Rabu, 06 September 2017

Manfaat Sekolah Bagi Kita

Hampir setiap anak di Indonesia hari ini sekolah. Kalau dulu sekolah masih dimonopoli oleh bangsawan saja. Namun, saat ini sekolah bisa dinikmati oleh banyak kalangan. Sebenarnya sekolah sendiri memang tidak wajib. Karena yang wajib adalah belajar. Buktinya slogannya kan "wajib belajar 9 tahun". Hehe. Jadi tidak masalah tidak sekolah, asal tetap belajar. Pasalnya, walaupun sekolah pun ada loh beberapa yang tidak belajar. Namun, itu hanya segelintir oknum saja. Semoga saja pembaca blog ini waktu sekolah dulu diniatkan untuk belajar.


Berbicara masalah sekolah, maka tentu saja ada beberapa manfaat yang bisa diambil darinya. Berikut ini adalah beberapa manfaat sekolah bagi kita.

1. Menambah Ilmu

Yang pertama, tentu saja tujuannya adalah menambah ilmu. Sekolah memang digunakan untuk membuka mata kita terhadap apa-apa yang sebelumnya tidak kita ketahui. Mulai dari belajar membaca, berhitung, dan hal-hal lainnya. Itu semua tujuannya memang untuk menambah ilmu.

2. Belajar Sosialisasi

Selain menambah ilmu, sekolah juga bisa dijadikan ajang untuk bersosialisasi. Manusia sendiri kan memang asalnya adalah makhluk sosial. Jadi kalau tidak bersosialisasi, pasti rasanya ada yang kurang. Namun, ada beberapa kondisi yang justru membuat sekolah malah menjadi ajang bullying dan berakibat korbannya menjadi malas dan takut bersosialisasi.

3. Mengukir Banyak Cerita

Diakui atau tidak, hidup kita saat ini memang kebanyakan di sekolah. Selama 12 tahun sekolah, setidaknya banyak hidup kita yang berkecimpung di sekolah. Banyak cerita yang diukir melalui sekolah ini. Mulai dari cerita lucu, cerita bahagia, cerita sedih, atau kekecewaan. Bahkan ada beberapa teman saya yang menikah dengan teman seangkatan atau sekelasnya dulu waktu sekolah. Hal ini tentu saja karena mereka merajut cerita cinta mereka hingga ke jenjang pernikahan.

4. Syarat Cari Kerja

Selain tiga hal di atas, ternyata sekolah juga sangat bermanfaat untuk syarat mencari kerja. Setidaknya untuk melamar kerja, kamu harus lulusan SMA. Untuk lulusan SMP sepertinya susah. Walaupun kadang terlalu berlebihan, untuk petugas cleaning service saja minimal SMA. Padahal untuk urusan bersih-bersih lulusan SMP saja bisa loh.

Parahnya mungkin suatu saat petugas cleaning service minimal lulusan S1. Nah kalau sudah begini, mending buka usaha sendiri lah.

4 komentar:

  1. Tadi siang saya baru saja nonton videonya Deddy Corbuzier yang topiknya mirip dengan ini :)

    Coba lihat deh di channelnya mbak.

    BalasHapus
  2. Sekolah memang sangat penting. Sepintar apa pun, kalau tidak sekolah, ilmu seperti nggak terarah. :(

    BalasHapus
  3. Jadi kangen bangku sekolah. :)

    BalasHapus
  4. ciee, mengukir cerita, ingat masa muda :)))

    BalasHapus

Komentar akan dimoderasi.
Maaf hanya membalas komentar dari author perempuan.

© 2012 JuvMom - Juvenile Mom's Stories | Powered by Blogger | Design by Enny Law