Minggu, 01 Mei 2016

W'dank Bajigur yang Praktis dan Enak


Surabaya yang panas begini memang gak cocok kalau minum yang anget-anget. Tapi gak ada salahnya dong nyobain minuman seperti bajigur ini. Apalagi nih ada bajigur instan dari W'dank Bajigur dan saya udah lama banget saya gak pernah minum bajigur. Terakhir minum bajigur ini pas saya masih sekolah dasar. Saat itu ibu saya iseng beli bajigur di seorang penjual bajigur keliling. Dulu saya memang penasaran bajigur itu apa. Saya pikir bajigur itu hewan, haha. Saat melihat tukang bajigur saya baru engeh ternyata mereka gak cuma jual bajigur. Ada macam-macam makanan pendampin minum bajigur ini. Seingat saya waktu itu penjual bajigur biasanya juga menjual pisang rebus, lemet dan ubi rebus. Mungkin ada beberapa item lagi yang saya gak tahun namanya apa.

Ternyata bajigur ini minuman khas Sunda yang bahan dasarnya cukup mudah dibuat. Hanya terdiri dari santan, gula merah dan terkadang ditambahkan beberapa rempah lainnya. Menurut saya bajigur ini hampir mirip kuahnya kolak, hehe. Beda dengan bandrek yang lebih kental dengan wangi rempahnya. Meski pun bajigur ini mudah dibuat ternyata ada juga loh yang membuah bajigur ini menjadi minuman instan.

W'dank Bajigur Dari Nutrisari

Gak heran lagi yang dengan minuman dengan label Nutrisari ini? Saya sih bukan pecinta minuman seperti ini tapi semenjak Nutrisari mengeluarkan minuman instan bercita rasa nusantara saya mulai tertarik. Salah satunya ini nih W'dank Bajigur. Minuman khas Sunda ini memang nikmat dihidangkan saat cuaca dingin. Meski di Surabaya gak cocok banget minuman ini tapi tetep aja perlu dicoba, haha.

W'dank Bajigur dari Nustrisari
W'dank Bajigur dari Nustrisari

Tadinya saya merasa kecewa dengan rasa bajigur instan ini karena gak mirip bajigur. Mungkin karena bajigur yang pernah saya minum sudah dimodifikasi oleh penjualnya menjadi lebih berempah. Sedangkan W'dank Bajigur dari Nustrisari ini rasanya lebih original. Saya lebih menyukai bajigur yang ditambahkan rempah-rempah ketimbang sekedar hanya santan dan gula merah. Satu kotak W'dank Bajigur ini berisi empat bungkus wedang bajigur instan.

W'dank Bajigur ini memang disarankan dihidangkan dalam keadaan panas. Pengen sih nyoba bikin es bajigur. Maklum meski udara dingin sekali pun saya tetap gak suka minum minuman hangat. Malahan meski hujan minum es tetep jalan, haha.

Cara Penyajian W'dank Bajigur

W'dank Bajigur ini memang minuman instan tradisional pertama dari Nustrisari. Cara penyajiannya pun sangat mudah. Tinggal tuangkan air panas sebanyak 150 ml kedalam cangkir. Jangan terlalu banyak air karena nanti bisa kurang manis. Saya sendiri gak pake ngukur airnya berapa mili. Pokoknya kira-kira aja jangan terlalu banyak.

Wedang Bajigur Hangat
Wedang Bajigur Hangat

Kalau kepengen beda bisa menikmati W'dank Bajigur ini dengan es. Dan ternyata rasanya lebih enak. Maklum saya bukan pecinta minuman hangat. Jadi males banget minum yang anget-anget. Tambah enak lagi nih minum bajigur ini ditemani dengan ubi dan pisang rebus.

3 komentar:

  1. praktis ya kalau mau bajigur, kalau jaman dulu haru snunggu penjual bajugur lewat

    BalasHapus
  2. Cuz.. kepengen, besok beli ah kalo keluar ke minimarket :))

    BalasHapus
  3. sebenernya aku jg kurang suka ama minuman hangat2 gini, bajigur, bandrek... tapi nth kenapa kalo lg ke tempat2 dingin, minuman begini jadi doyan mbak :D.. krn cuacanya kali ya.. :) ..

    tp blm prnh nih ngerasain wedhang kalo diksh es batu.. :D.. coba ntr kalo beli yg punya nutrisari ini, aku cobain pakees deh

    BalasHapus

Komentar akan dimoderasi.
Maaf hanya membalas komentar dari author perempuan.

© 2012 JuvMom - Juvenile Mom's Stories | Powered by Blogger | Design by Enny Law