Jumat, 08 April 2016

Cara Mengatasi Komedo dengan Mudah

Sebagai seorang perempuan kita pasti kepengen dong punya wajah bersih terawat kayak artis-artis. Tapi terkadang jerawat dan komedo muncul gak pake diundang. Pasti sebel banget ya? Wajah saya memang sudah jarang dihinggapi jerawat sejak menikah. Cuma kadang memang masih muncul tapi gak parah kayak dulu pas puber. Komedo memang umumnya muncul di hidung. Dan komedo yang muncul di hidung ini ganggu penampilan banget. Gemes banget kalau lihat ada komedo di hidung. Rasanya udah kepengen mencet aja. Tapi sebenerna gak boleh loh. Eh ternyata cara mengatasi komedo gak terlalu susah loh.

Jenis-Jenis Komedo

Tapi sebelum kita membahas cara menghilangkan komedo kita cari tahu dulu yuk, komedo itu sama gak yah dengan jerawat. Dulu saya bingung, jerawat dan komedo itu bedanya apa sih? Awalnya saya pikir komedo itu cuma sebutan jerawat yang berada di hidung. Tapi ternyata komedo adalah jenis jerawat ringan yang muncul akibat produksi minyak berlebih dan menyebabkan sumbatan di pori-pori kulit. Saya hanya tahu komedo ini bisa muncul di hidung. Tapi ternyata komedo bisa muncul di mana saja. Pernah ngalamin gak ada jerawat di kuping? Saya pernah beberapa kali.

Komedo ternyata ada dua jenis, yaitu komedo blackhead dan whitehead. Komedo blackhead pada wajah biasanya terlihat seperti bintik hitam pada wajah. Hal ini terjadi karena pori-pori membesar dan terbuka oleh kelenjar minyak lalu teroksidasi oleh udara dan berubah warna menjadi kehitaman atau kecoklatan. Dan komedo ini paling sering kelihatan di bagian hidung.

Sedangkan komedo whitehead pada wajah terlihat berwarna putih atau kuning. Komedo ini terjadi ketika minyak dan bakteri terperangkap di bawah permukaan kulit lalu mengeras. Biasanya nih kalau kita pencet akan keluar seperti gumpalan berwarna kuning.

Cara Menghilangkan Komedo

Siapa pun pasti gak suka yah kalau di wajahnya ada komedo. Sama seperti jerawat penyebab komedo ini karena minyak berlebih yang terperangkap pada pori-pori kulit. Hanya saja pada jerawat sudah terjadi peradangan. Makannya kalau ada jerawat biasanya pasti bakalan terasa nyeri yah.

Mencuci Muka dengan Scrub

Salah satu cara mengatasi komedo dari wajah adalah dengan mencuci muka. Kamu bisa mencoba sabun cuci muka dengan scrub untuk mengangkat sel kulit mati. Tapi jangan teralu sering melakukan scrubbing yah. Scrubbing berlebih pada wajah akan menyebabkan kulit kering. Nah justru jika kulit sudah kering makan kelenjar minyak akan memproduksi minyak untuk melembabkan kulit. Nanti bisa jadi malah mengundang komedo lagi.

Melakukan Perawaratan dengan Bahan Alami

Bahan-bahan yang ada pada alam memang mempunyai banyak manfaat. Kamu bisa memanfaatkannya sebagai cara menghilangkan komedo dari wajah. Salah satu yang bisa kamu coba adalah dengan menggunkakan lemon. Potong lemon menjadi beberapa bagian. Lalu gosok perlahan pada bagian wajah yang memiliki komedo selama beberapa menit. Setelah itu bilaslah dengan air dingin.

Melakukan Perawatan Dari Dalam

Selain cara menghilangkan komedo dari luar, kamu juga perlu menjaga kesehatan kulit dari dalam. Karena asupan makanan yang kita makan akan sangat berpengaruh pada kondisi kulit. Kurangi memakan makanan yang memiliki lemak tinggi. Karena makanan yang mengandung lemak tinggi akan membuat kulit lebih berminyak. Tentu saja ini akan memperparah komedo pada wajah. Sehingga lebih baik mengurangi makanan berlemak. Perbanyak minum air putih dan makan buah-buahan akan membuat kulit kamu menjadi semakin sehat. Jangan lupa senantiasa olah raga secara terartu agar metabolisme tubuh semakin baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar akan dimoderasi.
Maaf hanya membalas komentar dari author perempuan.

© 2012 JuvMom - Juvenile Mom's Stories | Powered by Blogger | Design by Enny Law