Rabu, 08 Juni 2016

Tips Menurunkan Kolesterol Tanpa Obat


Penyakit kolesterol tinggi atau hiperkolesterolemia adalah penyakit yang cukup sering menyerang orang Indonesia. Hal ini dikarenakan pola makan yang cenderung kurang sehat. Belum lagi kuliner Indonesia yang beragam ini cenderung berlemak. Saya sendiri juga memang menyukai makanan berlemak. Karena makanan berlemak memang enak. Tapi saya berusaha untuk gak sering mengkonsumsi makanan berlemak karena saya memang lagi program diet, haha.

Terhitung memang berat badan saya melebihi dari normal. Meski gak membuat saya terlihat terlalu gemuk. Tapi tetap saja bagi saya berat badan melebih batas normal adalah bencana. Apalagi tahun depan saya memiliki rencana untuk hamil. Jadi saya memang gak boleh terlalu gemuk, haha. Selain itu berat badan berlebih memiliki resiko terkena kolesterol tinggi.

Tips Menurunkan Kolesterol Tanpa Obat

Kolesterol pada tubuh sebenarnya dibutuhkan tubuh untuk membantu membangun sel-sel baru agar tubuh dapat berfungsi secara normal. Tapi pada kadar yang berlebih, kolesterol ini justru dapat menyebabkan penyakit. Salah satunya meningkatkan resiko terkena serangan jantung dan stroke. Jika ternyata sudah terlanjur terkena penyakit kolesterol ada baiknya mencoba menurunkan kadar kolesterol jahat pada tubuh dengan cara alami sebelum mengkonsumsi obat penurun kolesterol. Berikut adalah tips menurunkan kolesterol tanpa obat.

Mengganti Sumber Karbohidrat

Orang Indonesia memang terbiasa dengan memakan nasi sebagai makanan utamanya. Tapi bagi penderita penyakit kolesterol tinggi nasi bukanlah pilihan yang bagus. Jika ingin menurunkan kolesterol, kamu bisa mengganti nasi dengan gandung sebagai sumber karbohidrat. Dengan mengkonsumsi gandum setiap hari dapat mengurangi kolesterol jahat pada tubuh. Hal ini dikarenakan gandum mengandung zat beta-glukan yang dapat menyerap kolesterol jahat.

Olahraga Secara Rutin

Kunci dari suksesnya menurunkan kolesterol jahat pada tubuh adalah dengan menjalani pola hidu sehat. Dan tentu saja hidup sehat gak bisa didapatkan tanpa usaha. Berolahraga secara rutin dapat membantuk menurunkan kolesterol pada tubuh. Olahraga membantu mengurangi penumpukan lemak berlebih pada tubuh, sehingga berat badan pun lebih terjaga. Selain itu dengan berolahraga tubuh tetap aktif sehingga peredaran darah pada tubuh menjadi lebih lancar.


Berhenti Merokok

Gak disangka ternyata perokok aktif memiliki resiko tinggi terkena penyakit kolesterol tinggi. Gak heran sih, rokok memang menyebabkan banyak penyakit. Ternyata dengan merokok, dapat menghentikan aktifitas kolesterol baik yang berfungsi mengantar timbunan lemak menuju organ hati. Jadi jika memang ingin menurunkan kolesterol, maka harus dapat menghentikan kebiasaan merkoko ini agar usaha menurunkan kolesterol gak sia-sia.

2 komentar:

  1. Olahraga itu jauh dari list saya hahaha...ada cara lain mba pengganti olahraga?paling bisa duduk ditempat :p

    BalasHapus
  2. Kalau nyebut kolesterol saya jadi ingat kebiasaan makan gorengan, parah.. untung cukup rajin berolahraga, tapi gimanapun harus dipangkas dari sumbernya sih.. I'm trying walaupun belum ada keluhan tentang kolesterol..hehe

    BalasHapus

Komentar akan dimoderasi.
Maaf hanya membalas komentar dari author perempuan.

© 2012 JuvMom - Juvenile Mom's Stories | Powered by Blogger | Design by Enny Law