Minggu, 05 Juni 2016

Tip Bugar Selama Bulan Ramadhan


Setelah beberapa hari yang lalu saya didiagnosa oleh dokter terkena gejala tifus, saya memang mulai berhati-hati. Kalau dulu ngerjain sesuatu ngoyo banget. Kepengen cepet selesai sampai lupa urusan makan. Karena bentar lagi puasa dan saya gak mau sakit jadilah saya berusaha makan terartur. Gak enak banget dong harus ninggalin puasa gara-gara sakit.

Salah satu cara menjaga kesehatan sebelum Ramadhan, biasanya saya memang memperbanyak makanan makanan sehat seperti sayur. Gak lupa juga untuk selalu minum air putih. Meski terlihat sangat sepele, meminum air putih banget banget manfaatnya bagi tubuh. Selain menghindari tubuh kita dari dehidrasi, air dapat melancarkan fungsi saluran pencernaan. Jadi inget dulu waktu Aisyah masih MPASI. Dia ternyata kurang minum, akhirnya jadi sembelit. Kalau orang tua sembelit sih mungkin bisa mengatasi sendiri. Nah kalau masih bayi kan susah tuh. Segera setelah Aisyah sembelit saya beri minum yang banyak, esoknya Aisyah gak sembelit lagi.

Tip Bugar Selama Bulan Ramadhan

Gak kerasa nih bulan Ramadhan tinggal menghitung hari. Perlu banyak persiapan karena sebulan penuh bakalan puasa dan aktifitas pun masih harus terus berjalan seperti biasa. Bagi yang terbiasa puasa sunnah mungkin gak kaget ya. Tapi bagi yang baru memulai puasa saat Ramadhan mungkin akan cukup kaget dengan perubahan yang tiba-tiba. Tapi gak masalah kok, cobain deh tip bugar selama bulan Ramadhan ini.

Perbanyak Minum Air Putih Saat Bukan dan Sahur

Saat seharian puasa memang kita gak bisa minum seenakanya seperti biasa. Nah manfaatkan waktu sahur dan buka untuk meminum air putih dalam jumlah yang banyak agar tubuh gak terkena dehidrasi.

Makan Makanan yang Menyehatkan

Di bulan yang penuh berkah ini memang segala macam makanan membuat kita tergiur ingin memakannya. Tapi jangan selalu menuruti keinginan untuk memakan makanan yang kurang sehat. Kurangi konsumsi makanan yang dapat memicu penimbunan lemak pada tubuh. Seperti makanan yang bersantan. Selain dapat memicu penyakit maag, makanan ini juga kurang sehat bagi organ tubuh lainnya. Perbanyak makan sayur dan buah saat berbukan mau pun sahur karena makanan ini adalah makanan sehat untuk jantung dan orang penting lainnya pada tubuh.

Jangan Tidur Setelah Subuh

Kebiasaan buruk yang sering dilakukan oleh orang sehabis sahur adalah tidur setelah sholat subuh. Padahal selain dilarang agama, tidur setelah sholat subuh kurang menyehatkan tubuh. Dan dapat menimbulkan rasa malas seharian. Memang sih rasanya pasti ngantuk banget ya. Tapi kalau bisa usahakan untuk melakukan aktifitas lain yang dapat menghilangkan kantuk. Dan kamu bisa tidur kembali setelah matahari mulai tinggi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar akan dimoderasi.
Maaf hanya membalas komentar dari author perempuan.

© 2012 JuvMom - Juvenile Mom's Stories | Powered by Blogger | Design by Enny Law