Selasa, 21 Juni 2016

Yuk, Belajar Peraturan Bola Basket Sebelum Ikut Bermain


Basket adalah salah satu jenis olahraga yang mulai banyak digemari dan digandrungi oleh anak-anak muda terutama oleh pelajar. Basket memiliki banyak manfaat terutama untuk melatih ketangkasan, membantu kita untuk tetap fit, dan bahkan, olahraga yang satu ini dianggap sebagai salah satu jenis olahraga yang bisa membantu menambah tinggi badan karena kita sering melakukan loncatan.
Akan tetapi, setiap permainan pasti memiliki peraturan. Begitu juga dengan olahraga basket. Jadi, sebelum mulai bergabung dengan teman-teman yang lain untuk main basket, agar kamu nggak kelihatan kampungan, ada baiknya kamu mempelajari terlebih dahulu peraturan permainan bola basket.

Nah, kalau kamu masih buta sama sekali mengenai peraturan bola basket, berikut adalah beberapa tips dan trik bermain bola basket termasuk peraturannya yang harus kamu tahu.

1. Belajar Drible

Latihan pertama yang harus kamu pelajari adalah bagaimana cara men-drible bola yang benar dan baik. men-drible bola artinya memantul-mantulkan bola ke lantai dengan menggunakan satu atau dua tangan. Bagi pemula, terkadang men-drible bola tidak mudah. Kamu harus melakukannya sering-sering agar terbiasa.

Pertama kali mencoba menerima men-drible, sebaiknya kamu tidak bergerak atau berpindah-pindah. Setelah lancar men-drible ditempat, barulah kamu bisa berlatih men-drible sambil berjalan dan kemudian ditingkatkan sambil berlari.

2. Menembak atau Shoot

Setelah kamu bisa men-dribble baik ditempat maupun sambil berlari, selanjutnya, kamu harus berlatih menembak atau memasukkan bola kedalam keranjang. Pertama-tama, mulailah dengan jarak yang dekat, dan pelajari bagaimana cara melempar bola yang benar. Baru kemudian perlahan kamu bisa meningkatkannya dengan mengambil jarak yang lebih jauh. Kamu bisa melatih menembak dengan diam ditempat terlebih dahulu. Setelah itu perlahan kamu bisa meningkatkannya dengan berlari dan mengambil ancang-ancang.

Saat menembak (shoot) bola kedalam ring sebisa mungkin latihlah dengan menggunakan jari-jari dan bukan menggunakan telapak tangan.

Peraturan Basket yang Harus Kamu Tahu

Beberapa peraturan umum mengenai bola basket yang harus kamu tahu diantaranya adalah:


  1. Bola basket bisa dilemparkan ke segala arah dengan satu atau dua tangan terutama ke arah teman untuk mengoper bola. Namun sebisa mungkin sebaiknya bola tidak keluar dari garis lapangan.
  2. Selanjutnya bola juga bisa dipantul-pantulkan atau di dribble dengan menggunakan telapak tangan akan tetapi tidak boleh menggunakan tinju atau dengan cara meninju.
  3. Seorang pemain basket tidak boleh berlari sambil memegang bola atau menahannya melainkan harus berlari sambil men-dribble atau berlari sambil meng-over.
  4. Bola harus dipegang dengan tangan dan tidak boleh menggunakan anggota tubuh yang lainnya.
  5. Yang juga harus kamu tahu adalah, dalam permainan basket kamu dilarang untuk memukul, menjegal pemain lawan, mendorong, menahan, atau menyeruduk. Apabila kamu memukul bola dengan menggunakan kepalan tangan maka kamu akan terkena pelanggaran. Jika pelanggaran tersebut kamu lakukan tiga kali berturut-turut, maka secara otomatis akan dianggap gol bagi pemain lawan.
  6. Jika bola keluar lapangan, maka bola tersebut harus dilempar kembali ke dalam lapangan oleh pemain yang pertama menyentuhnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Komentar akan dimoderasi.
Maaf hanya membalas komentar dari author perempuan.

© 2012 JuvMom - Juvenile Mom's Stories | Powered by Blogger | Design by Enny Law