Kamis, 03 Maret 2016

Cara Mengatasi Sumbatan Pada Tempat Cuci Piring

Tempat cuci piring merupakan salah satu perlengkapan yang harus ada pada jenis dapur modern bahkan sejak zaman dulu karena selain menjadikan dapur menjadi bagus dan kelihatan rapih, tempat cuci piring pun sangat bermanfaat dan berfungsi sebagai tempat menyimpan dan membersihkan piring atau peralatan masak yang kotor.


Hal yang paling sering dialami bagi setiap rumah yang memiliki tempat cuci piring yaitu tersumbatnya saluran pembuangan. Tersumbatnya saluran pembuangan pada tempat cuci piring, bisa disebabkan oleh beberapa hal, seperti saringan pada saluran terbuka sehingga potongan atau sisa makanan yang terbuang bersamaan dengan proses mencuci piring masuk dan menumpuk disaluran pembuangan, ataupun menempelnya sisa makanan yang sebelumnya sehingga menjadi kerak yang sulit dibersihkan. Untuk mengatasi permasalahan pada penyumbatan saluran pembuangan tempat cuci piring, bisa dilakukan beberapa cara seperti berikut:

Mendeteksi Saluran Pembuangan

Penyumbatan bisa terjadi di mana saja disepanjang saluran pembuangan. Cara yang bisa dilakukan yaitu dengan coba memasukan benda yang bentuknya panjang dan kecil untuk mendeteksi dimana benda yang menyumbat berada, jika tidak bisa dengan cara tersebut cara selanjutnya yang bisa dilakukan yaitu dengan cara membongkar area di sekitar tempat cuci piring, tetapi hal ini memerlukan waktu yang lumayan lama.

Cobalah menggunakan penyedot

Apabila lokasi sumbatan sudah diketahui dan masih bisa dijangkau, kita bisa menggunakan tongkat untuk mendorong atau mengahncurkan kumpulan benda yang menjadi penyumbat pada saluran air. Tetapi bila masih susah dengan cara mendorong, bisa juga dilakukan cara penyedotan dengan menggunakan alat penyedot yang kita miliki, sehingga benda yang menjadi penyumabat saluran bisa hancur dan tersedot keluar.

Menggunakan bahan kimia

Jika sumbatan disebabkan karena kerak yang menempel sangat kuat pada saluran pembuangan, kita bisa mencobanya dengan menggunakan bahan kimia, tetapi penggunaan bahan kimia sangat tidak dianjurkan, karena dengan penggunaan bahan kimia bisa juga merusak tempat cuci piring, dan jika terkena kepada manusia sangat berbahaya. Disamping itu bahan kimia yang digunakanbercampur dengan air yang terus mengalir ke sungai dan bisa mengakibatkan tercemarnya lingkungan.

Demikian beberapa cara yang bisa dicoba untuk mengatasi penyumbatan yang terjadi pada saluran pembuangan. Setelah itu berikut ini beberapa masalah yang muncul bila tempat cuci piring anda tidak terawat:

Sarang Bakteri & Kuman

Karena letaknya sebagai tempat pembuangan air bilasan yang kotor akibat lemak yang menempel pada piring, bila hal itu terus dibiarkan atau diabaikan akan muncul bakteri dan kuman jahat yang kemungkinan besar berkembang biak. Bila sayuran anda yang akan dicuci diletakkan di tempat itu, maka masalah baru soal penyakit jelas akan muncul

Bau Membandel

Bau membandel yang ada di dapur bisa muncul salah satunya karena kondisi tempat dimana anda mencuci piring tidak terawat, timbunan lemak anda biarkan begitu saja sehingga menjadi sarang kuman dan bakteri. Bila hal itu semakin dibiarkan penyakit dan bau yang menyengat akan muncul

Merusak Estetika & Harga Rumah

Ingat, siapa tau yang berkunjung ke rumah anda mempunyai niat tersembunyi sebagai investor yang mau membelanjakan uangnya lebih mahal untuk rumah anda. Bila hal kecil anda abaikan, anda bisa kehilangan kesempatan berharga yang mungkin tidak akan ada kesempatan kedua. Maka jagalah kebersihannya jangan sampai hal itu terjadi dan yang muncul bukannya kesempatan berharga melainkan penyesalan tak berujung.

Bagaimana apa anda sudah menyadari penting tidaknya isi dan kebersihan dapur Anda? Selamat merawat dan menjaganya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar akan dimoderasi.
Maaf hanya membalas komentar dari author perempuan.

© 2012 JuvMom - Juvenile Mom's Stories | Powered by Blogger | Design by Enny Law