Senin, 30 Januari 2017

Persiapan Penting Menjalankan Ibadah Umrah

[Sponsored Post]



Pergi menjalankan ibadah umrah membutuhkan banyak persiapan, mulai dari biaya, fisik, ilmu, mental, termasuk apa saja yang harus dibawa, manajemen waktu, hingga persiapan-persiapan pendukung ibadah seperti memperbaiki diri atau membuat diri menjadi lebih baik.

Pentingnya persiapan umrah tidak boleh diabaikan dan diremehkan mengingat, persiapan yang matang dan baik akan membuat ibadah umrah jauh lebih lancar sehingga target bisa tercapai.

Mempersiapkan Dana

Banyak hal yang bisa kita lakukan untuk mempersiapkan dana umrah. Namun yang paling penting adalah, kita harus menggunakan dana atau sumber uang yang halal dan didapatkan dengan cara yang baik.

Segala sesuatu yang akan kita gunakan untuk beribadah, termasuk juga dalam kehidupan sehari-hari haruslah sesuatu yang halal terutama uang. Dengan uang yang halal dan didapatkan dengan cara yang baik akan mendatangkan berkah tidak hanya dalam kehidupan melainkan juga saat pergi beribadah.

Persiapan Fisik

Kadangkala untuk mengumpulkan uang sedemikian banyak kita membutuhkan waktu yang sangat lama. Tidak jarang diantara kita yang mampu mengumpulkan uang untuk pergi beribadah umrah ketika usia tidak lagi muda. Tentunya, faktor usia juga akan mempengaruhi kondisi fisik.

Oleh sebab itu, persiapan fisik tetap harus dilakukan. Diantara persiapan-persiapan yang dirasa perlu untuk dilakukan antara lain:
  • Rutin berolahraga untuk menguatkan stamina.
  • Mengkonsumsi makanan sehat untuk menjaga agar imun tubuh tetap terjaga.
  • Rutin melakukan lari pagi (jogging)

Menambah Ilmu Pengetahuan

Ilmu pengetahuan yang dimaksud adalah ilmu seputar ibadah umrah. Karena ibadah umrah memiliki tata cara sendiri layaknya ibadah haji. Jadi, agar ibadah umrah sempurna, kita perlu memperbanyak pengetahuan seputar rukun dan tata cara serta syarat-syarat yang harus dipenuhi ketika umrah. Begitu juga dengan ilmu seputar pantangan-pantangan hingga fidyah yang harus dibayarkan apabila kita melakukan pelanggaran.

Selain itu, kita juga perlu menambah hafalan doa-doa karena ini merupakan salah satu bentuk ibadah yang akan membuat kita jauh lebih dekat dengan Allah. Jadi alangkah baiknya jika kita membekali diri dengan doa-doa yang sekiranya penting yang ingin kita panjatkan kepada Allah.

Memperbaiki Diri Menjadi Lebih Baik

Memang, tidak hanya ketika kita akan pergi ibadah umrah atau haji kita diharuskan untuk selalu memperbaiki diri untuk menjadi orang yang jauh lebih baik daripada sebelumnya.

Walaupun bentuk perbaikan-perbaikan tersebut sederhana namun dampaknya tentu akan sangat positif dalam kehidupan kita sehari-hari dalam rangka mendekatkan diri kepada Allah.

Bentuk-bentuknya bisa seperti: sholat tepat waktu, rajin sholat berjamaah, memperbanyak bacaan Al Quran, memperbanyak amalan-amalan sunnah termasuk shalat sunnah, menjauhi perbuatan syirik, menyambung tali silaturahmi, berbuat baik terhadap tetangga dan orang tua, dan lain-lain.

Itulah beberapa persiapan penting sebelum menjalankan ibadah umrah yang rasanya perlu untuk dilakukan. Tentunya, selain persiapan-persiapan di atas, bentuk-bentuk persiapan lain juga tidak kalah penting. Termasuk niat, berdoa dan bertawakal, membersihkan diri dari dosa, hingga memperbanyak shodaqoh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar akan dimoderasi.
Maaf hanya membalas komentar dari author perempuan.

© 2012 JuvMom - Juvenile Mom's Stories | Powered by Blogger | Design by Enny Law