Selasa, 13 September 2016

Tips Menghilangkan Bau Kambing Saat Dimasak


Sebelumnya, Selamat hari raya Idul Adha yah teman-teman. Udah pada masak apa aja? Dari kemarin saya kenyang makan sate. Entah itu sate ayam, sapi sampai kambing. Padahal saya gak doyan sate kambing. Tapi karena kemarin dapet bagian daging kambing cukup banyak dari masjid jadi hari itu juga disate. Saya sih sudah gak kepengen makan aja, soalnya sate kambing itu baunya agak gemana gitu. Eh gak tahunya pasa udah mateng kok rasanya gak bau-bau amatlah. Entah karena memang kambingnya jenisnya bukan gibas atau apa, gak tahu juga.

Tapi yang pasti puas banget makan sate. Dan hari ini ibu mertua bikin bakso setelah dapet daging sapi dari saudara. Senangnya tahun ini berlimpah daging, hihi. Cuma ya gitu lirik timbangan, jangan-jangan meledak, haha.

Tips Menghilangkan Bau Kambing Pada Sate

Bagi beberapa orang yang gak suka kambing tentu saja baunya cukup mengganggu. Tapi tetep aja ada juga orang yang suka makan daging kambing tapi gak suka kalau baunya terlalu menyengat. Nah untuk menghilangkan bau kambing yang khas pada sate, ada beberapa tips yang bisa dicoba nih.

Lumuri Perasan Jeruk Nipis

Jeruk nipis memang jadi jeruk yang paling dicari kalau lagi hari raya Idul Adha gini. Gemana gak, berbagai olahan daging rasanya akan lebih nendang kalau ada perasan jeruk nipis. Nah, ternyata selain bisa membuat rasa lebih sedap, jeruk nipis ini juga bisa menghilakan bau kambing yang kurang sedap. Caranya dengan melumuri daging kambing yang sudah dipotong-potong dengan dengan perasan jeruk nipis. Baunya lumayan hilang. Dan orang yang gak doyan kambing kayak saya ini masih doyan makan sate setelah dagingnya diberi perasan jeruk nipis. Rasanya memang agak asam dikit tapi gak ngaruh banget kalau dimakan dengan bumbu sate.

Rendam dengan Potongan Nanas

Selain menggunakan perasan jeruk nipis alternatif lain untuk menghilangkan bau kambing adalah dengan menggunakan nanas. Selain dapat meeredam bau kambing dengan potongan nanas ini rasanya pun jadi lebih enak dan daging lebih empuk. Sayangnya tiap kali Idul Adha nyari nanas gak ada melulu. Saya tahu tips ini dari Bango, hihi. Kalau gak salah dari bookletnya Bango.

Nah kalau untuk menghilangkan bau kambing pada olahan makanan lainnya, biasanya nih bisa menggunakan rempah-rempah yang banyak agar bau kemabing tertutup bau rempah. Biasanya kalau bikin gule, beberapa rempah seperti kayu manis, kapulaga dan kembang lawang ikut dipakai. Selain rasanya jadi lebi enak bau kambing pun bisa gak tercium yang ada wangi gule, hihi. Selamat mencoba yah.

6 komentar:

  1. Aku pernah tahu ini. Tp kdg males ya nyari2 jeruk ato nanas

    BalasHapus
  2. tips yang kedua tu yang ibuku sering ajarkan,

    BalasHapus
  3. ngapainn.. gak bau kambing gak seru hahhaa, itu aku sih :)), ndi satene.. gak bagi bagi

    BalasHapus
  4. daging udah di potong dulu baru direndam nanas. Di blender dulu Mbak nanasnya kalau mau cepet, trus direndam 5-10 menit, jangan lama-lama. Kalau mau nyate, dagingnya udah ditusukin baru direndam.

    BalasHapus
  5. Ga kbagian kambIng th ini karenA kurbannya sappi bareng keluarga

    BalasHapus

Komentar akan dimoderasi.
Maaf hanya membalas komentar dari author perempuan.

© 2012 JuvMom - Juvenile Mom's Stories | Powered by Blogger | Design by Enny Law