jadi saat ditata di lemari terlihat lebih rapi.

Dan tahu gak sih orang Jepang itu kalau nyetrika baju cuma baju yang dipakai saat keluar rumah dan sapu tangan aja. Saya pernah baca di Kompasiana, ceritanya si istri ini orang Indonesia dan suaminya orang Jepang. Tahu sendiri lah orang Indonesia itu kalau nyetrika baju pasti semua disetrika entah itu baju rumah atau baju untuk keluar. Nah si istri itu ditegur suaminya karena nyetrika baju rumah. Katanya yang disetrika itu cukup baju kantor atau baju untuk keluar dan sapu tangan.

Hanya Menyetrika Baju Untuk Keluar

Saya setuju banget sih dengan pemikirannya orang Jepang. Bukannya males ya, tapi emang males sih, haha. Nyetrika itu menyita banyak waktu. Belum lagi baju rumah dan baju untuk keluar rumah itu lebih banyak cucian baju rumah. Apalagi bagi manusia yang jarang keluar rumah sperti saya. Jarang banget ada baju gamis saya di tempat cucian.

Tahu gak sih untuk nyetrika baju gamis saya dan krudung panjangnya itu butuh kurang lebih sepuluh sampai kadang lima belas menit. Lama banget boo? Iya, soalnya bajunya gede, krudungnya jugal lebar banget. Sampai kadang kalau lagi malaes saya cuma nyetrika baju gamisnya dibagian pinggang sampai bawahnya aja. Soalnya bagian atasnya kan ketutup krudung, haha.

Untung saja suami saya gak protes dengan kebiasaan saya ini. Kayaknya sudah maklum dengan pekerjaan rumah yang never ending ini. Tapi untuk kaos suami meski itu baju rumah tetap saya setrika. Soalnya kadang suami kalau keluar ke tempat yang deket pake baju rumah. Dan untuk beberapa baju yang gak gampang kusut cuma dilipet dan disetrika saat udah dilipet biar mimpes.

Memilih Setrika yang Bagus Itu Penting

Untuk itu bagi saya memilih setrika memang harus dipertimbangkan. Setrika yang bagus akan mempermudah dan mempercepat proses setrika. Dulu waktu awal nikah saya dibeliin setrika sama mertua. Merk dan tipenya sama persis dengan punya mertua. Cuma saat itu mertua beli di beda toko. Eh tahu gak sih, kalau dipake gak enak banget. Panasnya lama, kalau udah panas lengket. Apa gak bikin keki coba? Masa tiap kali nyetrika harus siap kertas HVS. Akhirnya saya curhat ke mertua. Mertua pun heran padahal sama persis. Pas saya coba punya mertua ternyata enakan punya mertua. Jadilah saya sering pakai setrika mertua dari pada setrika sendiri.

Karena akhir tahu depan saya dan suami akan tinggal di rumah sendiri jadilah saya gak mungkin dong pake punya mertua terus. Jadi kami mulai ngumpulin barang-barang elektronik dari awal. Salah satunya setrika. Pilihan saya jatuh ke setrika uap Philips. Ini gara-gara Mbak Myra Anastasia yang pernah dateng ke launching setrika uap Philips. Langsung deh saya kepincut dan jadi wishlist.

16 komentar:

  1. tipsnya hampir sama nih ,,,,

    BalasHapus
  2. Setrika Philips ini memang bagus. Udah gitu awet :)

    BalasHapus
  3. waaa, aku belum punya yang setrika uap ini. masukin wishlist. :3

    BalasHapus
  4. Hahaha, saya juga setrika baju jarang banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama mba, paling seminggu dua kali

      Hapus
  5. setrikaannay sama mbak kaya punyaku warnanya juga :)

    BalasHapus
  6. Kalau urusan nyetrika aku nyeraaah. Mending outsourcing alias di laundry ajah. Tp mupeng juga punya setrukaan phillips. Buat jaga2

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku sih eman2 klo nyetrika doang nyuruh orang. Soalnya baju yang aku strika cuma baju yang dipake keluar. Jumlahnya sedikit, rugi dong akuh :D

      Hapus
  7. Eh, bener juga ua, Mba. Baju rumah ga usah disetrika, jadi hemat wkt deh. :)

    BalasHapus
  8. Saya juga males banget kalo hrs nyetrika, Mak. Dan kyknya oerlu juga nih budgetin dana utk setrika uap philips itu. Ungu cakep tuh, Mak.

    BalasHapus
  9. Haaai yang hobby nyetrika lewaat. Heheee, tahu enggak, aku nyetrika kaos rumahan suami itu bagian depannya saja, berpikiran bagian belakang pasti sudah ikutan halus...ssssst, jangan dikasih tahu ya...wkwkwk.

    BalasHapus
  10. hihi..sama.. baju tidur atau baju rumah di tilep aja.. baju pergi atau kerja baru di setrika..hemat tenaga.. :D

    MD Ayomi

    BalasHapus

Komentar akan dimoderasi.
Maaf hanya membalas komentar dari author perempuan.

© 2012 JuvMom - Juvenile Mom's Stories | Powered by Blogger | Design by Enny Law