Minggu, 06 November 2016

Memasak Olahan Sayur yang Simpel

[Sponsored Post]



Nyadar gak sih kebiasaan minum es, makan gorengan atau makan junk food itu sebenernya gak bagus. Saya sih sadar banget, tapi gemana lagi ya, gorengan tuh enak, hahaha. Apalagi minum es udah jadi keharusan. Kalau gak minum es rasanya hidup hampa, haha. Tapi semenjak menikah saya sudah mulai jarang minum es. Kalau dulu minum air putih aja harus dingin, kalau gak dingin gak semangat. Sekarang meski gak minum air es gak masalah pokoknya minum deh. Padahal Surabaya panas, tapi saya justru gak kecanduan minum air es. Dulu di Purwokerto dingin tapi hobi banget minum air es. Aneh ya? HAAAHAA.

Sebenernya sih karena saya mulai sadar, ternyata gak enak kalau harus minum es terus. Padahal gak selalu bisa bikin air es. Rasanya air biasa jadi kurang enak. Bisa dibilang mengurangi nikmat minum air yang gak dingin. Akhirnya saya mulai stop minum air es hingga sekarang. Meski tetep ya minum dingin itu jadi favorit tapi gak separah dulu, kalau minum air putih aja harus dingin. Paling kalau pengen yang dingin-dingin ya beli es oyen aja atau dinginin susu Ultranya Aisyah di kulkas, haha.

Selain berhenti minum air dingin saya juga berusaha untuk banyak makan sayur dan buah. Karena gak dipungkiri salah satu tips pola makan sehat adalah dengan memperbanyak makan sayur dan buah. Qodarulloh, saya dan suami memang sama-sama suka makan sayur dan buah. Jadi ketika di rumah masak daging terus kami berdua kadang merasa bosan dan kangen dengan makan sayur-sayuran. Tak dipungkiri sayuran memang membuat tubuh jadi sehat dan bikin lahap makan. Apalagi nih kalau pas lagi makan penyetan ada kemanginya, tambah semanget deh makannya. Tapi jangan coba-coba makan kemangi tanpa dibarengi dengan lauk lain, rasanya pahit dan sedikti aneh. Entah kenapa kalau dijadikan campuran di lotek atau lalapan kok malah jadi enak ya.

Memasak Olahan Sayur yang Enak

Salah satu cara agar memakan sayur gak ngebosenin adalah dengan memasaknya bervariasi. Paling gampang memang masak sayur ditumis dan diberi penyedapa seperti udang atau daging. Meski begitu kadang gak pake penyedap berupa daging pun tetep enak loh. Salah satu olahan sayur yang saya sukai adalah tumis sawi putih dengan orek telur. Caranya mudah banget, pertama tumis bawang putih hingga harum, masukan sawi putih, masak hingga layu. Tambahkan garam secukupnya, lalu ceplok sebutir telur dan aduk-aduk hingga rata. Buat yang gak suka bau amis telur mungkin gak akan suka dengan tumisan macam ini. Kalau saya sih suka banget, bisa ngabisin banyak nasi kalau gini, haha.

Ada lagi olahan sayur yang mudah dibuat dan gak ribet. Tumis tauge dan tahu. Ini andalah kalau lagi males dan lama-lama di dapur. Cukup siapin tahu yang sudah dikukus, bawang putih dan bawang merah, cabe jika suka. Tumis semua bumbu lalu masukan tahu yang sudah dikukus, dan tauge, masukan garam, masak hingga tauge agak layu. Kalau mau tambah enak bisa juga pakai saus tiram tapi saya jarang sih pake saus tiram kalau numis tauge.

Kalau temen-temen biasanya bikin olahan sayur yang seperti apa? Kasih tahu dong.

5 komentar:

  1. Aku kalo sayur sukanya rebus, oseng2

    Dan juarang bgt minum es

    BalasHapus
  2. seringnya yang nggak sehat itu justru lebih enak emang sih enny :P

    BalasHapus
  3. Saya termasuk yang makannya masih kebanyakan gorengan, termasuk olahan sayur, sukanya kalau gak yang ditumis ya santan. Ckck..

    BalasHapus
  4. aku juga suka kalau numis, ditambahin saus tiram. Mbak, aku juga sering kepingin gorengan, trus kalau udah deket tukang gorengan, langsung gak jadi belok.

    BalasHapus
  5. saya lebih senang di tumis, tapi suami bosenan :( padahal kan nyari ide masak ga gampang

    BalasHapus

Komentar akan dimoderasi.
Maaf hanya membalas komentar dari author perempuan.

© 2012 JuvMom - Juvenile Mom's Stories | Powered by Blogger | Design by Enny Law