Senin, 31 Juli 2017

Jerawat Membandel? Yuk Ikuti Cara Menghilangkan Jerawat yang Satu Ini!



Sebagai seorang perempuan, wajah memang menjadi perhatian khusus. Ya gemana enggak pertama kali yang dilihat orang kan wajahnya jadi harus selalu cantik dong. Sayangnya nih sebagai perempuan yang hormonnya sering gak stabil, jerawat sering banget muncul tanpa diundang. Gak heranlah kalau jerawat menjadi musuh bebuyutan para perempuan. Saya sendiri mengalami jerawat paling parah saat purbertas dan hamil anak pertama.

Dulu saat pubertas karena kurang informasi mengenai cara menghilangkan jerawat yang ada jerawat di wajah jadi tambah parah. Barulah setelah sering baca-baca majalah dan buka situs kesehatan saya mengerti. Ternyata justru cara menghilangkan jerawat yang dulu saya lakukan salah besar. Pantesan ya kok tambah parah sih, bukannya sembuh, haha.

Cara menghilangkan jerawat ternyata gak bisa hanya dengan menggunakan sabun cuci muka seperti biasa. Ada banyak hal yang harus dilakukan, mulai perawatan dari dalam hingga perawatan dari luar.

Cara Menghilangkan Jerawat Dari Dalam

Hal pertama yang harus dilakukan jika ingin menghilangkan jerawat pada wajah adalah mengoreksi pola hidup. Apalagi di jaman yang jajanan enak bertebaran di mana-mana kadang sulit sekali untuk tetap makan sehat. Kurang olahraga dan sulit tidur kerap kali melanda beberapa orang juga bisa menjadi pemicu munculnya jerawat.

Mengkonsumsi Makanan dan Minuman Sehat



Penyebab jerawat memang bermacam-macam, masalah hormon memang disebut-sebut sebagai pemicu utama munculnya jerawat. Belum lagi ditambah konsumsi makanan kurang sehat juga bisa memperparah jerawat. Itulah mengapa menerapkan pola makan sehat harus dilakukan jika memang ingin jerawat segera pergi dari kulit wajah. Kamu bisa mulai memperbanyak mengkonsumsi buah dan sayur. Jangan lupa untuk minum air putih yang cukup agar kulit gak kering.

Berolahraga Secara Teratur



Mungkin kamu akan heran, kok menghilangkan jerawat aja pakai acara olahraga segala sih? Padahal nih ya olahraga itu penting banget untuk tubuh. Meski gak jerawatan tetap harus sering olahraga loh. Dengan berolahraga aliran darah pada tumbuh menjadi lebih lancar, sehingga dapat membersihkan racun yang ada di dalam tubuh. Gak hanya itu olahraga juga membuat tubuh membakar lemak yang tentunya lemak ini memang jadi pemicu dari jerawat

Kamu gak harus kok olahraga dengan hal-hal yang berat. Berjalan kaki setiap hari selamat tiga puluh menit cukup untuk membakar lemak. Tapi ingat ya sehabis berolahraga jangan lupa untuk membersihkan diri. Kalau gak gitu bukannya jerawat bersih malah bisa jerawatan tambah parah. Jadi jangan jorok-jorok ya, hehe.

Cukup Tidur



Lagi-lagi, kok tidur bisa berhubugan dengan cara menghilangkan jerawat dari dalam? Ya bisa dong, karena orang yang kurang tidur rentan terkena stres dan hormon pun juga terganggu. Jadi tetap harus cukup tidur. Sayangnya di jaman yang gadget udah kayak belahan jiwa ini orang-orang jadi sulit tidur loh. Karena memainkan gadget saat waktu tidur itu bikin sulit tidur. Tidur malam pun kurang berkualitas, alhasil malah paginya jadi mengantuk.

Ada kalanya kita gak butuh tidur lama, tapi tidur berkualitas. Saya sendiri merasakan, tidur hanya satu jam tapi rasanya nyenyak sekali seperti sudah tidur semalaman. Caranya gampang, jangan main gadget saat hendak tidur dan tidurlah disaat memang benar-benar mengantuk.

Cara Menghilangkan Jerawat Dari Luar

Setelah kita membahas cara menghilangkan jerawat dari dalam, saatnya membahas cara menghilangkan jerawat dari luar. Seperti yang kita tahu, jerawat bisa timbul karena faktor dari dalam dan luar. Faktor luar yang menyebabkan jerawat adalah kotoran yang menyumbat pori-pori lalu terinfeksi bakteri dan menyebabkan peradangan. Sehingga kita memang harus menjaga kebersihan wajah agar terhindari dari jerawat. Tapi membersihkan wajah saja gak cukup loh.

Bersihkan Wajah dengan Sabun Cuci Muka yang Tepat

Mencari sabun cuci yang tepat itu terkadang seperti nyari jodoh, haha. Susahnya minta ampun boo. Apalagi saat kita gak mengenali jenis kulit yang kita miliki, tambah ribet lagi deh. Karena tiap orang punya jenis kulit yang berbeda, jadi gak disarankan untuk coba-coba sabun cuci muka yang digunakan orang yang jenis kulitnya gak setipe dengan kita.

Saat memilih sabun cuci muka juga harus diperhatikan, terkadang ada sabun cuci muka yang mengandung scrub. Padahal scrub ini gak baik dipakai setiap hari karena bisa mengiritasi kulit atau pun jerawat. Gunakan scrub cukup seminggu sekali aja. Lebih baik cari sabun cuci muka yang gak mengandung banyak deterjen sehingga wajah gak kehilangan kelembapan kulit.

Hindari Menyentuh Wajah Terlalu Sering

Siapa hayo yang sering pegang-pegang wajahnya? Kebiasaan ini bisa membuat jerawat semakin parah loh. Apalagi ketika tangan kita kotor, udah deh klop banget. Maka dari itu kurangi kebiasaan menyentuh wajah. Lebih baik lap wajah dengan tisu atau handuk yang halus.

Menggunakan Masker Alami

Selain membersihkan wajah dengan sabun cuci yang tepat, kita bisa menjaga kesehatan kulit dengan menggunakan masker dari bahan alami. Seperti contohnya membuat masker dari madu dan baking soda. Caranya mudah loh, cukup siapkan madu dan baking soda, campur keduanya hingga menghasilkan tekstur yang kental, lalu usapkan keseluruh wajah. Diamkan hingga mengering dan bilang dengan air hangat. Mudahkan ya?

Nah itulah beberapa cara menghilangkan jerawat dari wajah yang bisa kamu coba di rumah. Kalau kamu punya pengalaman menghilangkan jerawat dari wajah juga gak nih? Share ya!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar akan dimoderasi.
Maaf hanya membalas komentar dari author perempuan.

© 2012 JuvMom - Juvenile Mom's Stories | Powered by Blogger | Design by Enny Law