Kamis, 01 Juni 2017

Tips Membuat Cookies yang Renyah


Hayoo, siapa yang udah mulai nyetok cookies buat Lebaran? Kalau saya sih belum, soalnya lagi gak gitu seneng dengan cookies. Entah kenapa lebih suka jajanan khas daerah Purwokerto kayak mino dan keripik tempe. Memang sih sempet kepikiran untuk bikin cookie sendiri. Tapi mengingat bikin cookies itu lama dan juga panas, hihi. Saya mengurungkan niat untuk bikin cookies sendiri. Padahal sih kalau bikin sendiri hasilnya bisa lebih banyak dan enak juga. Dulu sebelum nikah saya memang suka bikin cookies untuk kue Lebaran bersama ibu. Maklum kan gak ribet sama anak kayak sekarang. Belum lagi hamil kali ini pinggang sakit mulu tambah deh males lama-lama di dapur.

Bagi kamu yang ingin membuat cookie sendiri, saya punya tips nih agar cookies yang kita buat gak keras dan renyah seperti cookies kalengan. Yuk simak tips membuat cookies yang renyah.

Jangan Terlalu Lama Mengaduk Adonan

Dari banyak pengalaman saya membuat cookies, memang beberapa kali saya gagal. Cookies yang saya buat ternyata keras saat digigit. Bukannya malah renyah seperti cookies beli gitu. Ternyata ada kesalahan saat mencampur adonan. Adonan cookies berbeda dengan adonan roti yang harus kalis. Adonan cookies gak boleh diuleni terlalu lama. Karena proses ini justru membuat adonan membentuk gluten dan ini yang bisa bikin cookies keras. Kalau mau diaduk dengan mixer gak boleh lama-lama, pokoknya saat adonan terlihat sudah tercampur rata hentikan mixer.

Hindari Mengaduk Adonan dengan Tangan

Kesalahan lainnya saat mencampur adonan cookies adalah mencampur adonan dengan tangan. Panas pada tangan kita ternyata bisa membuat adonan menjadi kalis loh. Jadi sangat disarankan untuk menggunakan alat lain seperti spatula atau sendok pengaduk. Jangan lupa pokoknya adonan sudah tercampur rata, jangan diaduk lagi. Karena renyah atau gak nya cookies sangat berpengaruh dari cara kita mengaduk adonan.

Gunakan Tepung Terigu Protein Rendah

Cookies memang memiliki tekstur yang jauh berbeda dengan roti. Jika roti harus diuleni hingga kalis, cookies cukup dicampur hingga rata. Begitu juga tepung terigu yang digunakan untuk cookies harus tepung terigu protein rendah sehingga adonan tetap memiliki tekstur yang renyah dan gurih.

Tiga tips di atas memang terlihat sepele yah, tapi kalau diabaikan bisa membuat tekstur cookie jadi keras loh. Jadi kalian punya rencama bikin cookies apa nih? Bikin kue putri salju kayaknya juga enak nih. Dan resep mebuat kue putri salju juga banyak disharing di internet atau Facebook, tinggal dicoba aja di rumah.

2 komentar:

  1. Kemarin aku baru buat bolu. Mau nyoba buat kue lain bs bs dikasih ke anak, eheheh

    BalasHapus
  2. Saya baru belajar bikin kue2 an. Msh gatot tp yang penting nyoba

    BalasHapus

Komentar akan dimoderasi.
Maaf hanya membalas komentar dari author perempuan.

© 2012 JuvMom - Juvenile Mom's Stories | Powered by Blogger | Design by Enny Law