Jumat, 03 Juni 2016

7 Tips Latihan 30 Menit yang Setara dengan Olahraga Berjam-jam

Saat ini kita semakin jarang memiliki kesempatan untuk berolahraga sehingga cenderung mudah sakit atau terkena beberapa penyakit seperti obesitas, tekanan darah tinggi, diabetes, radang sendi, atau mengalami penurunan imunitas dan lain-lain. Padahal, berolahraga setidaknya 30 hingga 40 menit setiap hari adalah sebuah kebutuhan agar hidup kita bisa lebih sehat dan bebas dari penyakit.
Ada beberapa cara latihan paling efektif tanpa harus menghabiskan waktu berjam-jam di gym untuk berolahraga agar tubuh lebih kuat, lebih bugar, lebih ramping, dan lebih sehat, ada beberapa tips latihan kebugaran yang tidak terlalu banyak menyita waktu yang bisa kita terapkan, terlebih karena mungkin saja kamu sangat sibuk setiap hari.

1. Biasakan Diri Berolahraga

Sebelum mengikuti tips olahraga pada point-point berikutnya, poin pertama ini harus benar-benar diperhatikan. Mulailah membiasakan diri berolahraga antara 30 hingga 40 menit hingga otot-otot dan sendi-sendi di tubuh terbiasa bergerak sehingga tidak akan mudah cedera.
Fokuslah pada latihan yang melibatkan semua bagian tubuh dan jangan fokus pada beberapa latihan yang khusus seperti latihan otot perut, latihan otot lengan, atau yang lainnya. Selalu awali berbagai latihan dengan pemanasan yang benar dan tepat.

2. Jalani Latihan Intensitas Tinggi

Untuk mendapatkan hasil efektif saat berolahraga, kita harus menjalani latihan dengan intensitas tinggi. Salah satu jenis olahraga yang bisa membantu kita berlatih dalam waktu singkat namun memberikan hasil maksimal adalah senam Tabata.
Selain itu, jika selama ini kamu terbiasa jogging atau hanya berjalan kaki untuk olahraga, mulailah meningkatkan intensitas. Misalnya, sprint bisa lebih efektif dibandingkan dengan lari biasa.

3. Berlatihlah Selama 30 Hingga 40 Menit

Tidak perlu berlatih berjam-jam jika kamu menerapkan latihan intensitas tinggi. Olahraga selama 30 hingga 40 menit di gym atau olahraga sendiri di rumah sebenarnya sudah cukup.

4. Perhatikan Asupan Protein

Tidak banyak orang di Indonesia yang memperhatikan asupan protein pada saat berolahraga dengan intensitas tinggi. Melakukan latihan kekuatan atau kardio membutuhkan protein yang banyak untuk membangun otot. Jadi, pastikan kamu memenuhi kebutuhan protein setiap hari dari daging, ikan, telur, atau kacang-kacangan.

5. Jangan Lupa Minum Air

Hampir 70% bagian dari tubuh kita terdiri atas air dan, kehilangan hingga 2% air dapat menyebabkan kita mengalami dehidrasi. Selama berolahraga, kita seringkali kehilangan banyak air baik melalui keringat, maupun melalui urine. Agar tidak mengalami dehidrasi cukupi kebutuhan air dengan minum air putih setidaknya 2 liter atau lebih sesuai dengan kebutuhan, atau kamu juga bisa menambahnya dari makanan seperti sayuran dan buah-buahan.

6. Lebih Lambat dan Lebih Berat

Khusus untuk latihan angkat beban atau latihan kekuatan, mengangkat beban yang lebih berat dengan cara yang lebih lambat akan memberikan kontraksi otot lebih besar dibandingkan dengan cara yang cepat.

7. Manfaatkan Suplemen

Ada banyak jenis suplemen yang bisa kita manfaatkan untuk tujuan tertentu seperti, membentuk badan, menambah berat badan, mengurangi berat badan dan lain-lain. Suplemen fitness sangat bermanfaat jika kita ingin mendapatkan manfaat yang lebih maksimal dari latihan yang kita lakukan selama 30 hingga 40 menit setiap hari tersebut. Misalnya saja suplemen fat burn yang bisa membantu membakar lemak dan menurunkan berat badan secara alami sambil diimbangi dengan melakukan latihan: tabata, kardio, atau latihan sejenisnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Komentar akan dimoderasi.
Maaf hanya membalas komentar dari author perempuan.

© 2012 JuvMom - Juvenile Mom's Stories | Powered by Blogger | Design by Enny Law