Jumat, 11 November 2016

Apa Itu Bingung Puting?


Bingung puting mungkin terdengar aneh bagi para ibu yang masih baru. Gak heran sih dulu saya juga asing dengan istilah tersebut. Bingung puting dapat diartikan sebagai kondisi di mana sang bayi gak mau menyusui pada ibu. Keadaan bingung puting ini bisa bikin seorang ibu baper akut. Apalagi didukung dengan kondisi sekitar yang gak pro ASI bikin bikin ibu semakin stres.

Dulu waktu pertama kali menyusui, saya memang masih kesulitan membuat Aisyah dapat menyusu dengan baik. Maklum dong kan baru jadi ibu dua hari, masih perlu belajar banyak. Belum lagi digopohin sama orang-orang harus begini dan begitu. Saya juga risih ketika lagi nyusuin dilihatin orang meski sama-sama perempuan.

Penyebab Bingung Puting

Bingung puting ini gak terjadi begitu saja, ada sebab yang melatarbelakangi terjadinya bingung puting pada bayi. Sebelum mengetahui cara mengatasi bingung puting, cari tahu dulu yuk penyebab bingung puting!

Pemberian Dot Terlalu Dini


Pemberian do terlalu dini bisa berdampak bingung puting.

Salah satu penyebab bingung puting adalah pemberian dot yang terlalu dini. Mungkin heran ya, kenapa kok minum ASI dengan dot bisa bikin bingung puting? Ternyata hal ini dikarenakan menyusu langsung dari dot lebih mudah ketimbang menyusu langsung dari payudara. Jadi sang bayi bisa saja merasa kesulitan dan gak sabaran menunggu ASI keluar dengan deras. Itulah mengapa akhirnya sang bayi lebih suka minum dari dot.

Bayi Kesulitan Menyusui

Selain dikarenakan pemberian dot yang terlalu dini, bingung puting juga dapat disebabkan karena sang bayi kesulitan menyusui. Karena dengan menyusui langsung dari payudara sang bayi dituntut untuk menyedot puting agar dapat mengeluarkan susu.

Tapi hal ini tidak berlaku untuk semua bayi ya. Ada juga yang meski diberi dot, tetap mau menyusu lewat payudara. Semua memang tergantung takdir, eeaaaa.

Cara Mengatasi Bingung Puting

Jika bayi sudah terlanjut mengalami bingung puting, Bunda gak perlu panik. Hal ini masih bisa ditolong kok. Tapi jangan disepelekan juga ya masalah bingung puting ini. Karena bisa berdampak sang bayi gak mau lagi menyusui langsung lewat payudara.

Berhenti Memberikan Dot untuk Sementara



Gak dipungkiri memberikan dot memang cara paling mudah untuk menyusui bayi. Siapa saja bisa menyusi bayi dengan dot. Tapi ya gitu deh efek buruk dari dot ini sang bayi jadi bingung puting. Berhenti memberikan dot pada bayi akan membantu sang bayi move on dari dot. Bunda bisa menggunakan cup feeder atau mungkin sendok ketika akan memberikan ASIP. Memang sih ribet, tapi dari pada bayi jadi bingung puting kan?

Menyusui dengan Posisi yang Nyaman

Ketenangan hati sang ibu saat menyusui juga dapat mempengaruhi sang bayi loh. Kalau bisa saat menyusui Bunda harus tenang dan menikmati aktifitas menyusui. Jangan hiraukan kata-kata orang yang bisa bikin Bunda jadi merasa galau. Menyusui yang nyaman bagi beberapa orang mungking berbeda posisinya. Tapi intinya saat menyusui, bayi harus sejajar dengan payudara. Duduk pun harus di tempat yang nyaman dan empuk biar gak mudah lelah. Jangan lupa untuk pakai baju yang nyaman biar gak cepet gerah. Jangan lupa perhatikan juga kenyamanan bayi saat menyusui, usahakan bayi juga gak kegerahan dan dapat bernafas dengan baik saat menyusui.

Jangan Menyerah Menyusui!

Menyusui memang gak mudah, ada aja halangannya tapi Bunda jangan menyerah ya! Biarin orang mau ngomong apa, kadang memang sering ada bisikan sesat yang bilang kalau anaknya dikasih sufor aja kalau gak mau nyusu ASI. Mungkin ASInya gak enaklah atau apalah. Tapi percaya deh, bukan karena ASI-nya gak enak. Tapi sang bayi lagi kesulitan menyusui! Gak ada ASI yang gak enak! Semua ASI rasanya sama, suruh aja tuh orang yang bilang ASI gak enak minum ASIP, haha. Maaf baper, keingetan dulu suka dibilang ASI-nya gak enak, kan sedih, huhuhu. Inget ya sufor cuma boleh dikasih ke bayi kalau ibunya memang gak sanggup nyusuin karena sakit atau masalah medis lain. Bukan karena ibunya gak mau berusaha menyusui. Jelas beda ya! Selama masih bisa menyusui kenapa harus pakai sufor?

4 komentar:

  1. biasanya masalah ini bikin Ibu baru panik, Ibu yang baru beranak satu...

    BalasHapus
  2. Kdg putingnya kecil, sementara bayi cowok doyan minum. Mgkn itu jg masuk kali ya

    BalasHapus
  3. Yapp, sebagai anak kesmas aku pun sependapat bahwa ibu nggak boleh menyerah menyusui
    Wajib enam bulan buibuuukk, asi eksklusif

    Kalau perlu malahan pas baru brojol bayinya mesti nyari puting nya sendiri (Inisiasi Menyusui Dini / IMD) bisar enggak kejadian bingung puting

    Semoga banyak buibu yang baca ini ya Mama Aisyaaha ^^

    Thanks for sharing
    Insya Allah bermanfaat banget mbak artikelnya ^^

    BalasHapus
  4. Anakku yg pertama bgung puting, gegara dikasih dot sama bu bidan, sedih sama bingung mamahnya jadi serba salah anak ga bs menyusui lgsg

    BalasHapus

Komentar akan dimoderasi.
Maaf hanya membalas komentar dari author perempuan.

© 2012 JuvMom - Juvenile Mom's Stories | Powered by Blogger | Design by Enny Law