Senin, 21 November 2016

Beberapa Persiapan Presentasi di Depan Kelas

Mulai kapan sih sebenarnya ada presentasi di depan kelas? Setiap orang berbeda-beda mulai kapan mereka mengenal presentasi. Saya pribadi mengenal presentasi sejak masih duduk di bangku Sekolah Dasar. Presentasi yang saya lakukan dulu masih menggunakan kertas karton yang digambar lalu diganti-ganti ketika materi berubah. Saya juga masih menjumpai menggunakan proyektor manual dengan pantulan cahaya lampu oleh cermin dan yang penyampaian materinya menggunakan plastik mika dan ditulis dengan spidol permanen. Kalau sekarang zaman sudah modern, presentasi di depan kelas sudah jamak menggunakan laptop yang dihubungkan ke proyektor. Meskipun proyektor canggih sudah banyak digunakan, saya masih sempat menjumpai salah satu dosen yang notabene sudah sangat tua saat saya kuliah dulu menggunakan proyektor manual.

Proyektor Mini

Kembali lagi ke topik presentasi. Omong-omong apa saja sih yang perlu dipersiapkan saat akan presentasi di depan kelas? Setidaknya beberapa hal ini yang saya lakukan sebelum presentasi.

Yang pertama kali saya siapkan adalah materi yang akan dipresentasikan. Bayangkan saja jika kamu tidak mempersiapkan materinya, tentu saja presentasi yang akan kamu jalani akan kacau. Tak hanya menyiapkan materi saja, kamu juga harus menguasai materi yang akan kamu sampaikan. Karena nantinya bakal ada yang tanya mengenai topik yang kamu bahas.

Yang kedua adalah buatlah slide presentasi yang bagus. Apa sih parameter bagus untuk ukuran slide presentasi? Ada beberapa hal yang menjadi parameter bagus tidaknya sebuah slide presentasi, antara lain: tatak letak, pilihan warna teks dan latar belakangnya, gambar pendukung harus beresolusi tinggi, urutan materi, dan jangan terlalu banyak menggunakan efek transisi atau animasi yang malah membuat slide yang kamu bawakan terlihat lebay.

Selain kedua hal itu, hal lainnya yang harus dipersiapkan adalah kamu harus menyiapkan beberapa antisipasi jika nanti ternyata ada ketidakcocokan aplikasi slide yang kamu buat dengan komputer tempat presentasi. Untuk itu biasanya yang paling aman adalah dengan membawa laptop milik sendiri yang sudah jelas didukung software-nya. Namun, itu pun kadang masih menyisakan sebuah masalah. Masalah yang sering muncul adalah perbedaan port. Terkadang untuk laptop keluaran terbaru tidak ada VGA port-nya, hanya ada HDMI port saja. Padahal banyak sekali di sekolah maupun kuliah yang masih menggunakan VGA port. Untuk itu kamu juga harus menyiapkan konverternya.

Jika tiga hal itu sudah kamu lakukan. Hal selanjutnya adalah kamu harus mengetesnya satu hari atau satu jam sebelum presentasi dilakukan. Hal ini demi kelancaran kamu saat presentasi nanti. Jika terdapat ada masalah, setidaknya kamu masih punya waktu untuk menemukan solusinya.

Itulah beberapa hal yang perlu dipersiapkan ketika kamu akan presentasi di depan kelas. Jika kamu ingin aman, kamu bisa membeli proyektor sendiri yang bisa kamu tes sebelumnya di rumah. Apalagi sekarang sudah ada proyektor mini yang harganya relatif murah. Harga proyektor mini murah ini berkisar 900 ribuan. Sangat terjangkau jika dibandingkan dengan kamu beli proyektor ukuran normal yang harganya berkisar 5 jutaan.

1 komentar:

  1. bisa jadi pertimbangan kalau ingin cari proyektor murah :)

    BalasHapus

Komentar akan dimoderasi.
Maaf hanya membalas komentar dari author perempuan.

© 2012 JuvMom - Juvenile Mom's Stories | Powered by Blogger | Design by Enny Law