Selasa, 21 Februari 2017

Rumah Hemat Listrik Dengan Lampu Solar Panel Surya

Pengembangan energi terbarukan dengan memanfaatkan sinar matahari kini sudah berkembang dengan pesat. Hal ini semakin berkembang dengan ditemukannya panel surya yang dapat memproduksi listrik dari tenaga surya.


Anggota Dewan Energi Nasional, Rinaldy Dalimi menuturkan bahwa, kemajuan pembuatan listrik tenaga surya semakin hari semakin murah dan mudah diproduksi. Bahkan telah banyak yang mengembangkan teknologi ini dengan menciptakan sebuah perangkat yang disebut solar cell roof top berukuran 1 meter persegi. Panel surya ini dapat menghasilkan listrik kurang lebih 100 Watt setiap harinya untuk menghidupkan lampu solar. Harga jual lampu solar dan perangkatnya ini hanya Rp 2 juta saja. Selain ramah lingkungan, juga dapat menghemat pengeluaran listrik setiap bulannya.

Selain harga jual lampu solar roof top cukup terjangkau, pemasangan lampu solar panel pun sebenarnya sangat mudah. Berikut cara pemasangannya.

Cara Pemasangan

  1. Posisikan panel surya harus menghadap sinar matahari langsung. Hal ini dikarenakan semakin panel surya berkontak langsung dengan matahari, maka semakin ekfektif pula penyerapan energi listrik yang dihasilkan untuk lampu solar. Posisi matahari dapat dikatakan relatif karna berubah - ubah tiap waktu. Tempatkan panel surya pada posisi yang tepat dimana perubahan posisi matahari tidak akan mengurangi kapasitas penyerapan energi listrik dari panel surya.
  2. Disarankan menggunakan dudukan saat memasang panel surya. Dudukan ini dapat membantu pemasangan panel surya di atap agar lebih maksimal.
  3. Selanjutnya, rangkai panel surya yang berada diatap dengan Solar Charger Controller yang berfungsi sebagai kontrol proses pengisian muatan listrik dari panel surya ke aki.
  4. Pasang juga aki sebagai media penyimpan muatan listrik. Dimana aki ini akan menyuplai arus listrik yang besar pada awal menghidupkan mesin.
  5. Setelah aki dipasang, Inverter juga wajib di pasang dalam perakitan panel surya untuk rumah. Inverter disini berfungsi untuk mengubah arus DC dari aki manjadi arus AC yang digunakan untuk menghidupkan lampu solar.

Rangkai semua peralatan tersebut kurang lebih sesuai dengan skema berikut:


Setelah semua terpasang dan dirangkai sesuai dengan skema, maka lampu solar sudah dapat digunakan dan diaplikasikan pada rumah Anda. Memang terdengar sedikit rumit, namun dalam aplikasinya sangat mudah di pasang.

Dibandingkan membayar biaya listrik bulanan yang mahal, lebih baik pindah ke lampu solar. Walaupun harga jual lampu solar ini cukup mahal, 2 juta. Namun setelah lampu solar ini dipasang, Anda tidak perlu khawatir dengan biaya listrik bulanan lagi. Karna sudah pasti murah.

2 komentar:

Komentar akan dimoderasi.
Maaf hanya membalas komentar dari author perempuan.

© 2012 JuvMom - Juvenile Mom's Stories | Powered by Blogger | Design by Enny Law