Jumat, 18 Agustus 2017

Kelebihan Berat Badan Saat Hamil


Kenaikan berat badan pada ibu hamil memang sesuatu yang wajar banget. Meski begitu tetep loh harus hati-hati agar kenaikan berat badan saat hamil bukan menjadi boomerang. Seperti pada kehamilan saya tahun ini yang ternyata masuk obesitas ringan, huahaha. Ya gemana gak obesitas, jarang gerak, makan mulu. Alhasil ini membuat saya jadi kesulitan untuk melahirkan di bidan. Bahkan saya ditolak untuk melahirkan di bidan. Saya harus melahirkan dengan pertolongan dokter di rumah sakit.

Kalau sudah begini saya memang harus berhati-hati menjaga berat badan meski pun setelah melahirkan nanti. Karena bagaimana pun juga kalau sebelum hamil berat badannya aja udah wow, pas hamil bakalan lebih wow lagi. Dan sangat sulit menurunkan berat badan saat hamil. Jadi ini bukan perkara ngecilin badan doang ya, tapi memang karena masalah kesehatan.

Saya sih gak muluk-muluk. Kepengen berat badan saya ini jadi lima puluh aja. Karena berat badan saya pasca melahirkan kali ini adalah 63,9 kg anggaplah 64 kg. Nah loh pas hamil berapa coba? 69 kg sodara-sodara! Ini beneran rekor banget. Berat badan saya gak pernah sampai separah ini. Kali ini beneran kacau. Pola makan yang kurang tepat memang sangat mendukung kenaikan berat badan yang gak ideal saat hamil. Tapi Alhamdulillah, bayinya juga gak terlalu besar kok. Hamzah lahir dengan bobot 3,1 kg. Normal lah yah berat segitu. Itu aja ngedennya cape minta ampun, apa lagi kalau gede banget, bakal susah kayak apa coba, haha.


Selain gak boleh terlalu gemuk, ibu hamil juga gak boleh terlalu kurus. Kan ada tuh yang pas hamil gak doyan makan sampai kurus banget dan ini ternyata juga gak boleh. Jadi jangan dikira kalau pas hamil kurus terus itu bagus yah, ada gak bagusnya juga loh. Jadi kalau bisa berat badan ideal ibu hamil terpenuhi. Memang gak dipungkiri bagi beberapa orang yang hamilnya mengalami mual muntah akan kesulitan untuk menaikan berat badan. Sedangkan untuk orang yang hamilnya doyan makan seperti saya menaikan berat badan sangat mudah sampai kadang kelebihan, haha. Dilema banget deh.

Sekarang setelah melahirkan adalah saatnya menurunkan berat badan. Memang sih kata suami saya sudah mulai terlihat lebih kurus karena menyusui dan sering kesulitan untuk makan, haha. Khas banget ibu-ibu yang punya anak, lupa makan.

Kalau kamu pas hamil jadi gemuk atau kurus nih?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar akan dimoderasi.
Maaf hanya membalas komentar dari author perempuan.

© 2012 JuvMom - Juvenile Mom's Stories | Powered by Blogger | Design by Enny Law