Rabu, 21 September 2016

Iritnya Komunikasi Jaman Sekarang


Di jaman yang didominasi oleh ponsel smartphone ini, saya merasa kok sepertinya pulsa jadi makin irit ya. Entah karena komunikasi jadi makin murah apa karena udah gak jomblo. Lalu apa korelasi gak jomblo dan ngirit pulsa? Kalau gak jomblo kan kangen sama suami tinggal colek, haha. Kalau jomblo, nyari temen buat sms-an akhirnya malah jadi boros pulsa karena beda operator tarif SMS juga beda, hah! Apalagi sekarang udah jamannya messenger macam Whatsapp, BBM, Line dan lain-lain. Gak jaman lagi SMS-an yang ada juga chat via messenger. Lebih murah dari pada tarif SMS sesama operator. Akhirnya SMS lama-lama makin ditinggalkan, meski tetep ada juga kok yang masih SMS-an. Tapi jarang banget, apalagi SMS ngabisin pulsa lebih banyak. Gak seperti aplikasi messenger yang chat gratis karena ikutan paket internet.

Komunikasi makin murah dan akhirnya pulsa saya pun jadi awet banget. Sampai-sampai udah habis masa aktif pulsa masih banyak banget. Mau gak mau tetep harus isi pulsa biar nomor gak mati. Apalagi kalau di rumah ada Wifi, udah deh makin awet lagi pulsanya. Paling yang beli paket data suami aja karena lebih sering keluar. Sedangkan saya gak pernah beli paket data karena lebih sering pakai Wifi di rumah. Kalau pun keluar juga pasti sama suami jadi nebeng paket data suami, haha.

Komunikasi Dulu dan Sekarang

Kalau dulu mau nelfon orang sayang banget takut pulsa cepet habis, sekarang justru kebalik. Misalkan ada perlu sesuatu lebih suka telfon aja supaya pulsanya habis, haha. Bayangin aja kadang pulsa bisa sampai lima puluh ribu. Padahal dulu mustahil banget ada sisa pulsa segitu. Kalau lagi gak butuh banget saya transfer ke ibu saya. Kadang malah saya jual murah ke orang yang butuh pulsa. Dari pada mubazir jadi mendingan dijual bisa buat beli pulsa lagi, haha.

Dengan adanya layanan messenger ini saya juga jadi males SMS-an. Bukan hanya karena ngabisin pulsa lebih banyak tapi juga karena responnya lebih cepat kalau pakai chat di messenger. Memang sih adanya smartphone ini memudahkan dan lebih ngirit banget dari pada ponsel jadul. Mesk untuk beberapa orang tua ada yang lebih milih pakai ponsel tradisional. *Ada gitu ponsel tradisional? Yang ada juga Pasar tradisional, haha*

Smartphone bikin komunikasi jadi lebih mudah tapi kadang bikin keki juga.
Credit: pexels.com

Saya juga jadi mudah untuk berkomunikasi dengan keluarga yang jauh di Purwokerto sana. Kalau kangen sama ponakan tinggal video call pake Skype. Jaman dulu kalau mau ketemu kan susah banget harus dateng ke rumahnya. Sekarang lebih mudah. Meski video call juga gak bisa menggantikan pertemuan secara real juga sih. Tapi bisa melihat secara real time aja kadang udah bagus kalau saudaranya jauh di sana.

Tapi gak dipungkiri jaman sekarang komunikasi memang jadi lebih mudah dan irit. Sayangnya kadang dengan kemudahan ini malah menjauhkan yang dekat. Coba deh pas kumpul-kumpul gitu, kadang suka pada sibuk dengan gadget sendiri. Bales-balesan di status temen atau apalah. Saya juga sebel, ketika main ke rumah saudara tapi malah ada yang mainan ponsel dan ngobrol jadi gak nyaman. Karena yang diajak ngomong mendadak budek gara-gara pegang ponsel, haha. Meski itu semua juga tergantung dari orangnya juga tapi kebanyakan kayak gitu sih.

Beli Pulsa pun Jadi Lebih Mudah

Gak cuma komunikasi aja yang makin mudah, sekarang beli pulsa pun gak perlu ke konter pulsa. Duduk manis di rumah aja udah bisa beli pulsa. Caranya dengan isi pulsa online. Banyak banget yang nyediain pulsa online gini. Salah satunya juga marketplace sekelas Tokopedia juga jual pulsa murah. Enakan, mana harga pulsa juga lebih murah dari pada beli di konter pulsa. Orang males kayak saya ya lebih milih buat beli online aja. Yang penting ada ibanking, beres dah, haha. Cuma kadang minimal pembeliannya itu paling kecil isi pulsa dua puluh lima ribu.

Dan gak perlu takut kalau isi pulsa online lama gak masuk-masuk. Saya pernah beli pulsa di Tokopedia, masuknya juga cepet kok gak kalah dari di konter pulsa.

4 komentar:

  1. Saya lagi kangen surat-suratan lewat POS kaya dulu tapi siapa yang bisa saya ajak surat2an :D

    BalasHapus
  2. Pernah beli pulsa via Tokopedia tapi masuknya lama. Faktor operatornya sih. Saya lupa kalau ngisi pulsa atau ngisi kuota operator yang saya pakai itu, kalau lewat jam 12 malam mesti lelet hi hi.

    BalasHapus
  3. Aku juga nda suka kalo lagi ngobrol trus ditinggal online. Kalo ada yg urgen, bentar aja kali, jangan terus dibablasin mantengin hape

    BalasHapus
  4. Belum pernah beli di Tokopedia... lebih murah to?

    BalasHapus

Komentar akan dimoderasi.
Maaf hanya membalas komentar dari author perempuan.

© 2012 JuvMom - Juvenile Mom's Stories | Powered by Blogger | Design by Enny Law