Senin, 11 September 2017

Resep Capcay Goreng Jawa Mudah dan Praktis

Semenjak tinggal di rumah sendiri saya memang jadi sering memasak. Meski sempat sih gak masak dari bulan puasa kemarin, haha. Lama amat ya gak masak-masak, terus pada makan apa dong? Ya makan abon, kornet, telur, mi dan beli lauk di luar. Jadinya boros banget dong. Akhirnya saya juga merasa bosan dengan beli makanan yang ada di luar. Rasanya gitu-gitu aja dan gak lega karena porsinya kadang hanya untuk sekali makan.

Dan beberapa waktu lalu pas chating sama koko saya tentang masakan, eh kok ya ternyata koko saya langganan Cookpad premium. Sebagai adek yang suka gratisan langsung deh minta akun dan password Cookpadnya, wakaka. Di sana bisa cari-cari resep rumahan yang mudah banget untuk dibuat. Apalagi kalau langganan yang premium itu dapet resep terpopuler yang biasanya anti gagal loh. Jadilah belakangan ini lagi semangat masak terus karena banyak inspirasi.

Resep Capcay Jawa



Resep capcay jawa ini dapet dari Cookpad tapi saya modifikasi sesuai dengan keadaan dan selera jadi gak sama persis. Kalau kepengen lihat resep aslinya bisa buka di Cookpad.

Bahan utama capcay jawa:
1 buah wortel ukuran sedang, iris serong
1 buah sawi putih ukuran kecil, potong sesuai selera
1 ikat caisim atau sawi hijau pisahkan batang dan daunnya
1/2 buah kubis, iris tipis
1 batang seledri ukuran kecil, potong sekitar 2 cm
1 batang daun bawang ukuran kecil

Bahan kekian tepung:
5 sendok makan tepung terigu
1 butir telur
1/2 batang seledri, iris tipis
1 siung bawang putih
air secukupnya

Bumbu halus:
2 buah kemiri
2 siung bawang putih
2 siung bawang merah
merica bubuk secukupnya

1 sendok makan kecap manis
2 sendok teh tepung maizena, larutkan dengan sedikit air.
1 sendok teh kaldu instan
garam secukupnya


Cara Membuat Capcay Goreng Jawa:
  1. Kekian Tepung: campur semua bahan, masukan air hingga teksturnya agak kental. Goreng hingga kecoklatan, tiriskan. Lalu potong sesuai selera.
  2. Haluskan semua bahan bumbu halus. Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga harum, tambahkan sedikit air lalu tumis lagi hingga air agak menyusut.
  3. Masukan wortel tumis sebentar, tambahkan air. Masak hingga wortel setengah matang, masukan batang caisim, masak sekitar satu mmenit lalu masukan sawi putih dan daun bawang, aduk terus hingga sawi putih layu dan setengah matang.
  4. Tambahkan garam, kaldu instan dan kecap aduk rata.
  5. Masukan potongan daun caisim, kol dan kekian tepung, masak hingga layu.
  6. Koreksi rasanya, jika sudah pas, masukan tepung maizena yang sudah dilarutkan, aduk hingga rata.
  7. Beri taburan bawang goreng jika suka.
  8. Capcay goreng jawa siap dihidangkan.


Kalau kepengen lebih enak bisa tambahin bakso atau sosis. Tapi karena saat itu di rumah gak nyetok bakso ato sosis jadi ya alakadarnya, hihi. Bisa juga ditambahkan jeroan ayam atau daging ayam, kayaknya tambah maknyus tuh.

Kalau diresep aslinya gak pakai maizena. Tapi karena saya ngerasa capcay itu gak sreg kalau gak ada lengket-lengketnya jadi saya tambahin tepung maizena sedikit supaya rasa bumbunya bisa nempel di sayuran. Apalagi ini kan memang capcay goreng jadi gak ada kuahnya. Dan ternyata memang dengan ditambahin maizena bumbunya bisa lebih nempel di sayur dan kerasa kalau dimakan pakai nasi.

Rasanya capcay goreng jawa ini memang beda dengan capcay chinese food, karena memang gak pake minyak wijen atau saos tiram tapi pakai bumbu halus biasa. Kalau ditanya enakan capcay jawa atao capcay chinese, kata saya dua-duanya enak dan gak bisa dibandingkan, hihi. Emang saya suka banget makan capcay sih.

Kalau kamu suka capcay jawa atau capcay chinese food?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar akan dimoderasi.
Maaf hanya membalas komentar dari author perempuan.

© 2012 JuvMom - Juvenile Mom's Stories | Powered by Blogger | Design by Enny Law