Sabtu, 19 Agustus 2017

Cara Atasi Kulit Kering Pasca Cuci Baju

Pasca pindah ke rumah sendiri saya memang lebih sering berinteraksi dengan detergen untuk cuci baju. Karena gak punya mesin cuci jadilah harus nyuci pakai tangan. Jadi gak heran sih kalau kulit tangan saya jadi lebih kasar. Gak hanya itu kulit kaki saya juga ikutan kering. Mungkin karena efek terkena air detergen jadi kulit kering banget.

Nah kalau udah kering kayak gini biasanya kulit terasa gatal. Gawatnya kalau udah sekali digaruk minta digaruk terus. Ini yang bisa membuat kulit jadi luka dan merembet pada masalah kulit yang lebih serius. Nah biar kulit tetap terawat meski cuci baju tanpa mesin cuci, yuk lakukan cara berikut ini

Bilas Tangan Dan Kaki Hingga Bersih

Setelah mencuci baju biasanya kita sering lupa untuk benar-benar membilas tangan dan kaki dengan air bersih. Kadang karena rasanya sudah basah, ya sudah bersih. Padahal pada tangan dan kaki masih tersisa residu detergen yang bisa membuat kulit menjadi kering. Jadi, setelah mencuci baju, bilas tangan dan kaki hingga bersih. Bisa juga dengan menambahkan sabun mandi yang gak menghilangkan kelembapan kulit.

Lembabkan Kulit Secara Teratur

Langkah selanjutnya setelah bersih membilas tangan dan kaki jangan lupa untuk melembabkannya. Ini penting banget karena bagaimana pun juga pasca terpapar detergen kelembapan kulit akan menurun drastis. Belum lagi bahan kimia yang terkandung pada detergen sering kali membuat permukaan kulit menjadi kasar. Pilih pelembab kulit yang cocok untuk kulit kering.

Lembabkan kulit setiap kali selesai mencuci agar kulit segera kembali kelembapannya. Selain itu setelah mandi juga harus dilembapkan.

Jangan Garuk Kulit Kering yang Gatal

Kulit yang kering memang cenderung menimbulkan rasa gatal. Tapi jangan sampai digaruk berlebihan dan membuat kulit menjadi terluka. Karena kalau sampai ini terjadi bisa merembet pada masalah kulit yang lebih serius. Jadi saat kulit terasa gatal, lebih baik segera dilembapkan atau diusap-usap dengan lembut tanpa melukainya.

Hindari Menyiram Air Bilasan Cucian Ke Kaki

Hayo, siapa yang habis cuci baju suka pakai air bilasannya untuk cuci kaki? Kebiasaan ini justru bisa memperparah keadaan kulit loh. Mungkin sih kita anggepnya bukan masalah. Tapi ternyata air bilasan cucian ini juga masih mengandung detergen meski dalam jumlah kecil. Bisa timbul masalah kulit seperti kutu air atau rangen kalau kata orang Surabaya. Jadi ya punya kebiasaan seperti ini jangan dilestarikan ya, haha. Mendingan juga bilas pakai air bersih aja.

1 komentar:

  1. Saya sering tuh kutu air karena kurang beraih setelah bersentuhan sabun

    BalasHapus

Komentar akan dimoderasi.
Maaf hanya membalas komentar dari author perempuan.

© 2012 JuvMom - Juvenile Mom's Stories | Powered by Blogger | Design by Enny Law