Senin, 20 Juni 2016

Membiasakan Anak Membaca Buku Sejak Dini

Memiliki balita yang sedang senang-senangnya bermain memang membuat saya dan suami senang. Apalagi pertumbuhan Aisyah yang cukup bagus dilihat dari grafik kartu KMSnya. Kadang juga suka senyum-senyum sendiri ketika orang-orang bilang badan Aisyah ini kayak anak umur empat tahun. Padahal sih bukan Aisyahnya yang besar tapi anak-anak di sini yang badannya kecil-kecil. Kalau saya lihat sih karena orang tuanya kurang memperhatikan gizi anaknya. Saya juga gak nyalahin mereka karena perekonomian mereka juga seperti itu. Saya bersyukur meski kadang pasang surut mikirin makan tiap hari tapi tetep bisa ngasih makanan bergizi buat si gembil.

Selain memikirkan gizi si kecil saya juga memikirkan juga bagaimana membiasakan Aisyah untuk melakukan hal yang baik. Salah satunya adalah membiasakan Aisyah untuk membaca buku. Meski saya memang bukan penyuka buku yang freak abis tapi seenggaknya saya juga masih suka baca buku meski milih-milih, haha. Memang gak semua buku saya baca karena menurut saya waktu saya membaca buku itu sangat berharga banget. Jadi saya gak kepengen mengahabiskan waktu saya untuk membaca buku yang kurang berkualitas. Biasanya sih saya lebih suka baca buku mengenai agama.

Bukan Dibaca Tapi Disobek


Aisyah pun, meski bulum bisa baca dan sukanya nyobekin buku sudah mulai saya belikan buku. Mulai dari buku bantal yang gak bisa dirobek sampai buku beneran yang terbuat dari kertas. Lumayan sih sekarang Aisyah sudah gak lagi suka nyobekin buku. Dia sekarang udah bisa bedain mana kertas yang boleh dirobek mana yang gak boleh.

Buku Bacaan Islam untuk Anak
Buku Bacaan Islam untuk Anak

Beberapa buku yang saya beli memang sengaja mengenai agama hanya saja dikemas menarik. Aisyah juga suka karena bukunya berwarna dan bagus. Saya aja ikutan seneng lihatnya, haha. Saya memang belum pernah membelikan buku cerita dongen anak. Karena saya ingin dia terbiasa membaca buku yang lebih bermanfaat. Meski saya juga ingin sesekali membeli buku untuk Aisyah mengenai cerita dongeng untuk selingan bacaan.

Terlalu dini untuk bilang Aisyah gak suka baca karena dia masih kecil dan emang gak bisa baca, haha. Setidaknya sebagai orang tua saya harus berusaha untuk membuat Aisyah suka baca buku. Entah nanti gedenya suka baca buku atau gak. Toh dulunya saya juga gak suka baca buku. Baru setelah besar saya suka baca buku karena saya merasa butuh ilmu, haha.

4 komentar:

  1. Nambah list buku yang mau saya beli buat anak, itu beli dimana mba?

    BalasHapus
  2. Ga masalah nanti udh gedenya suka baca apa ga, klo dibiasakan sjk kecil membaca setidaknya memudahkan si kecil nambah kosa kata baru, ya kan? Tp menurut aku sih.. ga ada yg sia2.. dibiasakan membaca sejak dini, nanti dah gede.. pasti cari2 buku jg krn terbiasa :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyah, yg penting dikenalin dulu. Kalau sering lihat biasanya anak jadi penasaran

      Hapus

Komentar akan dimoderasi.
Maaf hanya membalas komentar dari author perempuan.

© 2012 JuvMom - Juvenile Mom's Stories | Powered by Blogger | Design by Enny Law