Kamis, 22 September 2016

Selamat Tinggal Clodi!


Gak kerasa Aisyah sudah satu tahun lebih menjalankan toilet training. Lama juga ya masa toilet trainingnya. Soalnya saya memang memulainya dengan perlahan. Selain karena saya kadang kurang sabar, saya masih tinggal bersama anggota keluarga lain. Jadi harus menyusuaikan dengan keadaan rumah. Karena toilet training ini bakalan sering bikin rumah kotor dan hati-hati dengan najis. Jadi kalau sudah mulai lelah pakein popok lagi, haha.

Ya gak masalah sih, dari pada memaksakan diri jadi malah bete sendiri. Namanya jadi ibu memang harus pintar mengelola emosi sendiri apalagi orang emosian kayak saya, haha.

Dari satu tahun lebih toilet training ini banyak hal yang sudah tercapai. Salah satunya pernah saya tulis saat toilet trainingnya sudah berjalan delapan bulan. Nah setelah itu Aisyah juga mengalami banyak kemajuan lagi.

Baca juga: Inilah Hasil Dari Toilet Training Aisyah Selama Delapan Bulan

Tidur Tanpa Pakai Popok

Salah satu kemajuan toilet trainingnya baru-baru ini adalah tidur tanpa pakai popok. Kalau biasanya sih tidur siang memang gak pakai popok karena durasinya sebentar. Nah kalau tidur malam masih sering saya pakein popok karena umminya males kebangun buat nganter ke kamar mandi, haha. *Dasar emak males*

Clodi tipe celana gini gak nyaman dipakai untuk tidur.

Tapi karena Aisyah sering mengeluh pinggangnya sakit karena kena karet clodi, saya jadi kasihan kalau makein clodi tiap malam. Clodi yang Aisyah pakai ini tipe pant jadi memang kurang nyaman kalau dipakai untuk bobo. Sedangkan clodi yang tipe popok udah pada gak muat semua. Dan saya sudah lelah beli clodi terus, haha. Apalagi clodi sekarang mahal-mahal. Toh Aisyah sudah gak butuh banget dengan clodi dan saya pun udah punya banyak.

Baca juga: Review Cloth Diaper : Ecobum Pull Up Pant

Akhirnya kami membuat kesepakatan dengan Aisyah. Kalau Aisyah gak mau pake popok malem, Aisyah gak boleh pipis di kasur. Akhrinya si gembil ini menyetujuinya, sehingga tiap malam selalu menolak dipakein clodi.

Awalnya kami memang was-was takut kasur banjir pas malam-malam. Jadi kami pakaikan perlak di bawah kasur. Alhamdulillah sejauh ini Aisyah gak mengompol kalau malam hari. Aisyah pun tiap kali mau tidur selalu berusaha pipis dulu dan mengurangi minum. Meski gak saya suruh ngurangin minum sih tapi dia sendiri yang kadang menolak ketika dikasih minum malam hari. Kecuali dikasih minum susu ya, itu gak mungkin nolak, haha.

Mulai Menolak Pipis di Pospak

Satu hal lagi yang membuat saya belum lulus dari toilet training adalah Aisyah masih pakai popok ketika berpergian. Nah ini PR yang lumayan susah sih buat saya. Meski Aisyah sudah bisa menahan pipis untuk pipis di kamar mandi, saya masih gak percaya diri untuk membiarkan Aisyah pergi ke suatu tempat tanpa pospak (popok sekali pakai). Meski ada clodi saya memang kalau keluar makein pospak. Soalnya kalau pakai clodi terlalu tebel.

Baca juga:Tips Memilih Clodi Untuk Bayi Baru Lahir

Tapi beberapa kali saya bawa untuk kajian dia sering menolak untuk pipis di popok. Dia selalu minta di antar ke kamar mandi untuk pipis. Dan saat saya cek memang pospaknya ternyata masih kering. Memang sih jadi gak praktis kalau Aisyah gak pakai pospak ketika berpergian. Tapi saya sebenarnya juga ingin agar Aisyah bisa full gak pakai popok sama sekali. Selain ngirit anggaran beli popok, jadi gak nyampah juga. Tapi sekarang sih bener-bener ngirit banget jarang beli pospak. Pospak isi 7 bisa awet sampai sebulan, malah kadang lebih. Tergantung Aisyah sering pergi jauh apa gak.

Biasanya Aisyah gak pake popok hanya kalau pergi ke rumah saudara yang deket. Kalau pergi ke tempat yang kami belum tahu seluk beluknya biasnaya dipakein pospak. Takutnya gak ada kamar mandi buat Aisyah, kan repot tuh, hihi. Melepas anak gak pakai popok saat berpergian memang butuh keberanian. Kalau yang ini saya harus belajar pelan-pelan. Semoga saja tahun depan Aisyah sudah lepas dari popok apa pun.

Waktunya Clodi Pensiun

Nah akhirnya setelah Aisyah gak pakai clodi saat malam, sekarang saya jarang banget nyuci clodi. Padahal dulu sih masih nyuci clodi meski cuma satu. Sekarang malah hampir gak ada clodi di cucian. Clodinya sudah waktunya pensiun dan diturunkan ke adiknya, hihi. Kayaknya saya harus mulai striping clodi dan disimpan untuk nanti. Dan mulai program hamil #eh.

7 komentar:

  1. clodi enak dipakai ya, en? bisa awet berapa tahun, en?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayaknya sih nyaman, aku belum pernah pake sendiri, haha. Lumayan lama nih, dua tahun lebih, masih bgs

      Hapus
  2. saya dulu gak pake clodi, pakainya diaper. Anak pertama saya gak pake diaper lagi karena memang dianya udah gak mau, dan anak yg kedua, saya yg mengendalikan pemakain diaper :)

    BalasHapus
  3. Hallah, akhirnya.. keininan sebenarnya diungkapkan, (program hamil lagi) wkwkkwww.. selamat Aisyah.. Kinza nyusul yaaa..

    BalasHapus
  4. Waaaahhh, Mak kereeeen konsisten dgn clodi. Aisyah juga kerreennn, udh lulus toilet training. Saya belum, udh niat tp blm dilaksanakan ke Faraz.

    Semoga cepat isi lagi yah Mbak, biar clodinya gak lama pensiunnya, heheheh

    BalasHapus
  5. Emang kudu telaten ya...anakku dulu ga kenal clodi hihihi taunya diaper doang.

    BalasHapus

Komentar akan dimoderasi.
Maaf hanya membalas komentar dari author perempuan.

© 2012 JuvMom - Juvenile Mom's Stories | Powered by Blogger | Design by Enny Law