Sabtu, 20 Mei 2017

Ciri-Ciri Penyakit Jantung yang Tidak Boleh Disepelekan

Ciri-Ciri penyakit jantung tidak boleh dianggap sepele, karena akibatnya bisa sangat berbahaya apabila sudah semakin parah. Menurut data dan fakta, penyakit jantung merupakan penyakit pembunuh nomor satu di dunia. Tak terhitung sudah berapa nyawa yang sudah melayang akibat menderita sakit jantung. Oleh karena itu setiap orang dianjurkan untuk menghindari hal-hal yang bisa mengakibatkan penyakit jantung dan mewasapadai gejala-gejala yang ditimbulkan.


Kenali Ciri-Ciri Penyakit Jantung Sejak Dini

Penyakit jantung tidak pernah memilih siapa yang akan dihinggapi, berapapun usianya, bayi atau dewasa, laki-laki atau perempuan, semua berpotensi terkena penyakit jantung. Itu dia sebabnya mengapa Anda perlu mewaspadai gejala-gejala yang sering dianggap sepele tersebut. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah beberapa ciri-ciri penyakit jantung yang perlu diwaspadai sejak dini.

1. Pusing atau Sakit Kepala

Apakah Anda sering pusing atau sakit kepala? Jangan anggap remeh gajal tersebut. Bisa saja sakit kepala itu merupakan salah satu gejala awal penyakit jantung. Kondisi ini bisa terjadi ketika mata Anda tersorot jahaya. Hal itu akan membuat denyut jantung melambat atau berubah justru menjadi lebih cepat. Pada saat itulah seseorang yang mengalami sakit jantung akan mengalami sakit kepala atau migren. American Academy of Neurologi menyebutkan bahwa gejala ini diakibatkan oleh penyimpangan sirkulasi darah.

2. Nyeri di Dada

Seorang yang menderita penyakit jantung sering digambarkan dengan memegang dada bagian kiri. Itu menandakan adanya nyeri yang di rasakan pada bagian tersebut. Memanglah tidak semua gejala nyeri di dada adalah ciri-ciri sakit jantung. Tapi Anda perlu ketahui bahwa pada ciri sakit jantung, nyeri dada tersebut diakibatkan oleh adanya arteri yang tersumbat. Hal itu membuat sirkulasi darah menjadi tidak lancar. Bahkan bisa sampai tidak mengalir dan membuat tubuh mati rasa.

3. Sering Sesak Napas

Seperti dilansir dari http://dedaunan.com/mengenali-ciri2-penyakit-jantung/ gejala lain yang perlu Anda waspadai sejak dini adalah sesak napas. Mungkin sesak napas sering dikaitkan dengan gejala asma. Akan tetapi seorang penderita sakit jantung juga bisa merasakan hal tersebut. Sesak napas diakibatkan oleh penebalan yang terjadi pada pembuluh darah. Kondisi ini akan membuat denyut jantung tidak teratur.

4. Mudah Lelah Saat Beraktivitas

Berikutnya Anda juga perlu mewaspadai ciri-ciri penyakit jantung yang sering muncul saat Anda sedang beraktivitas, yakni mudah lelah dan pening. Gejala ini mirip dengan yang dialami penderita anemia. Biasanya ketika Anda bangun tidur, kepala akan terasa pening. Bahkan saat Anda melakukan aktivitas ringan saja, tubuh akan terasa lelah. Apabila Anda merasakan gejala-gejala seperti itu, segeralah berkonsultasi ke dokter supaya bisa mendapatkan penanganan lebih lanjut dan diagnosa yang lebih jelas.

5. Sakit di Beberapa Bagian Tubuh

Gejala penyakit jantung yang terakhir adalah rasa nyeri yang muncul di beberapa bagian tubuh. Perlu Anda ketahui gejala nyeri di beberapa bagian tubuh ini terjadi karena arteri yang tersumbat sehingga aliran darah tidak berjalan lancar. Tentu saja hal itu membuat bagian tubuh tertentu terasa sakit. Bisa di bagian tangan, leher, baju, punggung, dan biasanya rasa sakit tersebut muncul secara tiba-tiba.

Itulah tadi beberapa ciri-ciri penyakit jantung yang perlu Anda waspadai sejak dini. Jika Anda mengalami gejala-gejala tersebut, hendaknya segera berkonsultasi ke dokter. Pastikan Anda mendapatkan pengobatan yang benar supaya terhindar dari penyakit jantung atau komplikasi yang lebih parah. Sekian dan semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar akan dimoderasi.
Maaf hanya membalas komentar dari author perempuan.

© 2012 JuvMom - Juvenile Mom's Stories | Powered by Blogger | Design by Enny Law