Selasa, 27 September 2016

Ladang Investasi yang Menjanjikan di Indonesia


Menabung uang untuk memenuhi kebutuhan di hari tua adalah sebuah keharusan. Akan tetapi, menabung uang di bank dan membiarkannya mengendap begitu saja tanpa memberikan keuntungan apapun terasa mubazir, mengingat kita bisa memanfaatkan uang tersebut untuk dikembangkan. Misalnya, sebagai modal usaha atau bisa digunakan untuk investasi dibidang tertentu.

Menginvestasikan uang di tempat yang tepat dan menguntungkan adalah cara terbaik mengembangkan uang sekaligus untuk mendapatkan uang tanpa harus terlibat langsung dalam pekerjaan yang sudah pasti akan memakan banyak tenaga.

Di Indonesia sendiri, ada beberapa ladang investasi yang cukup menjanjikan. Selain di sektor industri yang memang tidak diragukan lagi, sektor pertanian juga merupakan ladang investasi yang sangat menggiurkan.

Bukan rahasia apabila negara kita (Indonesia) sangat mengandalkan pertanian sebagai tulang punggung perekonomian nasional. Dikatakan demikian karena pertanian memiliki peranan penting dalam mengentaskan kemiskinan, menyediakan kebutuhan pangan nasional, meningkatkan pendapatan masyarakat, sebagai sumber devisa, dan masih banyak lagi peran penting sektor pertanian yang lainnya.

Berbicara mengenai pertanian, tentu ada banyak sektor pertanian yang tersedia. Lalu pertanyaannya adalah, apa usaha pertanian yang menjanjikan?

Di Indonesia sektor pertanian yang sangat menjanjikan adalah sektor pangan. Sektor pangan, menurut data yang ada selalu tumbuh dan berkembang karena rakyat Indonesia yang jumlahnya terus bertambah. Sehingga kebutuhan akan pangan tidak pernah surut.

Berdasarkan sensus tahun 2015, jumlah penduduk Indonesia mencapai 257,9 juta jiwa. Dan yang pasti, jumlah tersebut akan terus bertambah dari tahun ke tahun. Bertambahnya jumlah penduduk juga diiringi dengan peningkatan kebutuhan akan pangan. Hal inilah yang melandasi tren positif sektor pangan dari tahun ke tahun.

Tingginya jumlah permintaan di sektor pangan harus juga diikuti dengan ketersediaan pangan yang besar. Namun hal tersebut akan sulit tercapai apabila investasi di sektor ini masih kurang. Selain untuk membantu meningkatkan ketahanan dan ketersediaan pangan di Indonesia, berinvestasi di sektor pangan juga akan mendatangkan banyak keuntungan, selain menguntungkan dalam hal finansial, investor yang menanamkan modalnya di Indonesia juga akan membantu membuka lowongan pekerjaan baru sehingga penyerapan tenaga kerja akan lebih banyak dan lebih optimal.

Dengan begitu, secara tidak langsung investor juga akan membantu mengurangi tingkat pengangguran dan kemiskinan di Indonesia. Diantara beberapa ide dan cara untuk berinvestasi di sektor pangan adalah dengan berinvestasi melalui modernisasi alat-alat pertanian dan berinvestasi melalui rantai pasokan pangan.

1 komentar:

  1. kalau dipikir-pikir penduduk indonesia memang sangat banyak sekali ya bu lama lama, ngalahin china nih lama lama

    BalasHapus

Komentar akan dimoderasi.
Maaf hanya membalas komentar dari author perempuan.

© 2012 JuvMom - Juvenile Mom's Stories | Powered by Blogger | Design by Enny Law