Kamis, 14 April 2016

Ibu Hamil Jangan Makan Ini!

Mempunyai momongan adalah hal yang paling didambakan oleh setiap orang. Namun, dalam menjaga kesehatan ibu hamil dan janin yang ada dalam kandungnya itu merupakan tugas yang berat dan sangat harus diperhatikan oleh seluruh calon ibu. Kehamilan istri bisa mengubah kebiasaan yang sering dilakukan. Perubahan itu disertai dengan tuntutan untuk merubah pola makan. Makanan yang dikonsumsi ibu hamil harus sangat diperhatikan. Karena, makanan yang masuk ke dalam tubuh ibu hamil bukan hanya mempengaruhi tubuhnya sendiri melainkan juga mempengaruhi kesehatan janin yang dikandungnya. (Kunjungi website mimipipi.net untuk mengetahui tips dan info seputar kesehatan ibu hamil).


Makanan merupakan faktor utama yang paling penting untuk mewujudkan kehamilan yang sehat. Dengan memakan makanan yang banyak mengandung nutrisi dan gizi yang cukup dapat membuat keadaan ibu hamil senantiasa menjadi lebih sehat dan segar. Selain berguna untuk ibu hamil, makanan bergizi juga membuat janin dikandungnya akan mendapatkan asupan gizi yang baik yang membuat janin tumbuh sehat saat di dalam kandungan ibunya. Perkembangan bayi saat berada di kandungan sangat dipengaruhi oleh apa yang dimakan oleh ibunya.

Saat mengandung, tubuh calon ibu akan menjadi sangat sensitif terhadap banyak macam hal, makanan juga termasuk didalamnya. Karena itula sebaiknya kita harus memperhatikan beberapa makanan yang harus dihindari ketika hamil agar janin yang ada di kandungan tumbuh dengan baik. Berikut ini beberapa makanan yang seharusnya Ibu hamil tidak memakannya :

Sayuran mentah

Sayuran mentah memang banyak mengandung vitamin dan mineral jika dibanding dengan sayuran yang sudah di masak. Pestisida banyak terdapat didalam sayuran yang masih mentah. Kandungan ini sangatla tidak baik untuk janin. Kecambah juga merupakan sayuran yang harus dihindari dan menjadi pantangan untuk ibu hamil. Karena ukuran kecamba yang sangat kecil membuatnya sangat sulit dicuci dan dihilangkan pestisida yang ada di dalam kecambah.

Seafood

Seafood tidak sepenuhnya harus dihindari karena kandungan omega3 yang ada di dalam ikan laut memang bermanfaat untuk perkembangan otak anak. Selain omega3, di dalam seafood juga mengandung merkuri hal inilah yang dapat membahayakan kesehatan bayi anda. Alangkah baiknya jika anda mengurangi makanan seafood.

Buang Anggur

Anggur adalah buah yang sangat harus anda hindari, karena anggur mengandung panas yang sangat tidak baik untuk perkembangan janin.

Buah Pepaya

Pepaya muda tidak boleh dimakan oleh ibu hamil karena pepaya muda dapat menyebabkan kontraksi pada dinding rahim anda.

Buah Nanas

Rasa asam dari buah nanas membuat ibu hamil muda ingin menyicipinya. Nanas merupakan buah yang bisa membahayakan janin sang ibu yang menyebabkan keguguran. Bagi para ibu hamil, nanas merupakan buah yang paling utama harus dihindari, sebab nanas tidak baik bagi ibu hamil, dan merupakan salah satu dari jenis makanan yang menyebabkan keguguran.

Telur mentah dan setengah matang

Ibu hamil sebaiknya jangan makan telur mentah dan setengah matang karena di sana banyak terdapat bakteri yang membahayakan.

Es Krim

Ibu hamil sangat dilarang untuk makan es krim karena dapat menyebabkan Listeria. Es krim juga menyebabkan kegemukan dan membuat anda susah dalam melakukan persalinan.

Kerang

Kerang sangat tidak baik bagi ibu hamil karena dapat menyebabkan keracunan pada janin.

Hindari alkohol

Bagi calon ibu yang suka meminum alkohol sebaiknya anda menghentikan kebiasaan itu karena alkolhol yang berlebihdan dapat menimbulkan penyakit deformitas.

Berhenti merokok dan hindari asap rokok

Di dalam rokok terdapat efek yang sangat buruk bagi kehamilan. Rokok dan asap rokok dapat menyebabkan kecacatan pada janin dan juga dapat menyebabkan rahim anda mengalami kontraksi dini sebelum waktunya.

Setelah anda banyak mengetahui mengenai makanan yang dilarang untuk para ibu hamil sebaiknya anda harus mengkonsumsi makanan yang lebih baik. Makanan yang sehat bagi ibu hami adalah makanan yang sudah dimasak sampai benar-benar matang dan juga harus memakan makanan yang bersih. Perbanyaklah mengkonsunsi makanan yang tinggi asam folat, omega-3, asam amino, zat besi, serat, vitamin dan mineral.

1 komentar:

  1. Mba kalau es krim ga boleh y?dulu pas hamil qu suka banget es krim sampe dibeliin suami yang kotak gede abiz sendiri. Wah ga tau kalau ga boleh xixixi

    BalasHapus

Komentar akan dimoderasi.
Maaf hanya membalas komentar dari author perempuan.

© 2012 JuvMom - Juvenile Mom's Stories | Powered by Blogger | Design by Enny Law